Being 'Mimin'

Never thought jadi mimin alias admin akun Twitter akan jadi salah satu hal yang gue kerjain. Kerjaan ini dibilang gampang, nggak juga. Dibilang susah, ya nggak juga.

Gampangnya apa?
Yang gue pegang, @mommiesdaily, ya emang nyaris dari awal adanya akun ini udah ngadmin. Karena asalnya dari forum, kebanyakan di awal follower-nya yang udah kenal, lalu bahasannya juga nggak jauh dari kehidupan sehari-hari yaitu jadi mamak-mamak.

Persoalan tata bahasa, nggak jadi masalah besar. Typo sebisa mungkin nggak ada, stick with 1 bahasa. Jadi nggak campur-campur macam blogpost gue ini, haha, mana suka salah. Bukan apa-apa, kalo salah kan tengsin, secara keluarnya atas nama 'merek' mommiesdaily bukan nenglita. LOL.

Nah atas dasar 'merek' ini juga yang harus dijaga kredibilitasnya. Inilah bagian susahnya. Gampangnya gini, kalo tweet isinya salah, mana bisa dipercaya kredibilitasnya? Salahnya mulai dari salah ejaan, salah nulis atau salah informasi.

Bukannya gue ga pernah salah pas ngadmin, pernah. Salah akun salah satunya. Harusnya gue ngetweet dari akun pribadi, eh keluarnya dari akun MD. Untung tweetnya ga lagi gosipan, hahaha! Kebalik juga sering, tweet menyapa follower eh keluarnya di akun gue, haha. Yang ada pada bertanya, kok gue serius amat di akun sendiri? Hihi...



Pernah juga lagi #MDquiz lalu salah pertanyaan x_x untung dulu follower belum sebanyak sekarang. Teteub ye bok ada untungnya, namapun orang yang positif #okesip

Bicara tentang kuis, gue rasa mimin seluruh penjuru dunia merasakan kepedihannya. Haha. Mulai dari quiz hunter sampe diprotes tentang kemenangan seseorang. Intinya: kudu sabar!

Nah menurut gue, jadi mimin, syarat utamanya adalah sabar. Secara ya, kita bakal menghadapi pertanyaan yang sama BERULANG kali. Tentang produk, tanggal acara, atau dalam hal gue yang parenting, ya tentang parenting/ keluarga.

Makanya suka salut sama mimin @ID_ayahasi, padahal laki semua dan suka pada ga serius, tapi tabah banget jawabin pertanyaan-pertanyaan, mana suka ajaib pertanyaannya. Eh yang gue sebut ayahasi karena kami suka dapet pertayaan yang sama.

Alhamdulillah, gue termasuk yang sumbu sabarnya lumayan panjang. Tarik nafas dalam-dalam, lalu jawab pertanyaan sambil senyum *taelah*.

Kalau masih pertanyaan yang bisa dijawab sih mendingan banget, ya. Kadang ada juga yang 'ngaduin' tweet kita ke orang lain atau ngejelekin akun yang kita pegang. Emosi? Ya udah pasti. Rocker juga manusia, eym? Kalo udah gini, gue bakal nyampah di TL akun gue sendiri. Haha, marah-marah nggak jelas pokoknya :)))

Mendingan marah di akun pribadi dong, kalo di akun yang kita admini, ya bakalan negatif imejnya. Walaupun kesal, tetap harus diplomatis bahasa yang disampaikan. Nggak boleh tuh jelekin si yang ngetweet atau apapun deh.

Ini salah satu contoh mimin yang kurang cerdas di sosmed. Baru aja kejadian semalam sama Andre, tim IT di kantor. Lihat blognya ini. Dan ini di bawah komen si miminnya gue skinsyut dari IG yang menurut gue nggak cerdas banget:




Oiya, tahun ini tahun ke-4 jadi mimin MD, kadang asa lupa identitas diri. Haha. Ya, masalahnya kalo guenya begajulan, dan,orang tau gue miminnya akun parenting, tar bisa-bisa jadi ga dipercaya dong.

Makanya gue suka mikir ulang yang gue update di sosmed gue sendiri. Ini bertolak belakang nggak dengan diri gue di akun satunya? Ini bikin citra negatif ga di gue? Haha, #pencitraan bak seleb ga sih?

Nggaaaak, ga maksud apa-apa. Cuma jaga nama baik akun yang gue mimini *ini bahasa apa sih?*.

Ah, jadi mau bikin akun @miminyeah niiiiih...

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

6 comments:

  1. Aih parah bener miminnya. ga nyangka padahal mereka bawa nama gede.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya Mas Dani, parah banget ya. Eh, nggak ketauan kan itu akun apaan? :D

      Delete
  2. HAHAHAHAHHA idiihhhh anak baru lulus tuh masuk dijadiin admin :p dikira gampaanngg! Gue juga dulu pas megang beberapa akun band, suka ketelingsut :D maksud hati dari si gue eh muncul di TL si band.. akhirnya pake dua device, biar gak repot ganti akun haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia kiii.. kadang yg punya brand mikirnya yg penting bisa twitteran, gaul *halah* pasti bs megang akun lah. Padahal ga segampang ituuuuh...

      Gue jg smp skg kalo kudu tweet dr hp pasti bedain device. Biar ga kebalik! Hihi..

      Delete
  3. ya ampun ko mimin kasar gitu, padahal bawa nama L*zad*, baru yah jadi mimin jadi ga bisa ngontrol emosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. iya betul banget! Miris, ya, kesian gitu nama brand-nya :|

      Delete