Hijaber, Fashion, Dan Kekinian

Seperti yang gue pernah tulis di sini, hijab belakangan ini udah bukan lagi hal yang luar biasa. I mean, tentu masih luar biasa buat setiap pribadi yang memutuskan untuk berhijab. Tapi dibandingkan 10 tahun yang lalu, hijaber saat ini udah ada di mana-mana.

Satu yang kerap menjadi sorotan adalah mengenai fashion-nya para hijaber kekinian. Tau kan, yang bajunya longgar melambai tunik atau gamis sebetis lalu dipadukan sama legging atau celana panjang lagi.

Ini ada beberapa contohnya:


*Tiga selebgram, kiri ke kanan: @rannihatta @zahratuljannah @ayuaryuli

Menurut gue hijabfashion yang begini asik banget!

Kenapa?
Pertama, udah pasti tren ini menggilas jilboobs yang emang nggak banget buat kalangan hijaber.
Zaman sekarang, rasanya nggak mungkin orang nggak main di socmed. Mau blog, fb, IG, Twitter, Path, dsb. You name it.

Nah, lewat socmed inilah para seleb-seleb di socmed tersebut memopulerkan gaya hijabfashion yang baru ini.

Namanya perempuan, paling gampang diracunin. Yang lagi hits apa, itu pasti diikutin. Jadi, menurut gue kehadiran para seleb socmed ini sangat penting untuk menyebarkan kebaikan (walaupun hanya lewat fashion saja).

Eh pernah ada sih selebgram yang bajunya oke-oke aja, tapi jilbabnya dimodelin macam-macam dan berujung aneh plus hujatan sana sini. Hehe.


 *Nyobain pake tunik kekinian pas lebaran kemain, bole juga tapi kayanya nggak buat sehari-hari sih..

Kedua, hijaber jadi banyak yang menuju kebaikan. Yang tadinya pake baju ketat merecet, berubah jadi baju panjang melambai. Yang tadinya pake celana nyeplak, sekarang memilih jenis kulot, dan seterusnya. Mungkin belum syari sepenuhnya, atleast ada kemajuan, kan?

Ada juga yang tadinya pake jilbabnya diuntir-untir sampe pake selusin jarum pentul, jadi cuma pake 2 jarum pentul aja. Atau yang tadinya kudu pake bros segede kepala orok di kerudungnya, sekarang cukup sekepalan tangan aja. Yah, jadi lebih sederhana.

Emang kalau dilihat-lihat, jenis fashion para hijaber belakangan ini lebih clean cut, warnanya juga kalo nggak mono ya pastel, lebih adem dilihatnya gitu. Bahan yang dipilih juga katun, bukan yang sengkrilipan atau banyak renda di mana-mana. 

*atau gue hanya melihat apa yang pengin gue lihat ya? Alias yang clean cut, minimalis dan monocrhome?

Ketiga, pakaian buat hijaber yang trendi semakin mudah ditemukan. Hana Tajima aja sampe bikin line sendiri di Uniqlo! Mana ga keren tuh?

Beberapa tahun yang lalu, rada susah menemukan baju hijaber yan trendi *gue nggak trendi sih, tapi ya gitu deh*. Akhirnya banyak para hijaber yang cari solusi dengan beli baju di brand-brand non hijaber, lalu memadupadankan supaya tetap pantas digunakan oleh hijaber.


*Gue sih masih pake padupadan baju dari berbagai merek. Merek baju hamil sampe Victoria Secret

Nah, kalau sekarang sih nggak usah ditanya!
Ngggak hanya para desainer muslim yang berlomba bikin baju hijaber yang kekinian, tapi selebgram yang awalnya bukan siapa-siapa, lantas punya line pakaian sendiri.

Mau cari di IG, gampilnya luar biasa. Tinggal cari tagar tertentu, keluar deh ratusan ols yang menyediakan baju untuk hijaber.

Selain di socmed, ecommerce yang tadinya berjualan produk fashion general pun kini berlomba menyediakan kategori khusus untuk para hijaber supaya memudahkan acara berbelanja online. Contohnya di Zalora ini: http://www.zalora.co.id/women/busana-muslim/gamis/zoya/

(Zalora= ecommerce tempat gue cuci mata dan cuci dompet).

Buat gue hal ini menggembirakan sih, tandanya hijaber sudah memiliki tempat di hati para produsen dan juga memudahkan kita, para hijaber trendi (kita, Lit? Yakin banget situ?) untuk mencari pakaian yang sesuai dengan kondisi kita sebagai hijaber.

Selain menggembirakan pasti ada menyedihkannya sih. Apalagi kalau bukan kantong menipis karena terlalu banyak yang ditaksir? huhuhu...

Annyway, jadi hijaber yang fashionable menurut gue sah-sah aja. Yang penting nggak berlebihan dan nggak lupa sama sisi modest-nya. Menurut gue, lho yaa...

Menurut kalian gimana?

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

15 comments:

  1. Replies
    1. Betuuul... Dan rasanya cocok buat semua orang deh ya :)

      Delete
  2. Hijaber skrg jadi (gampang) punya fashion statement sendiri, saking buanyaknya alternatif. Dari dulu blm bisa nentuin "what kinda hijaber am i". Skrg udah merasa nemu yg pas n nyaman which is make gamis motif bunga2 syebicik yg roknya lebarrrr, pashmina instant, dan sepatu keds :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, bener banget! Dulu mungkin masih ragu mau paduin bunga2 sama keds, sekarang mah hayok mariii...

      Delete
  3. Hijaber skrg jadi (gampang) punya fashion statement sendiri, saking buanyaknya alternatif. Dari dulu blm bisa nentuin "what kinda hijaber am i". Skrg udah merasa nemu yg pas n nyaman which is make gamis motif bunga2 syebicik yg roknya lebarrrr, pashmina instant, dan sepatu keds :p

    ReplyDelete
  4. Ini postingan sponsored ya? *kaburrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan ada labelnya di atas tuh, 'sponsored'.

      Delete
  5. Emang suka lihat gaya hijaber yang begini Mbak Lita, adem dan modis banget. Malah gayanya yang longgar, monotone dan atau pastel itu kelihatan lebih mewah. Hihihi. Btw saya juga kalo mau lihat baju kekinian dan males ke mall bukanya zalora :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah bener, gayanya ga neko2 bin ribet ala baju kelebihan bahan yaaaa :D terus gaya jilbabnya juga simpel abis wudhu salat ga berubah, hehehehe..

      Toss sesama anak online!

      Delete
  6. Ah,kita di Al Galaxyah kan kiblat fashionnya ke #LitaSangInspirator. Ya kan Rin ?
    Selain, selebgram yang loe sebutin, Gw justru lagi suka style salah satu mbak-bukan-selebgram.
    High-street hijab, bukan hesteg hijaber sih. hahaha.
    Simple dan gayanya masih oke lah buat gw yang gak terlalu girlie ini pake ke pabs. *kepooo kan ? penasaran kaaaaan ? * hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. eh siapa sih gayanya siapa sih, siapa sih, siapa sih? Coba japri atau di grup :p

      Delete
  7. iyaaa.... sekarang hijabers lebih mudah memilih baju. Ehem, anu.. saya hg suka intip2 zalora. hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih banyak pilihannya yaaaa... Walaupun spt yang kita bahas di IG, kadang suka overpriced. Hehe.
      Tos sesama tukang window eh, chrome shopping :p

      Delete
  8. Akuuu suka ngeliatnya doank baju muslim yg dobel-dobel gitu
    Ngeliat aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Oyaa, aku juga suka ngeliatin hijaber2 sekarang modisnya kebangetan kerennya!

      Delete