FitFriday: TRX



Bukan, bukan sejenis dinosaurus atau temannya T-Rex.
Pertama kali gue kenalan sama TRX ini tahun 2013 kalo nggak salah. Jadi waktu itu ada MBC (master boot camp) di kantor. Sebagai anak yang nggak bisa diem, gue ikutan dong :D

Pertama TRX itu apa sih?

TRX is a full-body strength workout that utilizes a person's own body weight instead of relying on machines or dumbbells. It's good for endurance athletes, power lifters, and fitness newbies alike. – popsugar.com


Jadi intinya sih, TRX ini olahraga yang menggunakan tali gitu. Olahraganya sendiri memaksimalkan pada berat badan masing-masing orang. Kalo gue sering menjelaskannya ke orang sih, “Model kaya pilates tapi pake tali dah”, haha.


TRX ini lebih untuk membangun otot, jadi strength training. Kalo kalian ada yang lagi pengin bikin otot, TRX bisa jadi pilihan nih. Gerakan-gerakannya selalu kelihatan simpek, tapi pas melakukan....... yasalam! Lumayan!!

Setelah dari perkenalan perdana gue sama TRX beberapa waktu lalu, gue belakangan ini ikuta TRX lagi di sebuah studio di Tebet. Nama tempatnya, yang punya juga nggak tau. LOL. Akhirnya gue kasih nama sendiri buat check in “Studio TRX Tebet”.

Studio TRX Tebet ini lokasinya di Tebet *yaiyalah*. Tepatnya di Jl. Tebet Raya, persis di sebelahnya Sushi Miyabi. Dia lokasinya di atasnya Mie Yogya. Gampang kok carinya. Kalo dari arah Tebet Utara yang banyak distro itu, tinggal belok kanan, ntar ga jauh dari situ ada Sushi Miyabi, nah dia di sebelahnya.

 Studionya sih nggak gede, maksimal banget muat buat ber-4. Makanya mereka ini nggak ada jadwal latihan. Kalau mau latihan, ya booking langsung ke studionya atau kalau bisa janjian sama trainernya. Selama ini gue latihan sama Mas Erwin, namanya. Orangnya sangat menyenangkan, helpful. Terutama untuk urusan foto-foto. Haha.

O, iya, awalnya latihan di sini juga gara-gara kakak gue yang penasaran abis. Dia bujuk-bujukin gue untuk ikut TRX, ya gue mau. Secara anaknya mauan. Dia juga yang bikin janji jadwal sama Mas Erwin, jadi gue tinggal bawa badan.

Kiat buat yang mau TRX:

  • Jangan lupa pake baju olahraga (yaiyalah) yang nyaman. Yang keren juga boleh biar termotivasi pas lihat bayangan di kaca yang mengelilingi ruangan ini.
  • Pake sepatu olahraga is a must! Konon ada beberapa orang yang suka ngeyel nggak mau pake sepatu. Mungkin menganggap TRX ini model yoga atau pilates ya? Padahal TRX juga ada cardio-nya, nah kalau kaki nggak di-support dengan alas yang tepat ntar yang ada sendi-sendinya nyeri lho.
  • TRX ini kan manfaat utamanya membentuk otot, kalo kata Mas Erwin sih membentuk ototnya bagian dalam. Buat yang mau bikin perut sixpack atau bentuk otot lengan, tepat banget nih.
Posisi pertama plank, lalu angkat pinggul setinggi mungkin. Voila!
  • Nyeremin nggak sih TRX? Nggak kok! Latihannya menyenangkan. 1 sesi hanya 45 menit diawali dengan stretching 5-10 menit, latihan, lalu ditutup dengan cooling down. Banyak gerakan-gerakan yang mengadaptasi gerakan pilates atau yoga, tapi ya dengan bantuan tali. Kadang kaki kita digantungin di tali saat plank atau sit up kadang tangan di tali untuk jadi tumpuan berat badan.
  • Setelah TRX badan pada sakit nggak? Ya pasti lah. Namanya juga otot lo bekerja. Kalo ahli fitness atau yang ngerti olahraga-olahragaan gitu bialngnya 'Delayed Onset Muscle Soreness' alias DOMS. Ini disebabkan karena ada robekan yang sangat kecil pada serat-serat otot yang nggak fleksibel, otot pasif, atau otot yang nggak pernah dilatihkarena banyak 'nganggur'-nya.
Overall, gue suka banget sama TRX. Olahraganya cukup dinamis dan macho gitu, nggak kaya yoga atau pilates yang sering dipandang olahraganya kaum hawa (padahal sih kaga, laki juga bagus kok ikut pilates atau yoga). 

Tuh lihat pengarah gaya slash trainer-nya senyam senyum bak pemotretan :p

Apalagi TRX ini juga photogenic, alias bagus buat difoto dan dipamerin (eh di-share) ke sosmed. LOL.

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

14 comments:

  1. sering liat daerah situ tapi nga ngeh sama si TRX ini....
    sepertinya layak dicoba.

    ReplyDelete
  2. hahaha alasan ak ikut TRX krn macho ituuu.... *slaahfokus* giliran mau nyoba kixboxing eh udah ada si adeknya raya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik2 yaaa.. kehamilannya, semoga lancar :)

      Delete
  3. Hai mbak, kalo boleh ada nmr contact si TRX Studio ga? Aku pingin jadinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, boleh.. Aku biasanya langsung kontak trainernya buat janjian Di 0812-3190-5654 yaaa

      Delete
  4. Mbak Lita, aku juga sering liat si TRX tebet ini kalau naik ojeg ke kantor, tapi ga pernah nemu info-infonya nih..
    boleh tau price rangenya ga mbak?

    makasih dan salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Per datang 75ribu, kalo mau langsung sebulan 500ribu untuk 8x sesi. Semangat!

      Delete
    2. makasih info nya mbak Lita :)
      semoga bisa rajin olahraga kayak mbak Lita.. sadar diri kurang gerak banget ini.. :D

      Delete
    3. Sama2, sapa tau kita bisa barengan :)

      Delete
  5. Mba Lita, msh ikutan TRX smp skg? Kalo lsg ambil yg bulanan, apa ada batasan maks.kedatangan mba?

    Thanks sebelumnya, mba. :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masihm tapi belum berlangganan nih, masih cari2 waktu yang sesuai supaya nggak rugi #IbuBijak

      Kalau bayar langsung sebulan, itu untuk 8 sesi. Yuk mari segeraaaaa...

      Delete