Mudik, Enggak, Mudik, Enggak..


Setiap menjelang lebaran, pasti ini yang ditanyain. Dan jarang banget bisa dapat jawaban pasti secara cepat. Secara, ya, kami kalo mudik pasti road trip. Jadi emang nggak pusing mikirin tiket, dst dsb. Walaupun berita di pelabuhan itu ngantre panjang, jalanan rusak, atau cuma jalan bertiga, kalo emang jawabannya MUDIK, ya berangkatlah kami.

Akhir tahun lalu contohnya. Udah H-3 akhir tahun, masih belum tau mudik apa enggak. Pas gue lagi main di rumah temannya Langit *biasa, emak-emak kalo libur cari kesibukan*, tau-tau Igun bbm, "kita berangkat yuk malam ini". Jreng.

Kalo gue orangnya penuh persiapan, pasti ogeng. Tapi untung deh, Igun kawin sama gue yang demen tantangan juga. Jadi lah, gue ajak Langit pulang, ngelarin kerjaan yang harus pake laptop (lagi libur pantang buka laptop), packing, terus berangkaaaat!

Pas lebaran tahun lalu juga gitu. H-3 sebelum berangkat baru tau pasti bakal jalan. Ini sih jauh lebih prepare, ya. Haha. Sampe di Merak jam 11 malam, baru dapet kapal nyebrang jam 6 pagi. Hampuuuun.. Kalo gue nggak suka tantangan, pasti bakal misuh-misuh. Untung akal sehat masih bicara. Kalau gue marah-marah, Langit bakal cranky, Igun juga sebel kesannya gue nggak rela diajak mudik. Niatnya silaturahmi, lebaran sama keluarga penuh ketenangan, ntar yang ada malah bete-betean. Enggak deh!

Urusan packing, baik pergi sendiri atau sama Langit, pergi 1 hari atau seminggu, pergi nginep hotel atau camping, nggak pernah repot.
  • Baju tinggal disesuaikan sama jumlah hari berangkat. Spesial Langit, ditambah 2-3 pasang.
  •  Baju tidur, kalo lebih dari 3 hari, bawa 2 pasang.
  •  Secara kalo mudik nginep rumah mertua/ ipar, gue selalu nyuci. Makanya bawa baju pasti yang bahannya ringan supaya cepat kering.
  •  Karena road trip, gue selalu pisahin di 1 tas traveling (padahal mah diaper bag-nya Langit jaman bayi) yang isinya 1 baju ganti gue dan pakaian dalam, 2 pakaian ganti Langit dan pakaian dalam, cardigan/ jaket plus mukena, handuk dan alat mandi.
Diaper Bag andalan

Spesial alat mandi, gue, Langit dan Igun punya 1 kantong masing-masing. Kantong alat mandi ini isinya nggak pernah diganggugugat. Jadi kalo pergi ke mana-mana, 3 kantong mandi ini siap sedia diangkut, ga pake bongkar pasang.
Kiri- kanan: Igun- Lita- Langit (keliatan ga sih, yang paling gede punya siapa?)
  • Igun isinya: sabun cair, shampo (dese kudu pake Pantene anti dandruff), deodoran, cukuran jenggot.
  • Gue isinya: sabun cair, shampo nebeng sama Igun hihi, deodoran, facial wash, daycream, sunblock, losion, toner, night cream, panty liner, obat buat anemia, peniti, jarum pentul, kertas toilet, women's tissue (kok banyak banget, yak)
  • Langit isinya: sabun mandi, bedak buat kalo dia biang keringet (Sumatera panas, cuy!), hair lotion, shampo, sisir, minyak telon, Vicks Vaporub, sunblock, body lotion (banyak juga ternyata).
Kami jarang bawa obat-obatan selama perjalanan. Mungkin terlalu optimis bahwa insyaallah semuanya sehat. Tapi yang harus ya si obat anemia, gue suka keliyengan apalagi kalo road trip kan jarang tidur ya. Nah, tenggak deh. Vicks Vaporub juga wajib. Buat oleh di perut kalo kembung, oles dada kalo nggak enak badan, bahkan digigit serangga juga olesin aja Vicks Vaporub :D
atau dicium-cium gini aja sama bocah ini :D
Gue juga jarang bawa perintilan berlebih, apalagi kalau udah tau di lokasi tujuan mudik (atau jalan-jalan), barang tersebut mudah ditemui. Contohnya Pampers. Zaman Langit masih pake ini, gue jarang bawa banyak. Paling banter 4-5 buat sepanjang jalan. Camilan paling bawa yang ngenyangin, macam roti/ cornflake buat di jalan. Antisipasi kalau-kalau Langit lapar tapi kami masih di tengah hutan :D kalo emak babenye kan udah biasa nahan lapar :p oh, kalo Igun itu nyetir seharian 'obat kuat'nya cuma teh dalam kemasan dan rokok. Walo dia nggak pernah merokok dalam mobil, jadi kalo udah ngantuk banget, minggir sekalian lurusin kaki dan merokok.

Untuk mainan, gue pernah tulis di Mommies Daily. Yang wajib gue bawa cuma buku cerita, scribbler, dan boneka. Sisanya, mengandalkan kreativitas mamaknya ini, tebakan awan, foto-foto, nonton video, dan seterusnya.

Makanya packingan gue maksimal untuk mudik road trip ya cuma koper cabin size, 1 tas ransel Igun (dia lagi, ke Jepang 3 minggu aja bawaannya cuma 1 tas ransel) dan 1 diaper bag. Tambahannya paling bantal-bantal dan selimut ekstra tebal buat tidur di mobil.

Kegiatan favorit kalo mudik: Mandi di Sungai!
Kegiatan wajibnya: Mandi di Pantai!

Nah, udah H minus berapa lebaran, nih?
Kalo ada yang nanya gue mudik apa enggak, jawabannya masih.. "Tunggu tanggal mainnya". Hihi..

Yang mudik, hati-hati di jalan, ya. Kalau bawa mobil sendiri, pas capek/ ngantuk mendingan minggir. Istirahat sebentaran, daripada kenapa-kenapa (knock-knock on the wood).

Have a nice trip. Salam untuk keluarga ya :)

*Isi tulisan ini dibuat berdasarkan kerjasama dengan Vicks Indonesia

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

No comments:

Post a Comment