Manusia Setengah Dewa

Ini harusnya gue posting untuk Music Monday, ya. Tapi nggak tahan :D
Kemarin gue balik naik bus, terus biasa lah ada pengamen. Dia nyanyiin lagu Manusia Setengah Dewa-nya Iwan Fals. Gue emang suka banget sama lagu ini. Menurut gue lagu ini dalem abiiis! Nyepet banget buat pemerintah.

Simak videonya yang sekaligus ada liriknya ini:



Menjelang Pemilu/ Pilpres, tiba-tiba banyak orang murah hati. Bagiin duit, sembako, sigap dalam bencana, dan seterusnya. Kemarin gue lihat wawancara salah satu tokoh politik yang asli mukanya gue ga demen abis, apalagi dia salah satu yang harusnya terlibat kasus Rudi Rubiandini tapi entah kenapa nggak ikut ketangkep (subyektif, bodo ah). Dese yang inisialnya SB ini, ketangkep kamera bagiin duit dan sembako di 2 wilayah. Pas diwawancara sama sebuah televisi dia bilang, "Ini kan bentuk rasa bahagia saya ke masyarakat. Kecuali kalo saya pas bagiin sambil bilang ayo pilih saya, nah itu baru money politic" #yearite mista!



Kalo emang lo peduli sama rakyat, dari kemaren ke mana aja? Pas mau pemilu baru mengungkapkan rasa syukur? #yearite

Lima tahun yang lalu, gue nggak seserius ini saat jelang Pemilu. 5 tahun yang lalu Dapil gue masih di Jaktim. Gue nyoblos salah satu Caleg yang gue tau dia adalah kakaknya seorang musisi. Bukan sekedar musisi, tapi personil Slank. You know how i like Slank, rite? :D Gue pikir dia punya idealisme yang serupa dengan personil Slank yang anti politik, yang berani bikin lagu tentang koruptor di Senayan, dan seterusnya. Eh, nggak taunya pas lagi Pilgub kemaren gue lihat di poskonya ada poster salah satu Cagub yang nggak banget. Pas Cagub tinggal 2, dia ganti posternya. Deuh. Mungkin gue cuma nilai dari luar aja, ya. Tapi, aku kecewa.

Di pemilu kali ini rada serius milihnya. Kaya kakak gue cerita di blognya, gue juga browsing latar belakang masing-masing caleg. Kok kayanya di Dapil gue, yang bukan Jaktim lagi, nggak ada yang oke. Hiks.

Kiat dari gue: jangan pilih caleg yang nempelin posternya di media yang ilegal. Maksudnya, kalo dia punya billboard, itu legal kan? Tapi berarti modalnya kenceng :p Atau ya, lo catet semua nama caleg yang sering lo lihat posternya di mana-mana (terutama media ilegal; bawah pohon, tiang listrik, pagar rumah orang, dst), dan jangan pilih dia.

Balik lagi ke Manusia Setengah Dewa. Gue masih tetap percaya ada orang yang mau kerja untuk Indonesia. Gue masih percaya, ada politisi yang beneran kerja. PR-nya ada di kita, gimana nemuin orang itu. Kaya celetukan yang suka muncul di sepakbola lah, "masa dari 200 juta penduduk Indonesia nggak ada 11 orang yang jago main bola?". Nah, sama nih. Masa dari 200 juta orang Indonesia, nggak ada 200 orang yang mau beneran kerja buat negaranya sendiri? Yang mikirin sodaranya sendiri? Yang maunya enak bareng-bareng?

Gue yakin ada, ya.
Mudah-mudahan ada.

Anyway, Pemilu 9 April bentar lagi. Jangan golput, ya. Kalo golput, ntar ga boleh marah-marah lho, misalnya duit rakyat dikorupsiin :D Atau ada anggota dewan yang bobok pas lagi sidang. Kan situ nggak ikutan milih. Mendingan milih, kan, kalo calegnya mengecewakan, kita bisa marah-marah sama dia. Bisa ikut ngejelekin namanya :p

Lagian kalo golput, nanti hak suara lo malah diselewengkan. Kalo jatohnya ke orang bener sih, nggak apa-apa. Kalo jatohnya ke yang nggak bener? Duh x_x

So ya bapak ibu caleg, nggak usah urusin moral atau akhlak kami dulu, kami biar urus sendiri.Masih banyak agenda untuk rakyat Indonesia yang lebih urgent buat diurusi.

*Psst, lagu ini pernah jadi backsound berita tentang Jokowi lho padahal waktu itu Jokowi lagi diributin masalah ke DKI-nya :D
*maap #teamJokowi :p


Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

1 comment:

  1. kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, barangkali mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

    ReplyDelete