Libur Sekolah Pas Puasa, Ngapain Ya?

Pertanyaan itu juga muncul di benak gue. Tadinya mau cuek aja ah, ajak nginep di hotel yang dekat-dekat atau ke bandung naik kereta gitu. Tapi dipikir-pikir, kayanya kurang gimana gitu. Mending nanti aja abis lebaran, kan?

Yeay, udah pada jadi anak kelas 2 yaa :)

Mumpung baru hari ke dua puasa, siapa tau ada yang mau nambahin atau jadi dapat ide dari blogpost gue ini. Ini ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan tapi puasa..


Bikin project

Tahun lalu, karena Langit perdana belajar puasa, jadi project-nya adalah membuat timeline puasa dan memenuhinya dengan stiker Sofia kalau puasanya full. Seru! Karena dia lagi ngefans sama Sofia, maka Langit kekeuh banget pengin full puasanya.

Tahun ini, pas banget sebelum lebaran kami kenalan sama GummyBoxID. GummyboxID ini adalah activity box yang isinya beragam kegiatan dengan tema yang seru-seru.


GummyBox pertamanya Langit bertema postal service. Awalnya sih rauwis-uwis main dadu kaya Ular Tangga gitu. Lalu pas liat perlengkapan Pak Pos, dia nanya-nanya deh bagaimana surat bisa sampai di orang lain, sistem prangko gimana, dsb dst.



Akhirnya kita bikin project deh. Kali ini langit bertugas ngedaftar dan bikin kartu ucapan puasa buat orang-orang yang dia ingin kirimkan. Project-nya masih berjalan terus, sembari ibunya juga cari Kantor Pos terdekat secara yang paling deket sama rumah kok tau-tau ada plang "Dikontrakkan" T__T

Project-project lain masih banyak sih. Bisa misalnya bikin komik/ buku cerita, bercocok tanam, dsb.

Kalau mau beli si Gummybox ini bisa lihat website-nya di Gummybox atau berlangganan di http://gummybox.com/monthly-subscription/

Ikut ke kantor

Ini sih kegiatan yang paling Langit suka! Jadi anak gue ini emang tipenya yang seneng sama temen-temen orangtuanya. Kadang kalo ada teman gue datang atau ketemu sama teman gue, ya Langit yang aktif ajak ngobrol ketimbang gue -__-

Di kantor yang ini, kendati ga ada kaitannya dengan parenting, tapi cukup friendly untuk gue bawa anak. Apalagi banyak ani-ani koci di kantor juga yang proaktif ajak Langit main dan ngobrol. Lumayan lah ya, ibunya bisa nyante eh, kerja.

Yang perlu diingat kalau bawa anak ke kantor adalah, pastikan anak nggak mengganggu jadwal kerja kita ataupun orang lain. Nggak enak kan, kalau anak kita berisik dan malah bikin rekan kerja nggak konsen. Selain itu juga perlu diingat, anak harus tau bahwa kantor bukan rumah. Seasik-asiknya kantor, menurut gue anak harus tau perbedaannya bahwa ia nggak lagi di rumah, di mana dia bisa seenaknya atau lebih santai. 

Satu lagi deh, kitanya juga jangan ribet kalau bawa anak ke kantor. Pastiin kita bisa tetap bekerja secara efisien walaupun bawa anak ke kantor. Jangan sampai pas bawa anak ke kantor, malah seharian ngurus anak terus. Kalau gitu kan mendingan cuti, menurut gue, ya..

Gimana caranya biar kerja bisa efisien saat bawa anak ke kantor? Bawain anak activity tools yang bisa bikin dia anteng selama kita bekerja dan make sure jadwal kita juga lagi nggak ribet di hari itu. Dulu gue pernah bawa Langit ke kantor, tau-tau sorenya ada meeting dadakan sama klien. Akhirnya Langit gue ajak, untung aja anaknya udah biasa berhadapan dengan orang banyak, jadi nggak clingy. Yang ada kliennya diajak ngobrol mulu sama dia :)))

Playdate

Berdasarkan pengalaman tahun kemarin, tour de playdate dari satu rumah teman ke yang lain cukup efektif dan bikin anak nggak ngerasin lapar atau haus.


Tuh kan, beli susu dingin buat ditempelin ke pipi doang :p

Yang perlu diingat kalau mau pertukaran pelajar alias anak alias playdate tanpa pendamping ini adalah, pastikan tuan rumah tau bahwa anak kita ikut puasa. Selain itu juga sesuaikan dengan jadwal istirahat tuan rumah. Namapun puasa ya, mungkin ada yang tadinya nggak suka tidur siang pas bulan puasa jadi ngantukan. Daripada anak-anak cranky ga puguh, mending diinformasikan sebelumnya, kan.

Kalau playdate nggak di rumah, misalnya ke lokasi bermain (taman, dsb) perhatikan jamnya ya. Kalau bisa sih, pilih yang siang menjelang sore, jadi anak-anak yang suka lupa diri kalo main itu nggak terlalu haus atau lapar setelah bermain. Eh, ke acara Barbie #AkuSuper juga bisa.  Cek jadwalnya di sini deh.

Apa lagi ya? Berhubung gue bukan ibu yang kreatif dan rajin bikin printilan untuk main, ya, jadi paling gitu-gitu aja sih. Kalo akhir pekan justru kadang lebih banyak leyeh-leyehnya karena gue emang lebih mikirin kegiatan Langit saat gue lagi di kantor. Kalaupun berkegiatan sama gue, sebisa mungkin gue cari kegiatan yang nggak terlalu menguras tenaga misalnya bikin baju boneka, rumah boneka, bikin kalung atau gelang, yang gitu-gitu aja. Oh yang terakhir sih, Langit lagi seneng banget main kartu remi, haha. Gue ajarinnya main cangkulan. Seru banget! Yang lucu nih, alih-alih senang kalau kartunya habis duluan, dia malah sebel, soalnya berarti harus berhenti main :D



Ada ide lagi nggak, kegiatan apa ya buat liburan sekolah saat puasa gini?

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

6 comments:

  1. itu susu yang ditempel pipi hahahah maapin komennya ngga nyambung, tapi pas kecil es batu juga suka ditempelin ke pipi hahahahaah!

    kali ini karena puasa, eike titip anak ke rumah eyang aja, deh, agak ribet bawa mulu ke kantor hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, atau ngadem2 depan kulkas yaaa :))

      Bawa kantor setiap hari sih, super, Feeen!

      Delete
  2. Dulu boss gw pernah nyuruh kami cewek-cewek overtime di saat wiken. Saking butuhnya, boss bilang ajak aja baby kalian ke kantor kalo emang kalian keberatan kerja karena ninggalin baby di rumah.
    Ah, tapi gw mah tetep aja gak mau. Udah lingkungannya gak sehat buat anak-anak *kan pabs*, terus yang ada boss gw setres kalo Athia tiba-tiba masuk ruangan dia, berantakin ruangannya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya Ndah. Gue rasa kita tau deh batas segimana kita bisa ngatasin diri sendiri. Daripada nggak maksimal, yasudahlah yaaaa...

      Delete
  3. Replies
    1. Cek di Instagramnya atau web http://gummybox.com/ yaaa ntar aku update juga deh di blog :)

      Delete