Aku Menamainya Langit



“Kok namanya Langit sih?”
“Bagus banget namanya..”
“Kasihan amat nama anaknya Langit”


Yap, beribu komentar  yang gue terima pas gue namain anak gue, Langit. Lengkapnya, Langit Kilau Pelangi.

Bahkan Langit sendiri juga bertanya-tanya, kenapa dinamain Langit. Kenapa nggak Tasya, Farah, atau nama-nama ‘cantik’ dan umum lainnya?

Sebelum gue menjawab pertanyaan Langit, gue kasih alasan di balik penamaan Langit ya.

Dari kecil gue suka menatap langit. Serius. Salah satu rumah masa kecil gue ada lantai atas yang hanya untuk menjemur pakaian, dan ruangan itu langsung nyambung ke genteng rumah. Kegiatan favorit gue dulu adalah tiduran di genteng sambil menatap langit. Sok romantis? Nggak tau juga.  Yang pasti gue suka liatin langit baik malam atau siang dan bahkan senja. Rasannya damai aja gitu. Kayanya indah, tapi menyimpan berjuta misteri. Aish!

Selanjutnya, waktu hamil, gue emang mau pilih nama yang artinya ya kata itu sendiri. Maksudnya bukan lantas pengin namain anak dengan nama Langit lalu gue pilih ‘Sky’ atau langit dalam bahasa lain. Langit ya Langit.

Kemudian, gue ini puitis lho deep down inside (puitis kok ngaku-ngaku). Dan kepuitisan gue biasanya dituangkan alam sebagai perwakilannya. Nah, bapaknya Langit itu pecinta alam. Jadi kami sepakat untuk memilih benda yang ada di semesta untuk nama anak. Pilihan terakhir, Langit atau Bumi. Kebetulan salah satu sahabat gue yang anaknya udah gede adalah Bumi. Nggak mau samaan, jadi gue pilih Langit.

Untuk nama panjangnya, Igun membebaskan gue yang pilih, syarat dia hanya satu; Langit harus ada di depan sehingga jadi nama panggilan.

Memilh nama anak itu susah-susah gampang. Waktu belum punya anak, suka ngarang nama anak sendiri kayanya gampang ya. Nah begitu anaknya mau beneran ada, takut salah bok! Bayangin namanya bakal kepake seumur hidup. Jangan sampe nyesel atau anaknya protes kan.

Dari berbagai alternative, akhirnya gue sendiri menjatuhkan pilihan pada Langit Kilau Pelangi.
Ada arti filosofis (ceile) di balik pemilihan nama itu.

Gue sama Igun punya latar belakang yang berbeda. Gue anak kota, Igun anak gunung. Tapi secara harfiah, ada langit di atas kepala kita yang sama. Secara puitis, ada Langit yang menyatukan kami.

Iya kira-kira begitu arti lebih jauhnya dari pemilihan nama Langit.

Lalu bagaimana gue menjawab pertanyaan Langit tentang kenapa dia dinamain Langit?

Jawabnya: “Karena kalau ibu kangen sama kamu saat kita lagi nggak bareng-bareng, ibu tinggal ngeliat ke langit aja”


Gitu aja. Simple kan?

Btw, blogpost ini dibuat atas permintaan mbak @ririnrubyanandan. Kalau manteman ada ide atau request bikin blogpost tema tertentu, boleh lho! Dengan senang hati nanti akan gue tulis :)

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

29 comments:

  1. aku pertama kali tau nama lengkap nya langit langsung suka, sekarang tau alasannya jadi makin suka.. yg aku salut emaknya kok hebat ya bisa kepikiran nama itu buat langit :)

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau nama lengkap Langit. Cantik seperti pemilik namanya.. ��

    ReplyDelete
  3. Nama yang cantik. Aku suka nama-nama kayak Langit, Senja, Kirana, Rembulan, Mentari, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa... aku juga suka sama nama2 demikian :)

      Delete
  4. kereeeennnn mba lita!!! selalu menjadi langit sebagai atap yang berguna bagi semua, selalu berkilau dikeluarga dan menjadi pelangi yang indah dan sedap dipandang...kiss buat langit ah ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiish, dikomen sama Mbak Tina lhooo blog aku ;* makasih mbaaak udh mampir sini :*

      Delete
  5. namanya bagus dan gak beribet, sukak! tapi jujur awalnya dulu aq kira anak mba llita cowok, eh ternyata cewek #maafkeun.
    mba request tulisan ttg kerja di dunia kreatif dong, kerjanya kayak gimana sih, bla bla... masih awam dan ngawang soalnya, trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. iya, nama Langit emang terkesan macho ya?

      Siap, nanti aku coba tulis yaaaa requestnya :)

      Delete
  6. baru tau nama lengkapnya langit mbaaa.. :D
    bagus! dan simple banget jawabannya ke langit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih, semoga jadi doa yg baik yaak :)

      Delete
  7. bagus nama lengkapnya langit.
    daaaan ada l.i.t.a di l.a.n.g.i.t ;)

    ReplyDelete
  8. Namanya bagus mbak.. aku suka waktu tau pertama kali nama anaknya langit. 😊

    ReplyDelete
  9. Namanya cantik kayak yg punya nama :)

    ReplyDelete
  10. awalnya gue juga bertanya knp dinamai langit, setelah baca postingan ini jadi paham... and thats sweeeeeeeeeeeet as sugar :*

    ReplyDelete
  11. Mba Langit usianya berapa? Menginspirasi banget namanya.. Aku mau tulis di majalah ya mba :)

    ReplyDelete
  12. Wah namanya sama hihihi cuman beda tanpa kata imbuhan :) Namanya bagus banget mbak, pasti gede banyak yg muji namanya like people around me always did :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, nama kamu lucu keren bangeeet!

      Delete
  13. Lucu banget namanya <3 Nama pemberian orangtua pasti artinya baik, ya :)) Aku waktu kecil pernah mengkhayal kalau punya anak dikasih nama Lucy Sky Diamond, wkwkwkw...

    ReplyDelete