Fit Friday: In Plank We Trust!

Kemarin waktu lagi cari ide untuk produksi video olahraga, nemu beberapa video plank. Emang kalo dari baca-baca banyak artikel kesehatan, plank adalah salah satu gerakan strength training yang paling banyak disarankan dan bermanfaat. Coba aja Googling deh.

"Cuma gitu doang emang ngaruh mbak?", tanya salah satu anak kantor kemarin. Coba liat gambar di bawah ini:


Area merah itu adalah semua otot badan yang kena atau bekerja saat kita plank. Canggih kan?

Dari celetuk-celetukan, akhirnya seruangan di kantor (yang bak kamar indekost laki-laki saking berantakannya) itu pada penasaran plank. Apalagi pertanyaan di atas ini kan dilontarkan dengan nada tidak percaya, ya. Akhirnya seruangan pada plank. Haha.



Seru banget. Ada yang jerit-jerit, ada yang sok kuat tapi muka udah merah, ada yang teriak “oi curang kok kakinya begitu”, dan sebagainya. Hihihi.. seru juga ngerjain cowok-cowok yang pada jarang olahraga.
Gue, kebetulan emang doyan plank. Hampir setiap hari gue plank di pagi hari sekitar 1 menit (campur dengan beberapa gerakan lain macam squats, jumping jacks, dkk), lalu malam hari sebelum tidur. Lumayan lah, core kuat kalo naik ojek :p

Plank itu apa sih?

Gampangnya, plank itu posisi telungkup dengan bertumpu pada ke dua tangan dan ujung kaki. Mirip sama posisi push up pas lagi di atas *ngerti kan ya?*



Gue punya alasan sendiri kenapa suka plank:

Its the easiest way to work out.
Ga butuh space gede, musik yang asik, atau waktu yang panjang. Anytime you want, lo bisa ambil posisi ini.
Saking nggak butuh waktu khusus untuk plank, sambil nonton TV pun bisa kan. Atau mau coba tantangan lain dengan melakukan plank sambil kerja?

Plank disebut sebagai olahraga untuk core yang paling ngefek.

Bahkan jika dibandingkan sama crunch (eeww.. I hate crunches) apalagi sit up (bikin tulang ekor gue ngilu maklum bumper seadanya). Kalo dari hasil baca-baca sih demikian. Kendati ada yang bilang sama aja atau apalah, gue tetap pilih plank karena nggak susah :D



Gue ga mau membanggakan diri, tapi berkat plank gue rasain sih, perut gue lumayan rata apalagi kalo belum makan. Hihihihi! Rada susah sih emang membuktikannya, secara eike nggak mungkin pamer abs bak agnezmo ya, itu aurat kakaaaak…

Paling berasa sih ketika gue melakukan olahraga apapun, kekuatan core kan juga sangat diperlukan ya. Bahkan olahraga lari yang pake kaki bukan perut pun, core yang kuat sangat dibutuhkan.

Plank olahraga minim cidera.
Dibandingkan olahraga untuk core lain, plank minim cidera. Posisinya kan hanya 1, nggak memerlukan perpindahan apapun. Beda sama sit up atau crunch yang kalo salah gerak bisa tulang belakang sakit atau leher.

Plank kalo nggak bener posisinya juga nggak ada manfaatnya sih. Cuma bikin pegel aja.
Cara yang tepat untuk melakukan plank seperti di bawah ini:



Kalo posisi udah benar, baru deh tahan plank secara bertahap. Mungkin bisa diawali dari 20 detik, naik jadi 30 dan seterusnya. Christiano Ronaldo bisa sampai 5 menit, lho. #yanggakheran

Rekor gue sejauh ini 3 menit #pamer

Kalo bocen 5 menit plank doang, bisa bikin plank variation seperti di bawah ini:




Lumayan kan?

Satu hal yang nggak bosen gue ingetin, olahraga banyak yang bisa dilakukan di rumah. Tapi sebaiknya sesekali ikut yang ada trainernya. Kenapa? Sebenarnya lebih untuk melihat apakah gerakan-gerakan yang kita lakukan tepat atau nggak, dsb.

Kan kalo posisi atau gerakan yang kita lakukan udah benar, manfaatnya lebih besar. Daripada udah plank 5 menit tapi cuma kebagian pegelnya doang?

Jadi, selamat planking!

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

21 comments:

  1. Dulu waktu sama pt latihannya dikasih plank di akhir dan itupun beratnyaaaaa. Padahal cuma 30 detik. Makasih Mbak Lita infonya. Nanti dicoba lagi. :D ternyata.. Baru tahu manfaatnya.

    ReplyDelete
  2. Lit, gw pernah baca apa dikasih tau siapa ya *gw lupa*, katanya kalopun plank effektif tuh maximal waktunya. Jadi kalopun bertahan lama-lama juga no added value sih karena udah melewati effektif nya.
    Tapi gw lupa...Katanya lho Lit... katanya....

    Gak tau juga sih apakah yang menelurkan teori ini awalnya karena sirikiti aja ama temen sebelahnya yang mampu plank sampe 1 jam, dia cuma mampu 3 menit. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin gue kali Ndah, yang ngomong? Gue juga dikasih tau sama org Master Boot Camp kalo plank efektif di 40 detik aja. Tapi coba mari kita baca2 banyak sumber..

      Delete
  3. nyobain ah aku bisa ga ya Plank

    ReplyDelete
  4. aku juga suka plank kak! *ikut-ikutan Lita mulu* berasa perut dan bokong tuh 'bekerja' hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahey! Kapan2 mungkin kita ketemuannya jangan pas makan2 Riska, ngobrol sambil plank! :p

      Delete
  5. biasanya kalo keliatan "gini doang" susah dilakuin :))
    ah mau nyoba jugak! :D

    ReplyDelete
  6. nyobain plank eh detik 30 udah bergetar seluruh badan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiiiss.. canggih bisa 30 detik! Semangaaaat!

      Delete
  7. Waktu masi yoga jg ada gerakan planknya! Waoo byk yah efeknya ternyata, TFS mbak lita!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yoga, pilates dan ragam strength training itu ada plank-nya. Selamat plank, ya!

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  8. Abis baca tulisannya mba lita, saya langsung semangat nyoba, di kantor. Yang ada, saya cuma bisa bertahan 5 detik :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp, namanya baru coba. Tetap semangat dan pas plank, perut plus bokong dikencengin kaya mau ditonjok gitu supaya posisi enak dan ngelatih core-nya. Cemungudh eaaa :D

      Delete
  9. Aku rekor 2menit mbak tapi pake gemetar seluruh badan..

    Btw km msh ngegym di oakwood? Aku biasanya di GI kl ngantor tapi kapan2 ke oakwood ah biar kenalan sm mbak lita ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gemetaran itu pasti :))))

      Aku masih kok di Oakwood, yang rutin biasanya Pilates hari Selasa jam 12 siang. Yukyakyuuuk...

      Delete