Perkara 'Jilboobs'



Kemarin gue lihat ada yang share link situs yang judulnya cukup menggelitik karena ada kata ‘Jilboobs’-nya. Dari kata tersebut aja udah kebayang deh, ya, maksudnya ke mana; paduan antara jilbab dan boobs. Humm, dalam logika gue, dua kata tersebut sebenernya agak kurang pantas aja sih, kalo disandingkan :(

Gue pake jilbab. Masih JAUH banget dari sempurna. Pake kerudung ‘semau gue’, pernah ngalamin juga. Tapi mungkin gue beruntung (atau sial? Haha) karena badangue lempeng ga berlekuk, jadi pake baju pas badan juga nggak ngefek berlekuk seksi, yang ada lekukannya tulang. LOL.

Anyway, banyak yang ngomentarin kalau para ‘jilboobers’ ini banyak yang masih dalam proses menuju kebaikan. Ah, setuju banget. Karena gue juga pernah ngalamin sendiri. Seiring berjalannya waktu insyaallah bakal menyesuaikan sana sini, kok.

Misalnya nih, gue dulu suka cuek pake baju pas badan, walaupun badan lempeng ya, bok, tapi lama-lama ‘gerah’ sendiri. Dan memang kebetulan dari sebelum pake kerudung juga nggak terlalu suka pake baju yang ketat atau bahkan baju nggak berlengan (atau kata Langit ‘Baju Ketek’). Risih aja gitu. But hey, im not here to judge. Gue masih memegang teguh prinsip “Yourbody, your clothes, your business”, kok :)

*well harus gue akui, gue sempet nge-judge Angelelga sih yang ketika nyaleg tiba-tiba berjilbab tapi bajunya mecetet :D *

Sebagai manusia, pasti bakal ada aja yang diomongin. Nggak usahlah elo pake rok mini atau jilboobs, elo pake baju sopan dan berkelakuan baik aja bakal diomongin kok. Bakal ada yang judge.

“Ih, pake jilbab tapi bajunya menerawang..”

“Pake jilbab sih, tapi kalo ngomongin orang paling doyan..”

“Pake jilbab panjang, gamis, tapi hobinya share link berita yang isinya fitnah..”

“Istrinya pake jilbab tapi suaminya nggak salat..”

“Penampilannya sih kalem, jilbabnya juga yang syarie, tapi kok kalo ngomelin anaknya gitu banget ya?”

“Kalo keluar rumah rapinya bukan main, coba lo mampir ke rumahnya deh. Berantakan!”

Nah kira-kira begini... :D

Yup, dunia kita nggak akan ada habisnya ngomongin orang lain. Nggak peduli berapa kuat kita mencoba untuk lebih baik, kekurangan kita pasti bakal lebih mentereng untuk diomongin.

Skenario seperti ini juga ada:

“Mendingan gue dong daripada mereka, seenggaknya udah belajar pake jilbab”, kata Jilboobs tentang perempuan yang tidak berjilbab.

“Pake jilbab begitu, mendingan nggak usah pake jilbab aja sekalian”, kata pemakai jilbab biasa tentang Jilboobs.

Puyeng ya? Haha. Yang penting buat gue mah, semua manusia nggak berhak untuk menilai keimanan atau kekafiran orang lain. Selama wujudnya masih manusia, nggak berhak deh.

Terus, jilboobs ini diapain? Yah, nggak usah diapa-apain. Kalau kita menghinanya, menjadikan mereka bahan candaan atau nyinyirin, apa bertambah keimanan kita? Apa kita dapat pahala dari kegiatan itu? 
Mari kita berbaik sangka, mereka masih dalam proses belajar. Titik. 

Dan gue percaya, kita semua dalam proses belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. bukan begitu bukan?

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

12 comments:

  1. betul mbak lit :)
    emang bener ya kalo diomongin emang gak kelar-kelar nih urusan orang ngomongin siapa-siapa aja, terlebih urusan jilbab :') *skalian curcol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya, urusan ngomongin orang emang paling enak :p
      Urusan pakaian apalagi, sama suami sendiri aja kalo 'diprotes' masalah pakaian aja kesel, apalagi sama org yang nggak kenal :D

      Delete
  2. I have my own time of jilbab pendek (tapi suwer gak pernah tahan model yg ngelilit leher ituu sesek napas bok haha), baju ketat pendek (skr masi klo mletet tapi gak pendek. Yah semletet2nya gw jg 11-12 ama lu tulangnya haha), dan jins mletet teteepp smp skr walo ga suka pinsil. Jins mletet ato straight slim itu justru paling enaaakk dipake wudhu pas traveling. Pake kulot mlorot mulu, pake gamis belibet basaaahh semua malah belepotan. Nah lhooo hihihi.

    Makanya gw mingkem soal jilboobs. Doain aja smg fase itu gak pake lama ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, makanya untunglah kita (atau sial?) punya badan lempeng ga ada belokannya :)))

      Eh setuju, pake kulot gitu ribet yak kalo wudhu. Ga kebayang yang pake kulot2 melambai ala hijabers heits seleb gitu, basah semua kaliiiik.. *eh kita aja kali ya yang slebor*

      Amin, amin atas doanya..

      Delete
    2. He eh itu piye ya? Kemaren lebaran paje wide skirt gitu bingung euy dilibetin kemana biar ga riweh pas wudu.

      Delete
    3. Kalo gue bisa Kir, dikempit antara dua kaki, tapi ya ribet pas angkat2 kaki sebelah. Kalo dipegang sama tangan, blar basah semua *ih rempong amat sik*

      Delete
  3. Ah bener banget Mba ;') Dengerin orang ga bakal ada habisnya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya dengerin kata hati sendiri aja suka galau apalagi dengerin orang #eh

      Delete
  4. Aku setuju, namanya manusia yg hidup bersosialisasi ada ajaaaa yg bahannya utk diomongin dan ngomongin ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, yang penting dari kitanya juga jangan yang ajaib2 amat kali ya. Atau, kalo mau tampil ajaib, ya jangan tersinggung pas diomongin :D

      Delete
  5. Sama mbak lit.. aku juga gak sreg bgt ama istilah jilboobs ini. Kesannya kog meremehkan, melecehkan gimana gt lhooo :(
    Klo soal komentar org mah yaa. Pake jilbab item, dibilang lg berkabung, pake jilbab pink, dibilang cerah amat, pake pashmina, dibilang hijabers, pake pashmina agak dipanjangin dikit, dibilang gara2 jilboobs ya? Aiishhh, gak ada abisnyaa, serba salah yee. --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha emberan. Menurut aku pada akhirnya kita harus bisa ngukur kali ya mana yang 'pantas' mana yang nggak :)

      Delete