Makan Sehat Ala-ala



Sekitar beberapa tahun belakangan ini kan hidup sehat bukan lagi monopoli orang-orang yang demen olahraga atau diet. Semua orang kayanya mulai menjalani hidup sehat. Dan tentu aja, menurut gue ini keren banget!

Hidup sehat udah jadi tren, jadi gaya hidup dan kebutuhan. Kalo lo nggak hidup sehat, lo nggak keren!

Udah bukan masanya lagi kita ngiler sama foto mie instan. Sekarang mah yang bertebaran di sosial media menu-menu sehat mulai dari snack sehat, aneka menu diet mayo, paleo diet, juicing, smoothies, dan seterusnya.

Gue? Tentu saja masih makan yang gue mau #sikap

Bikin nggak kuat iman..

*nggak makan sehat kok bangga?*

Eh, tapi gue kan udah lama nggak makan mi instan, kak. Boleh lah ini dibanggain. 

Lalu, setelah beberapa bulan lalu mulai minum honey lemonshot plus sarapan pagi overnnight oats (ini udah gue tulis draft artikelnya, tapi kok belum di-approve sama klien? –malah curhat-) gue mulai melirik smoothies dan healthy juice.

*cerita dikit tentang overnight oats ini gampang banget bikinnya. Oatmeal dan susu dengan perbandingan 1:1 dicampur semalaman, letakkan dalam kulkas. Kalo Cuma oatmeal dan susu kan belum nendang rasanya, bisa dicampur sama bahan-bahan tambahan misalnya pisang, raisin, peanut butter (cari yang less sugar), yoghurt (idem, cari yang less sugar atau yang plain), dan lain-lain. Sebelumnya gue pake oatmeal merek Q (tebak inisial) yang warna biru, jangan yang merah ya. Tapi belakangan ini pindah ke lain hati ke merek L yang bungkusnya cokelat. Alasannya? Lebih murah dan lebih moist teksturnya (kalo masalah lebih sehat mana, itu belum saya cek ke dokter gizi, kak)

Kembali ke topik pembicaraan..

Sebelumnya bukannya nggak pernah minum smutis (lebih gampang nulis begini ya bok?) atau jus, tentu saja pernah dan gue doyan. Secara ya, di rumah gue ini emang pada maniak sama buah-buahan, baik buah potong atau dijus. Jadi isi kulkas gue udah pasti ada buah.

Cuma emang suka rada males kalo bikin sendiri. Males bebersihnya :D Buah akhirnya kami nikmati dengan cara makan langsung.

Nah, suatu hari, gue pernah datang ke sebuah acara kesehatan di mana pembicaranya yang gue lupa namanya itu bilang bahwa kebutuhan kita ini setiap hari minimal 5 jenis buah dan sayur. Lah, sehari aja palingan kita ngabisin buah atau sayur berapa biji sih? Ada nggak yang makan buah potong 5 jenis yang berbeda sekaligus? Gue rasa jarang, ya.

Ini aja baru 4 jenis

Nah, menurut si pembicara yang gue lupa namanya itu, jus adalah salah satu cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan jenis buah dan sayur. Secara logika (walaupun mungkin si narsum tersebut sedang berbicara di acara sebuah produk jus, haha) ini masuk akal. Dalam segelas smutis atau healthy juice bisa diisi lebih dari 5 jenis buah dan sayur kan?

Sejak itu gue mulai minum smutis.

Err, not.

Karena anaknya suka kurang peduli sama apa yang lagi hits, ya cuek aja. Minum jus kalo lagi pengin, itu juga beli sama tukang jus yang kebetulan dekat rumah dan doi udah tau kalo gue yang pesan bisa minta campur sekian banyak buah, air sedikiiiit dan nggak pake gula. Caem lah.

Sampai suatu hari gue coba smutis punya Ariana @a.freshbite . Botolnya geda, isinya banyak 350ml, super kental sehingga asli bikin kenyang. Waktu itu nyoba yang smutis isi banana+kale+flaxseed. Minum jam 9 pagi, sampe jam 12 masih ngeganjel perut gue yang bak saringan bocor ini.

Geda dan kental banget smutisnya freshbite!
Lihat instagramnya @a.freshbite deh, dijamin ngiler. Karena Ari ini emang basic-nya doyan masak dan eksperimen menu sehat, apalagi foto-foto makanannya dia juga cakep-cakep banget. Dijamin ngiler.

Pstt.. freshbite besok juga ikutan di acara Sexy Yoga-nya Mommies Daily, lho! Ikutan yuk, langsung daftar deh di http://eventreg.femaledaily.com/MDPriveYoga

Selain punya Ari, gue juga langganan sama @gohealthy_gohealthy. Kalo sama Go Healthy ini, sedap sayuran organiknya. Ada wortel, lemon lokal, buncis, dan seterusnya yang ditanam secara organik sama petani lokal. Nah kalo wortelnya ini udah pasti ending-nya ada di juicer. Campur lemon dan apel, segernya minta ampun!


Alasan gue beli sayuran di Go Healthy, udah pasti karena percaya sama produknya. Selain itu Go Healthy nggak hanya sayuran organik, tapi juga ada healthy juice dan raw almond milk (RAM-nya enak booook, serius!). RAM-nya ini pernah gue jadiin campuran untuk overnight oats, ih jadi guriiih dan moist banget si oatmeal-nya, tinggal kasih raisin alias kismis, sedapnya bukan main!

Apa sih pengaruh minum dan makan sehat selain terlihat eksis di sosial media? (LOL). Karena tujuan gue bukan untuk menurunkan berat badan, jadi mungkin nggak terlalu signifikan penampakan secara fisiknya.

Tapi secara rohani *duh* maksudnya, secara psikis, gue lebih optimis dan merasa badan gue sehat karena gue mulai belajar hidup yang sehat.

Semoga saya istiqamah, ya.


Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

12 comments:

  1. Lita,
    Aku kan sudah 2 mingguan ini sarapan ONO juga ya (setelah sebelumnya nasi kuning, nasi pecel, indomie goreng) dan kapan hari mulai bikin smutis. Cuman agak2 ragu trus ta stop smutisnya karena semua kan dalam kondisi raw ya, dan sayur yang ta pake bukan sayuran organik (meski sudah cuci sebersih mungkin). Di Selain mihil, di Surabaya aku belum nemu supplier sayuran organik. Kira2 kalo lanjut terus pake sayuran non organik asal dicuci bersih, aman ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih aman, ya. Tapi kalo mau memastikan aman banget apa nggak ya, panjang nih. Karena jatohnya nggak ada yang aman, kecuali kalo kita tanam sendiri sayur/ buahnya karena bisa benar2 mastiin nggak pake pestisida, menumbuhkannya secara baik dan halal *ceile*.

      Jadi ujung2nya? Bismillah aja dah, Insyaallah niatnya baik kan :D

      Delete
  2. Amiin. Duh gw juga baru merintis ini gaya hidup agak sedikit sehat. Hampir tiga puluh taun makan seenak udel dan sekarang metabolisme melambat dan berat badan langsung melejiit *tercurcol*
    BTW, komen disindang susah neikk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue ga mikir berat badan mak, makin tuwir *ngunyah sirih* yang gue serem metabolisme melambat. Penginnya kan usia doang yg nambah, tapi jiwa dan kesehatan tetap ala anak muda.

      Susah ngapa sik, ada yang ngomong gitu juga dah..

      Delete
  3. Adududuh. Saya yang semalem ngabisin sepiring mi goreng dan telor ceplok nih. Niat dah ada dari kapan taun sampe sekarang gajadijadi jugak. Huhuhu.. badan berasa gak enak banget sih emang Mba Lit. Siang ini deh cari menu yang sehat.

    ReplyDelete
  4. Mba lita agak oot ni..mau nanya rasanya RAM itu gimana? Terasa banget ga susunya? Aku ni agak aneh kalau susu murni apapun rasanya ga suka/eneg, tapi kalau olahan baru doyan ( keju, yoghurt,milshake, milktea dll) hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut lidahku, RAM agak mirip kaya susu kedelai deh. Kalo nggak suka mah mendingan dijadiin campuran aja. Campuran jus atau overnight oat gitu. Daripada neg, hihi..

      Delete
  5. "Hidup sehat udah jadi tren, jadi gaya hidup dan kebutuhan".. SETUJU!! tapi dari maraknya foto2/tips2/artikel2/resep2 di sosmed seputar gaya hidup sehat itu kesan yang aku tangkap mahal yaa (walaupun biaya sakit lebih mahal lagi) dan kebanyakan emang mengadopsi cara masak dari luar negri yaa.. sayur2/buah2 organik baik yang lokal maupun import, topping2/menu tambahan yang masih dominasi produk import, mengganti palm oil ke corn oil atau olive oil dll.. bener gitu nggak sih? kayaknya masih cetek nih info sehat yang aku dapet..

    itu foto masakan padang bikin jebol pertahanan @_@ .. tetep cemungud istiqomahnya Lita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. iya ya. Soalnya emang makanan Indonesia kan banyak yang masaknya sampe mataaang gitu, yang ada nutrisinya juga berkurang. Nah, mungkin bisa pilihnya menu lokal yang dikukus kaya pepes gitu, atau yang isinya sayuran macam gado-gado (asal bumbunya jangan kebanyakan, haha) gitu deh.

      Kalo ke resto padang sih udah BYE banget, hahahhaa...

      Delete
  6. Litaaa ah baru sempet mampir kesini lagi

    Terima kasih review Go Healthynya yawww, jadi GR nih ihiyyy :p

    Btw salam buat ayam gule yang diatas tuh, jadi langsung pengen delivery Surya Benhil gue :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muahahaha... Dapat salam balik dari ayam pop lontong padang dan kawan2nya ya Sis 😚

      Delete