Jangan Panggil Aku 'Sis'

Hahaha..

Maap ya teman online sejagad raya. Tapi beneran deh, gue ngerasa janggal aja kalo dipanggil sis. Gue agak bingung, asal muasal atau yang menciptakan panggilan sis di dunia maya itu siapa ya, pertama kali?

Gue ga terlalu sering belanja online. Yah ada lah lumayan beberapa kali belanja di onlineshop. Lalu disapa penjualnya 'sis', kalo udah gini gue suka sengaja balas email, sms, line atau apalah dari mereka dengan menyebut 'mbak'. Kadang ada yang paham dan mengubah panggilan ke gue jadi 'mbak' atau 'kak', ada juga yang kekeuh manggil sis. Haha..

Bicara sapaan dari orang lain emang kadang lucu buat dibahas..

- bunda
Ini biasanya dipake sama SPG di supermarket. Apalagi SPG susu. Udahlah gue sebel dipanggil 'bunda' sama orang yang usianya nggak pantes manggil gue bunda, nawarinnya susu bubuk pulak! Jadi subyektif kan? Haha.

- ibu
Nah, kalau ini, gue emang dari dulu cita-cita dipanggil ibu sama anak gue. Bahkan jauh sebelum jadi ibu, anaknya sahabat gue si Lia, manggil gue dengan sebutan 'Ibu Ita'. Dan sama keponakan sekarang, gue lebih prefer dipanggil Ibu Ita juga.

Kalau sama mbak-mbak, tukang ojek, angkot, dst gue tapi suka kesel dipanggil ibu. Ya semacam in denial deh. LOL.



- kakak
"Giordanonya kakaaaak..."
Panggilan ini emang jadi khas penjual juga ya. Tapi ini jelas, awalnya dari offline. Yang gue inget awalnya ya di adek-adek sejuta kakak di Giordano. Terus ke mbak-mbak ITC. Terus ke online, sampe-sampe di Instagram ada hashtag #jualankaka yang isinya dagangan. Haha!

- Tante
Ini biasanya sama pengamen di angkot yang usianya ABG gitu, deh. Gue masih fine lah ya. Tapi pernah suatu kali kesel dipanggil tante sama.... Penjaga distro! Iiih siyal, emang gue seumuran emaknya dia apa?

Terus gue bahas dong, "umur kamu berapa sih, kok panggil saya tante? Paling jauh juga beda umur kita 10 tahun", yang mana abis ngomong gitu gue ngebatin "hanyeeeng gue tua!". Soalnya distro itu kan booming-nya pas gue awal-awal kerja ya, jadi banyak lah teman yang sambil kuliah pada buka atau jaga distro. Nah, gue berasanha ya segitu aja umurnya. Kamfret, tengsin. Hahahaha...

- Mbak
Nah, ini panggilan tersopan menurut gue. Dengan siapapun kalo ga tau asal usul latar belakang usia, dan demi sopan santun gue pasti manggil pake mbak. Gue juga lebih senang dipanggil ini. Kecuali kalo umur cuma beda 2-3 tahun terus lingkaran pertemanan sama dan dia manggil orang lain yang seumur gue cuma nama sementara ke gue mbak, baru dah murka. LOL.

O, ya, kalo sama tukang ojej, angkot atau tukang parkir dipanggil mbak biasanya gue lebihin bayarnya. LOL.

- Min
Nah, ini kalo lagi jadi mimin di akun sebelah. Hahaha.. asli gue kesel! Dulu kan nggak ada ya yang akun beradmin itu dipanggil mimin, ini tau-tau sekarang semuaaaaaa akun beradmin minta dipanggil 'min' atau punya sebutan masing-masing.
Mommies Daily dari dulu nggak minta dipanggil apaan aja sih. Palingan ada yang menyapa Mom, masih oke lah. Sesuai konteks. Kalo ada yang nyapa 'min' apalagi nanyain kuis, rasanya pengen acak-acak timeline! LOL.

- Gan
Yang ini kan panggilan khas sebuah forum, ya. Di mana juragan jadi sapaan khasnya.
Pernah suatu kali gue transaksi di forum tersebut, jadi perantara buat Igun sebenernya. Terus dipanggil "Gan" sama yang punya barang. Padahal gue bolak balik nyebut dia 'mas'. Sampe akhirnya gue nyebutin nama dan alamat pengiriman (yang mana itu nama gue), dia tetap manggil gue 'gan' lhooooo *jitak*

What about you? Ada panggilan yang lo suka atau lo sebelin?

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

17 comments:

  1. haiii bunda litaa... salam kenaal.... (hahahahha...)
    silakan ke Thamcit maka semua pramuniaganya manggil: BUNDA...
    Benciiik akuu benciikk... akukan mukanya masih abege bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. =))))

      *ngakak guling-guling*

      Siyaaal... salam kenal juga Sis Yuni :p

      Delete
  2. Beib...ada beberapa OS yang suka manggil BEIB..aku benci benci dipanggil beib..berasa kayak dipanggil mantan..#eh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaaaaaa #kemudiancurhat silakan kakaaaak... Hahaha!

      Delete
  3. bwahahaha mbaknyaaa nih lucu banget deeeh... kalau aku juga prefer dipanggil "mbak" aja walo bukan berarti identik dengan usia yang lebih tua.. kalau di kantor, dulu sebelum nikah ada yg manggil "ibu" kayaknya aneh, tapi skarang berhubung uda punya anak jadi yaa pasrah dgn sebutan "ibu" walo tetep prefer "mbak" :D...

    Kalau buat becandaan sesama temen sih apapun jadilah sis, jeung, mak, mom, seus, bok, cing... hajar bleeeh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih mamak juga yaaa sekarang marak dan membuat akrab! LOL.

      Delete
  4. Mbak Lita (biasanya manggil Neng Lita :D),
    Mau ngasih daftar tambahan panggilan..
    - Neng, saya biasanya disapa neng kalo lagi ke pasar pas mudik ke Sumedang. Biasanya juga dipanggil Ceu (kalo dipanggil ceu, entah kenapa saya berasa tuaaa banget) atau Teh...
    - Jeng, pernah dipanggil jeng waktu order di OLS. Waduh, rasanya kumaha gitu pas dipanggil jeng. Btw, temen SD saya dulu manggil adiknya jeng lho karena dia keturuan kraton :D.
    Kalo saya pribadi juga lebih nyaman dipanggil mbak sih, mungkin karena orang Jawa, hehehe.
    O, iya ada juga say... Pernah liat di Path beberapa waktu lalu ada yang posting, kalo dipanggil say kudu dipastiin, nemeran maksudnya sayang dan bukan saython :D

    Banyak banget ya komentarnya, maafkeun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeeh neng evi, hihihi!
      Ada satu tante yang seneng banget kalo main ke rumah lama masa kecilnya. Pas gue tanya kenapa, alasannya karena di sana orang2 masih manggil dia 'neng'. Hahahaha...

      Delete
  5. yah kayaknya udah pada tau lah ya, gw sering kali dipanggil Bunda.
    Apalagi sejak gw berjilbab. No offense ya. Hahaha...

    kalo gw lagi berdiri depan rak susu di Carefour, It's OK lah kalo dipanggil Bunda.
    Tapi kalo gw masuk KFC Sendirian, " mau pesen apa Bunda ? "
    rasanya pengen masukin tuh kasir ke dalam penggorengan ayam Ke-ef-ci nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi bnr ndah, berkerudung itu emang bikin penampilan jd lbh dewasa. Atau mgkn pandangan orang masih yang 'yang pake jilbab berarti udah dewasa' ya.

      Hahaha iya jg, ya, kalo lagi sama anak emang lbh legowo pas ada yg nyapa bunda, hihi..

      Delete
  6. Awal taun 2000an, semua orang di ITC sayang padaku. Boleh say, jins-nyaa... belom dapet kalo harga segitu, say... warna lain aja, say... *kepruk*

    Kalo sama temen2 yang tersayang beneran, semakin gak sopan dan jorok panggilannya, berarti semakin sayang. Misalnya "ketemuan dong nyet!" atau "eh setan, ntar gue nebeng ya sampe pancoran"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyahahaha... Aku tak percaya sama orang yang manggil orang lain 'say', dunno why, hahaha..

      Dan panggilan kasar itu iya bangeeettt... Cuma bs sm sahabat yak, gue saling manggil 'cyun' sama sahabat gue kependekan dr pecun, hahaha... Nyet, setan, til, hohoho..

      Delete
    2. "Aku tak percaya sama orang yang manggil orang lain 'say', dunno why, hahaha.."

      Sama sih Mba, kalo buat aku 'say' itu agak terkesan 'palsu'. Sorry to say, klo di mata aku sih begitu hahahaahha :D

      Delete
    3. Masa sih, saaaay? :p

      Hahaha, nah ternyata aku nggak sendiri yaa :D

      Delete
  7. Hmm....Aku masih kecil, kupanggil bunda boleh?
    Aku pernah tuh, dipanggil 'kak' atau 'mbak' sama orang yang kira-kira 4 tahun lebih tua! Rasanya... #jleb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, tenang, pada saatnya nanti kamu akan sebel setengah mati dipanggil kak bahkan sama yang lebih muda. LOL!

      Delete
  8. Hi mbak Lita...
    Sy lagi nyari2 artikel tentang ketidaknyamanan dipanggil "Say" lalu nemu ini.
    Sounds like a big deal deh orang2 ngegosipin gegara aku gak mau dipanggil Say.
    Any tips?

    ReplyDelete