Antara Saya, Langit Dan Mainan

Hari ini Langit ulang tahun, yeaaay! Dan belum blogger banget kalo nggak bikin postingan di hari-hari spesial dalam hidupnya. Bukan begituh? :D

Langit adalah belahan jiwa gue secara harfiah. Kenapa? Hanya sama dia lah gue pernah berbagi hidup; darah, nafas, detak jantung, segalanya.

Bagi gue, wajar kalo gue sebut dia sebagai belahan jiwa. "Tapi itu kan harusnya suami, Lit". Ye kan makanya gue bilang secara harfiah, cuy.

Sejak jadi ibu, emang benar-benar rasain kalo apa yang terjadi sama kita ga lagi yang terpenting. Yang terjadi sama anak, sekecil apapun jadi penting.

Gue bukan tipe orangtua yang menyanjung anak, mendewakan anak sehingga apapun yang ia inginkan harus dipenuhi. Nope. Bukan sama sekali.

Banyak hal yang nggak bisa gue penuhi ke Langit baik karena kondisi nggak memungkinkan atau karena menurut gue nggak baik efeknya bagi kami berdua jika diluluskan.

Misalnya masalah mainan. Langit udah lama juga naksir sama mainan Rose Bud dan Sylvanian Families. Dua mainan ini lucu dan karena terbuat dari kayu, jadi lebih awet. Tapi harganya? Alamakjan!! Mahal gilaaa.. Tadinya sempat gue mau cuek "ah, beliin deh, tapi,dia harus janji nggak boleh beli apa-apa lagi habis ini". Kesian juga sih sebenernya, kalo ke toko mainan yang jual 2 benda ini, dia bakal betah berlama-lama, "aku liat doang kok, bu, kan tabungannya belum cukup". Jadi dia nabungin recehan dari gue atau bokap, entah,kapan mencapai harga mainan ini, hihi.

O ya, kan sempet kepikir mau beliin aja. Tapi kemudian gue harus memastikan kan, ya, apakah beliin,ini bagus atau nggak buat kami berdua secara psikologis. Ribet banget? Iye, mahal bok soalnya. Jangan sampe dia merasa ortunya sanggup terus dan bersedia terus beliin dia mainan.

Sampe lah gue ke kolom di Liveolive yang worth it or not worth it tentang beli rumah boneka. Aaaaand #jleb!

Gue menyimpulkn bahwa ga worth it gue beliin itu.

Pertama, gue ga mau bribe Langit dengan barang mahal. Kalaupun iya, dia harus ada perjuangan mendapatkannya. Bukan, bukan nilai bagus atau apa *masih TK juga jadi belum mengimplementasikan nilai*, tapi lebih ke elo-kudu-ngumpulin-duit-dulu-kalo-mau-sesuatu.
At least, ini yang gue inget nyokap gue terapkan. Ya karena memang gue dibesarkan di keluarga sederhana, ga selalu bisa punya sesutu yang kita inginkan dengan instan. Walaupun deep inside pasti penginnya anak dapat yang lebih nyaman, lebih baik, dsb, tapi ada kekhawatiran ini ga akan mendidik dia ke depannya.

Kedua, masih banyak kebutuhan lain yang lebih penting. Misalnya yang paling keliatan depan mata, dana pendidikan. Apalagi setelah baca artikel Memperkirakan Biaya Perguruan Tinggi di Indonesia, makin pening. Hahaha.
Masalah prioritas sih, sebenarnya. Gue tau banget ada orang-orang yang gue kenal yang sayangnya masih belum bisa memprioritaskan sesuatu. Ya gue ga bisa bilang gue udah bener, kok. Masih sering juga bela beli hal nggak penting hanya karena lagi sale atau lapar mata gara-gara tagar #jualankakak di IG. LOL.

Ketiga, pas dipikir-pikir, emang belum pantas aja kayanya beli mainan doang harganya segitu. Tengsin lah beli mainan mahal tapi kalo masih suka bilang bokek. Hihi. Kapan mau ke Hongkong Disney Land eh, naik haji kalo gitu cobak? Amin.

Gila, tumben serius amat bahasnya. Tapi emang, ya, setelah jadi orangtua, gue pribadi jadi melek sama isu finansial. Mudah-mudahan ga melek doang tapinya,  tapi juga melaksanakan yang tepat dengan kebutuhan. Kan, buat anak juga. Mana aminnya?

Selamat ulangtahun ya, manusia kesayanganku, belahan jiwaku..
Semoga apa yang ibu lakukan tepat untuk kamu, bukan untuk ibu..
Semoga kamu jadi anak yang bisa dibanggakan dan membanggakan kedua orangtuanya. Amin..
masih belum paham kenapa foto ini bisa gerak2.. LOL..

Btw, mainan mahal pada akhirnya gue mah nunggu bazaar besarnya ELC aja dah! Hahaha.. *tertawa puas karena dapet beberapa set Rosebud dengan harga cuma 10%-nya*

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

14 comments:

  1. Selamat ulang tahun ya Langit !
    Kalo mo beli yang mahal mungkin nunggu dia nabung untuk itu kali ya, Lit. Biar pas kebeli, dia bisa lebih menghargai maenan mahalnya itu karena gak mudah buat dia untuk dapetin itu.
    Eh gak tau juga bener gak teori sotoy gw ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ndah! Tiap ke toko mainan yg jual itu dia selalu nanya "celenganku udah cukup belum uangnya ya?" :')

      Makasih Tante Indah dan Athia!

      Delete
  2. Selamat ualang tahun langit..
    semoga tambah solehah ya...

    Hmm....saya sepakat sama mbak..
    harus nabung dulu aja...
    biar ada daya juangnya dan bgtu mendapatkan dia jauh lebih menghargai hasil jerih payahnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu.. katanya kan easy come easy go. Kalo trlalu gampang didapatkan kesannya jd ga trlalu berarti kan ya...

      Makasih doanya :*

      Delete
  3. Selamat ulang tahun ya Langit, semoga terus bertambah rezekinya menjadi kebanggaan ayah dan bunda.

    ReplyDelete
  4. Selamat Ulang Tahun Langit...,semoga menjadi anak yang penuh kebahagiaan dan memancarkan keceriaan untuk sekitarnya :D

    ReplyDelete
  5. Eh iya itu gimana sih caranya fotonya bisa bergerak2..hahaha #salahpokus

    HBD langit, anak gadis inspiratif! :D Sehat teruss yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ituuuu aku jg ga ngerti, hahaha! Kayanya jd versi .gif tetap ga ngerti juga sih knp bs gitu haha..

      Makasiiiiih atas doanya yaaa

      Delete
  6. Met ultah ya Langit. Semoga menjadi anak yang soleh dan membanggakan orangtua yaaaa....

    Ah iya, kalo mainan mahal itu juga selalu aku pikir-pikir seribu kali buat belinya, poin pertama tentuuu harganya qiqiqiqi.
    Tapi, mainan murah pun aq juga cenderung pikir-pikir belinya, karena menurutku mahal atau murah itu masih abstrak sih untuk ukuran anak-anak, jadi daripada tiap hari atau tiap minggu mereka dapat mainan dan cenderung tidak menghargai mainannya, mending aku tawarin beli buku (walaupun sering ditolak sama mereka hahahaha), cuma untuk mainan biasanya aku jatah sebulan sekali/dua kali dan aku bawa ke toko mainan kaki lima #emakirit mereka bebas milih mainan yang mana dengan range harga ga lebih dari Rp. 100.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo barang murah aku mikirnya juga efek psikologis dari kita yang "ya gpp deh dibanting, barang murah ini", hihi.. Padahal spt yg kamu blg kan, anak di usia tertentu mana tau mahal atau murah.

      Setuju, aku juga lbh rela beliin buku pd akhirnya..

      Delete
  7. Happy Birthday yaa buat Langit cantik dan ngegemesin.. semoga apa yang diimpikan semua tercapai termasuk beli mainan, walau butuh proses dan waktu, itu tandanya Langit anak pinter kaan...semoga sehat terus yaa...

    ReplyDelete