Snorkelling Tapi Nggak Bisa Berenang?



Gue nggak bisa renang.

Ya, bisa sih luncur sana sini. Dua kali napas, hihi. Tapi bukan yang berenang bisa sampe sekian ratus meter tanpa henti. Nggak, nggak bisa.

Dulu waktu SD, gue ini malas banget ikut renang sekolah. Karena sekolah di SD Negeri, jadi sering lokasi berenangnya itu nggak oke. Bukannya belagu, ya, tapi ngerti kan, kolam yang kaporitnya kenceng banget terus kadang kotor dan nggak memadai lah ruang gantinya.

Ada alasan lain sih, yaitu waktu SD tuh gue termasuk yang badannya bongsor. Jadi rada sering jadi pusat perhatian *timpuk pelampung*. Eh tapi beneran. Gue suka kesel kalo ada yang nyuit-nyuitin. Bok, anak SD gitu lho?! Apalagi kalo di kolam renang kan otomatis pake baju renang *ya iyalah, masa pake baju gamis*. Gue nggak nyaman aja.


Kayanya ini deh, makanya sekarang gue nggak andal berenang. Secara juga kan keluarga gue keluarga yang biasa aja ya, nggak menganggap penting berenang kayanya. Jadi nggak ada lah di benak mereka les-lesin anak berenang. Anaknya bisa lulus kuliah aja alhamdulillah :’)

Nah, sekarang mah mau cerita tentang snorkelling ya.

Pertama kali diajakin snorkelling gue takutnya setengah mati. Nggak usah snorkelling, naik banana boat aja gue ngeri. Kalo jatuh di tengah laut gimana?
Inget banget komentarnya si Adit (oknum yang nyemplungin gueke laut pas ultah 32 kemarin), “Kalo di daratan mah jagoan, pas di air baru ketauan aslinya”, siaaaaal...

Buat yang mau snorkelling atau main di laut tapi nggak bisa renang ini ada beberapa catatan dari Kak Lita :D
  •   Pakai life jacket
Tetap eksis kok, kelihatannya walau pake life jacket :p
Biar kata orang di laut itu kita bisa ngapung dengan gampang, tapi selama kaki gue nggak napak ke dasarnya, gue mendingan pake life jacket dah! Apalagi di foto di atas itu lokasinya asli di tengah laut, karena kita turun snorkelling-nya dari kapal. Jadi boro-boro dah lihat dasarnya laut..

Jangan lupa pilih life jacket yang body fit, ya. Pasang semua kaitan yang harus dipasang. Pernah yang barengan sama gue life jacket-nya kegedean, dia nggak bisa berenang dan panikan orangnya. Kelar lah, gue yang nggak bisa renang jadi tempat berlabuhnya, haha.

Catatan: jangan panik!
    • Cari 1 orang yang dipercaya
    Nggak tau ya, kalo gue, misalnya ada 1 orang yang gue percaya itu rasanya lebih aman aja. Waktu di Bali tahun lalu itu gue banana boat ditebalikin jauh juga dari pantai. Edaaaan parnonya! Tapi berhubung naik banana boat-nya sama anak-anak seribu pulau, jadi gue percaya aja insyaallah aman.

    Kalo nggak ada yang dipercaya tapi pengin banget? Ya udah, jangan jauh-jauh. Pas di Phuket kemarin gitu. Anak seribu pulau nggak ada yang ikut, akhirnya gue snorkelling deket-deket kapal aja dah. Selama tali kapal keliatan, aman. Hihi.

    Kalo nggak ada 1 orang yang dipercaya, berkumpulah seperti acar di tengah laut. Nggak apa-apa kok :D
    • Masalah nafas
    Snorkelling itu kan lo kudu belajar nafas pake mulut, nah kalo emang susah banget, udah aja nggak usah nafas. Eh bukan berarti nggak nafas sama sekali ya, ntar metong. Kalo snorkelling kan nggak sedalam diving, ya. Jadi tahan nafas aja, nyelam dikit, sampe nafasnya nggak kuat, terus naik lagi buat hirup. Gitu-gitu aja sih, palingan. Tentunya sambil belajar nafas pake mulut ya kakak. Kalo gue berasanya kaya pilates aja, pilates kan ngeluarin nafasnya pake mulut tuh, jadi tinggal sesuain aja sama tarik nafasnya.

    *noh, pilates banyak gunanya tauuuk!*
    • Nekats
    Kalo snorkelling aja banyak pertimbangan, bagaimana menjalani hidup kak? Hihi. Nekat aja dulu lah. Pertama, lakuin deket-deket pantai aja. Kalo nggak bisa renang, ya sambil jalan kepalanya aja yang dibungkukin ke laut :D

    Jadi gini, alam itu indahnya luar biasa. Kalau kita hanya lihat yang di permukaan aja, tanpa melihat apa yang di dalam air, hidup kurang berwarna. Cieeeh...

    Eh nggak tapi serius, buat gue snorkelling bukan sekedar buat eksis difoto *walaupun itu juga*, tapi sensasinya itu luar biasa! Lihat kehidupan binatang laut di tempat aslinya, luar biasa banget!

    *apalagi kalo gue nyobain diving ya?*

    Kayanya itu aja sih idiot guide to snorkelling :p sisanya, nikmati aja! Jangan terlalu banyak yang dipikirin, nikmati aja.

    Pulau Pagang, Sumatera Barat


    Tuh lihat ikannya banyaaaak... tapi maklum baik fotografer dan subyeknya nggak profesional, jadi fotonya nggak kece :)))
    Yang perlu diingat dan menjadi kode etik bagi semua pecinta alam atau buat kalian saat menikmati keindahan alam ada 3:

    Jangan mengambil apapun selain foto, jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki dan jangan  membunuh apapun selain waktu
    Setuju?

    Lita Iqtianti

    Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

    9 comments:

    1. saya gak bisa renang jugaaa! :))
      tapi sampe kemana-mana buat nyari spot snorkeling ketje :')

      emang ya mbak, life vest itu cup cup aw aw banget..walo kalo kebawa arus dikit kitanya juga masih tetep deg-degan. dan tetep lo, udah (setua) dan segede ini belajar renang di kolam renang susyaaaah...gak bisa2... hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya ya, kalo di kolam renang kenapa susah amat rasanya? Perasaan udah jauh tapi taunya masih di situ2 aja, mungkin kita perlu di kolam ombak ala Gelanggang Renangnya Ancol :D

        Delete
    2. Samaaa..ga bisa renang tp hobi snorkeling..andalannya life jacket n bismillah...skrg anak2 gw malah udah bs snorkeling tanpa life jacket jd bisa nyelam liat ikan2 cantik

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aaaah, senangnyaaaaaa... aku nggak boleh apa ikut kamu jalan2 mbak? :D

        Delete
    3. Litaaaa.. Tosss gw juga ga bisa berenang. Dan ga yakin berani snorkeling karena gw rada spoky sama tempat gelap....

      Haiyah hidup gw ga berwarna yeeee....

      ReplyDelete
    4. kalau aku kebalikannya, bisa berenang tapi kalau snorkeling gelagapan apalagi disuruh napas dari mulut pake snorkle jadi biasanya nekat pake kacamata biasa aja jadi bebas mau napas dari mulut atau hidung bebas.. mmmbbbrrrr...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahahha.. Iya, teman juga ada yg gitu jd kuat2an.nahan nafas aja yaa..

        Delete
    5. Guru Renang Belajar Kursus Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta 081286606678, 081286608678 GURU RENANG JAKARTA

      Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

      Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com
      Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

      - Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
      - Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
      - Pembayaran dibayar dimuka.
      - Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
      - Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
      - Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
      - Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
      - Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
      - Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
      - Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

      Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang.

      WWW.GURURENANG.COM siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
      Team Guru Renang di www.gururenang.com siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara. PELATIH RENANG JAKARTA

      ReplyDelete