Piknik Ke Jatiluhur

Akhir pekan kemarin, keluarga besar bokap gue ngadain halbil sekalian piknik bareng. Setelah keseringan di daerah Puncak atau Bandung, kemarin kami memutuskan untuk merambah wilayah baru: Purwakarta.



Ada apa di Purwakarta? Ada Bendungan Jatiluhur, kak.

Emang seru? Nah, itu awalnya yang terbersit di otak gue. Bendungan doang? Atau paling di wilayah hotelnya aja kan ya.

Eh tapi emang dasar, manusia jangan suka lihat negatifnya dulu. Banyak hal yang bisa dilakukan ternyata. 

Kami nginep di Jatiluhur Convention Center and Resort. Jadi ketika masuk ke area Jatiluhur, itu sekomplek guede banget (apa sekampung?) ada resort, hotel, villa, lokasi wisata, danau, dsb dst.
Karena kami berombongan, akhirnya sewa 2 villa yang masing-masing berkamar 4.

Villanya sendiri gede banget. Tapi emang standar abis. Nggak instagramable lah. 

Tapi berhubung emang tujuan awalnya halbil, pulkumpul keluarga, rapat ala-ala gitu, yasudahlahya.




Catatan: Walaupun bentuknya kaya rumah, mereka nggak nyediain kompor, piring, dkk. Cuma ada kulkas, dispenser air dan air mineral galonan aja. Jadi kalo niat menginap di bungalow atau villa-nya, sebaiknya bawa sendiri kali ya.

Kalo hotelnya (namanya Istora), gue cuma liat dari luar ya. Kayanya oke sih. Ada yang menghadap ke danau gitu balkonnya. Lucu juga kan, anggap aja di tepi danau Michigan (auk belah mananya, itu yang gue inget kayanya judul buku)

Restoran, di sana ada yang hotel punya dan satu lagi mungkin masih satu manajemen cuma lebih instagrammable. Haha. Gue nggak nyobain makanannya, tapi makanan yang hotel punya, lumayan lah.
Di resto ini, kami cuma mampir buat foto-foto mendekati dam (bangunan waduk)-nya aja. Ternyata salah satu sudutnya sering dipake buat prewed, kalo gue liat dari jauh sih, cucok banget buat kawinan. Lucu gitu ijab kabul di balkon-balkon pinggir danau.





Kegiatannya ngapain aja?

Selain ngeliat dam, kita bisa juga naik perahu di danau. Entah cuma keliling atau ke Pulau Jodoh. Nah, siapa yang lagi cari jodoh tuuuuh..

Pulau Jodoh ini konon penunggunya hanya sepasang suami istri. Kini keduanya udah meninggal. Udah aku cuma tau sampe situ, kakak. Ga sempet wawancara masyarakat sekitar, terlalu rempong sendiri.

Selain perahu, ada juga area untuk mancing. Nah, kalo pakbapaknya doyan mancing, bisa disuruh ke sini aja. Asal jangan memancing kesabaran aja yaa..

Danau Jatiluhur ini, selain untuk wisata juga digunakan untuk latihan para atlet dayung atau kano. Kemarin sempat lihat beberapa atlet lagi latihan. Gue rasanya udah mau wawancara aja buat keperluan program yang lagi gue pegang saat ini #terlaludedikasi #pencitraan

Apalagi ya?
Ow, masalah harga lihat gambar di samping ya.

Overall, menurut gue nginep di sini so-so aja. Kalaupun mau nginep sini, mungkin pilih hotel dengan pemandangan danau.

Tapi untuk wisata, okelah, sebagai wisata alternatif yang dekat dari Jakarta. Secara ya, Puncak macet, Bandung macet, Bogor juga, Sukabumi harus lewatin Ciawi, dsb.

Ke Jatiluhur nggak pake macet. Yah macet di Cikampek dikit, keluar Jatiluhur, ikuti jalan Purwakarta lancar blas. Jangan lupa mampir makan di Warung Makan Ibu Haji Ciganea, ya. Sambelnya endes!

Sama kalo pulangnya iseng lewat Jl.Wanayasa, ada Warung Makan Ciawitali khusus sate maranggi yang ENAKNYA LUAR BIASA.



Oh iya, satu lagi yang harus diwaspadai kalo nginep di sini palingan karena masih banyak wilayah hutan, kemarin sepupu gue ngeliat ular bok *bergidik*


Selamat liburan!

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

8 comments:

  1. di deket situ juga ada kolam renang mirip2 water boom versi purwakarta lah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, lupa masukin! Betul mbak, kemarin sempat lihat tapi nggak sempat mampir..

      Delete
  2. Apik banget mbaa restonya pengen poto2 di sana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... emang cantik gitu restonya. Sook ke sana, biar bisa ngeksis hahaha...

      Delete
  3. Hallo mba, mau tanya kemarin sewa villa di Jatiluhur harganya berapa ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di atas itu aku attach foto room rates-nya :)

      Delete