Anak Gue Nggak Boleh Main Barbie..!



“..atau princess, dan semacamnya!”

Itu dulu tekad gue sejak hamil. Bahkan, barang-barang untuk Langit itu gue beliin nggak ada yang warna pink atau bergambar karakter cewe. Semuanya unisex!

Alasan pertama sih, karena waktu hamil kan gue belum tau anak gue apa :D Walaupun waktu USG dokter Ifsal (si dokter baik hati hasil rekomendasi suster Hermina – ntar gue ceritain terpisah deh) udah bilang kalo anak gue cewek, ya. Tapi entah kenapa kok feeling gue kuatnya kalo anak gue laki ya? :D

Pas anaknya udah lahir, dan cewek, makin bulet deh niat nggak mau ngenalin ke hal-hal yang keperempuan-perempuanan. Kenapa? Karena ya gue nggak mau anak gue jadi cewek banget. Apalagi Barbie atau princess-princess-an itu ya.. duh nggak deh!

Kenapa sih, Lit?
 Jadi pas kuliah, gue ngambil skripsi yang bahasannya pake studi perempuan. Di sana gue banyak baca mengenai feminism dan kawann-kawannya. Salah satu yang nyangkut adalah bagaimana anak perempuan dan laki-laki sejak kecil aja udah dipisahkan dari segi mainan. Anak perempuan disediain mainannya yang serba melayani. Boneka-bonekaan, masak-masakan, peralatan rumah tangga, dsb. Sementara laki dikasih mainan yang memiliki visi besar kaya building block, mobil-mobilan super keren, dsb. Jadi sejak dini mereka udah dikondisikan akan perannya nanti ketika mereka dewasa.

Ga terima dong, gue! Gue maunya anak gue jadi perempuan yang kuat, berani, dan punya visi besar dalam hidupnya (nggak lupa juga punya empati terhadap sesama, punya social skill yang tinggi, kreatif, pandai berargumen, punya rasa ingin tau, kritis, dan seterusnya ) banyak ya boook, hahaha!
Gue pun beliin Langit mainan unisex. Building block, boneka bentuk binatang, puzzle, menggambar, dsb. Karakter yang dia kenal sejak kecil itu Barney dan tokoh-tokoh di Jalan Sesama (versi Indonesianya Sesame Street). Aman lah, hidup gue!



Lalu, di ulangtahun dia yang ke-4, Langit ditanya mau kado apa, sama salah satu sepupu. Dia jawabnya, “Barbie”.

I was like WHAT?!!

Saat itu kan dia udah di TKA, melihat anak-anak cewek sekelilingnya pada main Barbie kali ya, dan banyak kado/ barang yang dia terima ada karakter Barbie-nya bikin dia jadi ‘kenal’ sama Barbie. Gue bilang sama sepupu, Barbie-Barbie-an aja. Nggak usah yang asli. Sayang, paling bosen.

Bener aja. Nasib si Barbie KW itu hanya sekian minggu sebelum akhirnya jadi korban mutilasi :p

Fast forward, anaknya kakak gue, Nadira, kan emang girlie banget. Dia udah kenal Barbie dari umur 3 tahun (nah baru nyadar, Nadira punya Barbie 3 tahun, berarti pas Langit 4 tahun. So Nadira is an influencer, hihihi). Secara mereka berdua ikrib banget, akhirnya Langit pengin juga punya Barbie. Minta beliin Barbie, tapi masih gue abaikan *jahat*. Bukannya apa-apa ya, Barbie itu kan lumayan banget harganya. Kalo dimaininnya gitu-gitu doang atau sebentaran terus dicuekin, sayang toh? Lagian gue juga mau tau ini Langit pengin beneran atau ikut-ikutan alias iri sama Nadira yang punya Barbie?

Nah, sebelum bulan puasa kemarin, Langit bilang, “Bu, aku kan punya celengan, cukup nggak kalau untuk beli Barbie?”, hehehe. Kesian banget ya, anak gue? Emaknya pelit bener.

Gue bilang, “Cukup, tapi belinya nanti 2 hari sebelum lebaran ya, kalau Langit ikut puasa tapinya”.

Eh, dia setuju. Puasa deh.

Beberapa hari jelang lebaran, Langit punya Barbie baru. Dia pilih yang seri lama, Barbie seri Royal Charm School yang Blair. Ini soalnya dia punya DVD-nya, jadi kenal sama si Barbie.

Habis itu, tau-tau cepet banget beranak pinaknya. Barbie Langit sekarang udah ada 5! *sigh*

Tentang perkembangannya jadi girlie apa nggak, ternyata itu hanya asumsi gue.


Kalo mau flashback, gue yang sekarang kaya laki ini dulunya pas kecil main Barbie juga kok. Punya beberapa koleksi Barbie dan gue tetap tumbuh jadi perempuan yang jauh dari kata girlie, nggak kepengin punya badan se-curvy Barbie, atau rambut blonde.

Kalau kata Mbak Ajeng Raviando, Psi pas gue datang ke acara Barbie’s Day Out di Kelapa Gading kemarin, itu semua balik lagi ke konsep diri yang ditanamkan ke anak. Lagian, kadang orangtua udah ketakutan anaknya bakal memandang Barbie seperti apa, padahal kebanyakan anak memandang Barbie ya  sebagai media untuk bermain aja. Sama kaya kalo anak laki main Barbie, ini ada sepupu Langit, Chesta, yang suka main sama Langit dan Nadira. Kalo main bertiga, ya Chesta ikut main Barbie juga. Dan menurut Mbak Ajeng sekali lagi, anak laki main Barbie itu nggak apa-apa kok!
 
Sebelum datang ke Barbie’s Day Out, gue nonton video ini:

Menurut gue videonya kena banget. Padahal anak mainin Barbie-nya jadi superhero, astronot, bahkan monster, nggak hanya jadi sosok perempuan cantik dengan body menarik. Yang penting ketika main Barbie (atau apapun) sama anak, kita dampingi. Jangan mengarahkan. Yang tau si Barbie ini cewek cantik dengan body menarik siapa? Kan kita yang dewasa. Anak laki main Barbie nanti punya bayangan jorok atau malah jadi keperempuan-perempuanan? Ah, nggak juga.
Kitanya aja kadang suka lebay mikirnya.

Eh, tapi ketika jadi orangtua, lebay is our middle name, bukan? :D

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

12 comments:

  1. Aku juga sampe sekarang selalu menghindar kalo anak gadis minta segala sesuatu berhubungan dengan Barbie.. ha! Tapi gak anti-anti banget sih, jadi kalo ada yang ngasih dia barang berbau ke-barbie-an :p ya terima aja...... Paling nanti mau diarahin ngikut ekskul taekwondo, biar lebih sporty dan bisa bekal untuk pertahanan diri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aku juga kalo barang/ baju/ printilan, nggak deh yaaa... :))

      Delete
  2. aku gak pernah beli barbie mbak oops ya iyalah anakku cowo semua. Jadi inget waktu hamil anak pertama dari awal sampai akhir di USG perempuan tapi aku yakin laki2, sampai gak punya stok nama anak perempuan. Allhamdulillah lahirnya laki2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaaa, dari awal sampe akhir USG cewek ga taunya cowok? Untung ga beli perabotan bayi perempuan ya mbak :)

      Delete
  3. Pas baca tentang ini kemaren kayak kaget gitu ba. I was like "really?", eh pas diterusin bacanya ternyata emang bener juga. Meskipun ga beliin barbie, tapi sekarang mulai ngajak main boneka-bonekaan dengan cerita yang seru-seru dan anaknya suka. Berencana mau beliin boneka buat main cerita setelah ini. Makasih materinya Mba Lita,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boneka binatang kali ya yang pas buat anak laki2, atau ada tuh di ELC yang serial Happy Land :)

      Delete
  4. Mbaaak. Langit makin gede makin cantik yaa. Rambutnya bagus ih ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiih, makasiiih.. mudah2an sampe gede rambutnya masih eksis, nggak kaya emaknya yang bak singa baru bangun tidur udah lama nggak di-creambath dan blow :)))

      Delete
  5. Suami ku yang ga suka anaknya main boneka, cuma rejeki ga kemana Naeema selalu dapat hadiah boneka. Ada aja yang ngasih mainan termasuk barbie.....Kalau mau mainan juga dia diharuskan usaha dulu (nabung, atau melakukan sesuatu untuk mendapatkan itu).

    Dan toss mak lita...main barbie ternyata tidak membuat gw jadi lebih girlie...hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kaaaan.. hahaha.. kayanya masalah girlie atau nggak emang dari sononya yaaak...

      Delete
  6. salam kenal mba Lita :)
    aihh Langit lucu bangeeet, udah mirip barbie kok cute gitu anaknya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jugaaaa!
      Aih kalo Langit kaya Barbie, Barbie-nya berpipi tembem dong hahaha *maap ya nak*

      Delete