Why do you blog?

Kalo gue sih, karena kebetulan senang nulis.
Gue bukan penulis sih, eh belum deh, pengen banget padahal nulis sesuatu. Buku deh, yang utama. Walaupun kemaren udah nulis bukunya Mommies Daily, tapi pengen banget nulis buku sendiri. Tentang apa, yah, masih dalam proses tapi nggak nambah-nambah. Mohon doa restunya, ya. Amin.

Kembali ke topik.
Gue senang menulis apa yang ada di kepala gue. Jaman SD sih, nulisnya masih di diary tulis tangan. Bahkan sampe medio 2005 gue masih punya diary tulis tangan itu dan setelah itu nggak rutin isi, tapi sering meninggalkan catatan-catatan isi kepala di aneka buku atau kertas apaan aja. Sayang, gue bukan orang yang organize, jadi kececer aja gitu dimana-mana yang suka mengakibatkan nyokap atau bokap gue baca *facepalm*
Jaman SMA malahan gue bikin diary kelas. Jadi 1 buku yang boleh diisi oleh siapapun teman sekelas gue, nulisnya tentang apapun. Kebiasaan ini gue lanjutkan ke masa kuliah, diary bareng-bareng ke teman 'geng' cewe-cewe. Isinya yang sama geng ini, karena komunitas lebih kecil maka lebih bebas. Curhat tentang pacar, protes ke sesama member geng (setelah dibaca ulang ternyata gue, yang punya ide bikin diary ini, sering jadi objek protes karena jarang ngumpul sama anak-anak akibat kesibukan gue kerja, oh what a life! Shallow amat yak ributnya, hihi), curhat pacar sampe keluarga.

Untuk blogging, kalau ga salah tahun 2003an. Tapi blog pertama itu kelupaan email dan password yang digunakan *toyor kepala sendiri* jadi yudadahbabay.. :D

Seperti alasan gue diatas, gue menulis apa yang ada di kepala gue. Ga ada target blog ini akan jadi blog emak-emak, fashion, politik, sosial atau makanan. Jangan heran kalau disini akan jarang sekali menemukan postingan berharga untuk siapapun, apakah itu resep, review sekolah, produk atau apapun deh, secara ya, ini nulis ya memang hal yang ada di kepala gue dan harus gue tulis karena kalo nggak, bikin penuh otak. Pan gue ga bisa pinjem pensieve-nya Dumbledore, karena dese udah almarhum.
Jadi kalau mau lihat tulisan gue tentang motherhood atau yang bermanfaat bagi para ibu (amin) ya lihatnya di Mommies Daily :) disini mah, rock n roll, menyuarakan apa saja \m/

Menulis buat gue adalah:
- Ajang pencurahan emosi, karena gue bukan orang yang pandai mengekspresikan emosi gue secara lisan atau langsung, maka biasanya gue melakukannya lewat tulisan. Kalau ada yang rajin bacain blog gue yang ini atau di multiply gitu, mungkin bisa ngeh sama hal ini. Gue gampaaaang banget nuangin emosi dalam tulisan. Bakal kelihatan deh, gue lagi senang, sedih, bingung atau galau *halah*
- Aspirasi, ceile banget ga sih? Maksudnya, gue sering gemes sama kondisi politik, sosial, ekonomi atau budaya. Tentu, gue bukan 'sang pintar' yang bisa menuliskannya dengan pemikiran mendalam atau analisa canggih. Tapi setidaknya dengan menulis, gue (lagi-lagi) bisa menuangkan aspirasi gue untuk satu hal dalam bentuk tulisan.
- Kreatifitas. Menulis itu salah satu basic life skill. Gue pernah nulis artikel di Mommies Daily tentang pentingnya menulis. Disitu gue bilang bahwa semua, yap, semua, pekerjaan atau profesi apapun butuh menulis. Bahkan tukang sayur depan rumah gue pun mencatat penjualan dan pembeliannya. Kalo gue pribadi, menulis melatih gue melihat segala hal dari sudut pandang yang lain. Karena senang baca, jadi kalau baca apapun gue akan kepikiran angle lain dari hal yang gue baca itu.

Anyway, akibat kebiasaannya nulis apapun yang ada di kepala, jadi bagi gue blog hanyalah salah satu jurnal dalam hidup gue. Makanya isinya ya emang mirip diary, kan?
Karena tujuan tersebutlah, makanya gue jarang banget nulis review tempat/ apapun, karena gue nggak melakukan itu di diary gue. Payah sih, emang, makanya statistik ga naik-naik *lah, colongan*

Oh iya, jadi inget, gue pernah melakukan kesalahan sih dalam hal ini. Akibat menganggap blog ini adalah diary gue tapi sifatnya online, ya gue nulis apapun yang gue mau dong. Apapun yang jadi isu dalam otak gue. Nah, rupanya ada pihak yang nggak suka dan sempat bikin beliau kecewa. Bukan di blog yang ini, tapi itu sekitar tahun 2004. Lah, si bego gue ini kan, ya, mengira bahwa blog gue ga ada yang baca, makanya asik-asik aja nulis. Heladalah, ga taunya ada yang tersinggung. Ya maap dah.
Makanya, instead of senang, gue malah suka bingung kalo ada yang komen disini. Kok mau-maunya baca ocehan ga jelas gue ini?
sent from my Telkomsel Rockin'Berry®

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

2 comments:

  1. Ihh gw suka baca kok..malah ngefans sama tulisan2 lo hihi.

    Gw nge blog AwAl nya krn di rumah ga ada tmn cerita2 sih jd gw salur kan lwt blog. Namapun IRT ya nekk..Mo curhat ke sapa coba? Trus selain itu krn pgn ada dokumentasi apa2 yg terjadi di hidup gw.

    Dl sempet bikin baby book gt pas hamil tp dasar gw ga kreatif males bgt nulis2 dan ngehias2 buku. Kl blogging kan lbh simple. Jd lah keterusan suka nulis hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, gue nih awalnya juga blog yg ini lebih ke fashion *plak* nah yang multiply keseharian gitu. Lah, yang ada malah campur aduk, sutralah.. :))

      Delete