Overnight Oats



Ya ampun, Lita nulis tentang masak, cihuy banget nggak siih? Haha.

Jadi seperti gue ceritain di sini, gue udah beberapa bulan belakangan ini mengonsumsi overnight oats. Selama ini sih memang selalu nyetok oatmeal. Awalnya karena buat makan Langit, hihi. Terus setelah itu jarang dipake. Yang ada malah suka dipake buat masker atau pembersih wajah :p

Karena keinginan mengawali hari dengan sesuatu yang baik, makanya gue kemudian gugling sana sini cari menu yang gampil apa. Sampailah di overnight oats. Kurang gampil apa lagi coba? Tinggal cemplang cemplung, kaga pake nyalain kompor bro!




Sejauh ini favorit gue adalah overnight oats and banana. Gampil bangetlah bikinnya, malam harinya itu campur 1 cup oatmeal sama 1 cup susu, terus dikasih pisang (yang udah dipotong, jangan utuh ya), simpen deh di kulkas buat dimakan besok paginya. Asli, enak banget lho, dan mengenyangkan!

Topping

Kalo gue nih, sering gue tambahin lagi pake kismis, peanut butter, atau Ovomaltine. Jadi nggak sehat dong karena manis? Ya kan nambahinnya jangan banyak-banyak. Tapi kalo peanut butter masih oke kok, dia kan kacang :D

Gue udah pernah coba bikin overnight oats pake buah yang lain, tapi di lidah gue kurang cocok. Gue coba pake mangga (pas lagi musim mangga), stroberi, blueberry, kok rasanya nggak pas ya? Menurut gue overnight oats cocoknya pake buah yang creamy, yaitu pisang atau avokad (atau biasanya disebut alpukat. Nggak ada lho alpukat di dalam kbbi, btw). Gue belum pernah cba pake avokad sih, karena gue nggak pernah berhasil beli avokad yang bagus. Sekalinya beli, juga cepet banget habisnya, secara suami saya penggila avokad.

Pernah juga beberapa kali dikasih yoghurt. Enak sih. Tapi lidah gue emang norak kali ya, lebih cocok yang susu doang. Haha.

Susu

Susunya pake susu apa? Kalo gue selama ini pake susu Ultra aja, yang biru. Kalo mau pake yang low fat juga boleh sih. Waktu itu pernah pake juga Raw Almond Milk-nya @gohealthy_gohealthy tapi kemudian sayang. Mending RAM-nya gue minum langsung #pelit.

Pernah coba pake susu stroberi atau cokelat. Nggak suka. Manis banget. Tapi berhubung harus bertanggungjawab sama makanan yang dibikin sendiri, yaudah dihabiskan lah :p

Oatmeal

Sebelumnya gue pake oatmeal merek Quaker Oats yang biru. Fine-fine aja sih. Tapi memang teksturnya lebih kering, nggak terlalu menyerap susu/ cairannya.



Lalu kemudian pas kehabisan oatmeal, di supermarket yang dituju nggak ada Quaker Oat adanya merek Ligo. Yasudah, dibeli deh. ternyata hasilnya lebih moist. Teksturnya juga lebih lembut, nyampur gitu deh oat sama cairannya.

Nggak lama, gue rasanya mau beli rolled oat deh. Bedanya apa sih dengan oatmeal yang biasa? Jujur, gue nggak tau. Tapi secara fisik, rolled oat ini lebih besar-besar butirannya. Dan ketika dijadiin satu dengan susu buat overnight oats, wih hasilnya cakep banget! Bentuknya tetap utuh, tapi menyerap cairan banget. Alhasil jadinya lebih moist, tapi nggak lembek. Pokoknya perfect menurut gue! Gue beli rolled oat di Lotte Kemang (modelannya kaya Farmer’s Market/ Kem Chicks), mereknya lupa. Haha. Tapi dia di dalam plastik bening ada garis hijaunya. Harganya juga nggak mahal, 30 ribuan per 500 gram.

Apa sih keuntungannya?

Udah sering lah ya, lihat iklan bahwa oat ini memberikan manfaat yang bagus buat jantung, kolesterol dalam darah dan tentunya pencernaan! Oat ini kan punya kadar serat yang cukup tinggi, makanya dia bisa memancing saluran pencernaan secara cepat.

Nyokap gue nih, yang bisa dijadikan contoh. Beberapa hari lalu, dia nanya, “De, bikin oatmeal yang kaya kamu posting di facebook gimana sih?” (ciyeee, mama pake facebook niyeee). Akhirnya gue kasih tau cara bikinnya, lalalala, kemarin malam pas lagi ke rumah dia cerita “Ih, iya bener. Mama lancar banget sekarang ke belakangnya!”. Ya syukurlah ya...

Kemarin ada yang nanya juga, “emang kenyang ya, makan itu?”. Buat gue sih, lumayan kenyang. Gue biasanya mengawali hari dengan honey lemon shot jam 6-an, terus di perjalanan minum smutis/ jus, di kantor jam 10-an makan overnight oats, jam 12 baru makan nasi merah. Sore, kadang suka ‘merusak’ diri sendiri dengan ngemil bakso (bakso kok ngemil -__-) atau kalo lagi eling, ngemilnya buah. Baru deh malamnya makan. Tapi tergantung sih, kalo makan bakso/ ngemil sorenya telat (LOL) suka nggak makan lagi malamnya.

Banyak ya, makannya? Maklum, lagi growth sprut :p

Anyway, buat gue overnight oats ini sarapan yang perfect lah. Selain sehat, juga mengakomodir level 'kemampuan' masak gue yang di bawah rata-rata ini. Hehehe..

Selain overnight oats, cita-cita sih pengin bikin energy bites, oat pancake atau baked oatmeal. Udah cari-cari resepnya (yang sesuai sama kemampuan) tinggal bulatkan niat doang nih :D Doakan saya!

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

32 comments:

  1. Aha! Ini yang gw tunggutungguuu. Wait, pisangnya, pisang apa ya? Gw teh ngga bisa-eun ngebedain jenis2 pisang hahahhaha. Mau ah bikin buat suamik. Eik mah kudu nasi uduk sama gorangan (yang banyak) HAHAHAHA. Deuh, kapan kurusnya.... T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedain pisang itu udh kelas advance, Fen. Lo kira gue bisa? :))))
      Gue pake pisang sunpride tp pilih yg udh mateng banget kalo nggak, jd rada sepet. atau pisang ambon beli di tukang sayur deh lebih wangi..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Hai Mba..

    Kalo aku sukanya pake muesli. Coba deh. Jadi si muesli ini isinya rolled oat, biji2an (biji bunga matahari, chia seed, dan seed-seed lainnya), kismis, pisang, aprikot, apel. Beli di Superindo yang private label mereka. Enyakkk dan murmer, sekilo 49rb kalo ga salah...

    So far karena udah ada buahnya, jadilah aku ga nambahin buah lagi. Bikinnya pake gula palem dikit sama bubuk kayu manis. Nyammm.. Tiap hari bekel ginian dan ga bosen hahaha.. Doyan apa rakus ini? :p

    Dan emang ngenyangin banget sarapan ginian.. (waloupun kadang2 nakal nyomot gorengan juga hihihihi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku belum pernah coba muesli, patut dicoba juga nih. Makasih yaaa...
      Aku juga sering khilaf kok makan gorengan, hihihi

      Delete
    2. Mba mau nanya,selain di superindo muesli biasanya di jual di mana lagi?
      Mohon info nya

      Delete
    3. Di Farmers Market atau Kem chick, Ranch Market biasanya ada kok :)

      Delete
  3. Mbak litaa, salam kenal sesama lita hihi
    ih pas bgttt.. aku jg lg kepengem variasiin oatmeal mash ada 4bungkus krn eneg dimasak gt2 doang. Eh itu yg biru apa harus direbus dl yah sebentar? Biar agak meresap? Itu beneran manis walau ga pake gula? Mampir2 yah mbak keblogku yg sederhana ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak harus direbus atau dimasak kok. Cuma harus didiemin dulu semalaman ya. Manisnya itu datang dr buahnya, atau kalo emang butuh manis, pake madu juga bisa. Jangan pake gula yaa..

      Siaaap, nanti aku mampir ke blognya yaaa :)

      Delete
  4. aku belum penrah makan oat mbak padahal dirumah ada loh. Mau deh nyobain

    ReplyDelete
  5. Mbak litaaa hahahahaha terngakak baca growth sprut
    Kalo cika campurannya pake susu yoghurt kismis sama pisang
    Kalo pake yoghurt yang thick tuh rasanya mirip eskrim jadinya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku waktu itu yoghurt pakenya stroberi, manis dan seger. Pisang sama yoghurt malah belum punya..

      Iyaa.. Aku growth sprut sepanjang masa nih..

      Delete
  6. mba lita makasi resepnya, ntar malem mau nyobain aah :)

    ReplyDelete
  7. mbaaak... aku kok udah nyobain bikin ini berjuta2 kali #lebay dengan berbagai merk oat dan berbagai merk susu serta berbagai jenis pisang tapi... errrr... tetap ga nemu dimana enaknya, hahahaa... padahal kan heits banget yak overnight oat ini dimana2... apa lidah gw yg salah ya, hiks T_T jadi akhirnya aku akan tetap sarapan bubur ayam homemade #sikap hahaha... sampe akhirnya gw denial dan berkesimpulan bahwa sesungguhnya overnight oat itu tidak enak, tapi karena dia sangat hits maka semua orang bilang itu enak padahal sebenernya mereka sama juga kayak gw... (ini canggih banget sik gw bikin teori konspirasi menghibur diri) hahaha... serius deh it makes me feel depressed (tsaahh) tiap ada yg bilang betapa enaknya overnight oat.

    maaapp komen aku kok gini sik T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun, apa2an ini gue baru balas komennyah?!!
      Kalo ga doyan oatmeal, cobain muesli. Dia udah ada buah2an keringnya, jd rasanya lebih manis. Atau cobain baked oatmeal aku udh pernah posting resepnya di blog (hazeg posting resep euy!) itu rasanya lebih 'matang' kalo si overnight kan rasanya emang kaya mentah ya secara ga dimasak. Enak kooook...
      Etapi kalo ga doyan jangan dipaksain. Sarapan lain aja. Smutis atau buah sayur juga boleeeeh

      Delete
  8. Halo Mba Lita,
    Baru nemu blog ini dan suka sama konsep rock and roll nya. Keliatan dari cara nulisnya mba :p
    Boleh dong sempetin mampir atau bahkan follow the-ocean-avenue.blogspot.com
    Thank you! ^^

    ReplyDelete
  9. Halo salam kenal,

    Saya memiliki pertanyaan perihal cara penggunaan oatsnya, jika kita menggunakan dari quaker yang quick cook / yang instant , keduanya ketika dicampurkan dengan ingredients yang lain dalam keadaan raw / mentah atau sudah dijadikan bubur oats dulu (dicampur air panas) seperti biasa kita mengkonsumsi oatmeal pada umumnya ?

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, maaf baru balas. Dalam kondisi mentah aja mbak, dia akan terproses dengan susu saat didiamkan semalaman itu :)

      Delete
  10. Oats bisa dikonsumsi hanya dengan dicampur air panas kan tanpa dimasak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kalo yg instan, ini aku pake yg bukan instan mbak :)

      Delete
  11. mbak, mau tanya dong..itu kalo didiemin semalem tapi nggak masuk kulkas bisa nggak ya? Maklum di kos saya nggak ada kulkas soalnya..thanks:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah coba kalo nggak dimasukkin kulkas gimana. Cobain deh, ntar laporan ya :D

      Delete
  12. hi kak mau tanya, itu pakek quaker yg biru harus di masak dulu atau biarin aja ya semalaman sama susunya? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belakangan udh nggak pake quaker, pakenya rolled oat. Nggak dimasak, langsung jadiin satu sama susu masukin ke dalam kulkas deh semalaman :)

      Delete
    2. mbak, dimasukin k kulkas bawah kan ya?

      Delete
  13. ♦SELAMAT DATANG DI ZEUSBOLA♦

    hai bos! merasa uang sia sia dengan hal yang tidak penting? yuk ke Zeusbola
    disini kami sangat banyak menyediakan berbagai macam game yang bisa anda mainkan,seperti : SPORTBOOKS,LIVE CASINO,LIVE POKER,SLOT,SABUNG AYAM,BOLA TANGKAS DAN TOGEL ONLINE.

    Pastinya kami akan berikan super big bonus
    •BONUS Deposit 5% Digmaan & SV388
    •Bonus 100% Multiple Win
    •Bonus Referal Permainan Online 7% + 2%
    •Bonus Cashback 15% + Rollingan 0.6% Setiap Minggu

    dan juga new member bisa dapatkan bonus 15% lohh
    wah sangat menguntungkan bukan? makanya jangan ragu lagi untuk daftarkan di Zeusbola. menariknya lagi deposit minimal Rp 50.000 aja.

    ♥LIVECHAT 24 JAM ♥
    ♣DEPOSIT PULSA,DEPOSIT VIA DANA&OVO DAN DEPOSIT REKENING♣

    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #zeusbola #terpercaya #terbaik #judionline #gamemenarik #banyakbonus #aman

    ReplyDelete
  14. Artikel Tafsir bermutu gan, coba cek artikel Bagus & Jitu tentunnya..Klik link berikut ini >
    prediksi angka tafsir mimpi

    ReplyDelete