Terjadi Lagi..

Baru 3 mingguan yang lalu, gue ga tidur 2 malam berturut-turut. Dan kejadian lagi di long weekend kali ini.

Sabtu
Langit masih cerah ceria. Siang kami bikin puding bareng, sore main-main sama tetangga-tetangga.
Abis maghrib, ke rumah Bianca, Igun syuting di sana. Langit minta ikut, Igun juga minta gue ikut karena gue yang kenal.
Menjelang selesai syuting, Langit ngantuk minta pangku. Emang, semalam dia tidur agak telat dan bangun kepagian. Gue pegang tangannya agak anget, mungkin kecapean, pikir gue. Karena biasanya dia gitu kalo capek tangannya panas.
Sampe rumah langsung tidur.
Setelah Langit tidur, gue baru bebersih. Terus pas mau tidur, nengok ke kamar Langit dulu untuk cek suhu badannya. 39,2. Langit kebangun. Gue minumin Tempra. Gue temenin dulu, sampe jam 00.30 ga tidur-tidur juga bocah. Pindah ke kanar gue, ga tidur juga. Pindah lagi ke kamar dia, sama aja. Teruuuuus sampe adzan subuh. Gue pikir bakal tidur abis subuh, nggak juga.
Sampe jam 7, 8, 9, akhirnya keluar kamar untuk ajak makan. Abis makan mandi, terus dia tidur jam 11 di depan tv.
Gue siap-siap karena ada sharing session sama New Parent Academy jam 1.30. Abis zuhur, pas mau jalan, Langit bangun. Marti panik karena Langit badannya menggigil. Gue deketin, matanya terbuka tapi ga lihat ke gue. Gue panggil, nggak nyaut. Gue tepuk pipinya, nggak nyaut. Noleh pun nggak. Matanya lurus ke depan. Kosong.
Ya Allah.. :((



Sampe satu titik bisa komunikasi, dia minta ke kamar. Pas gue gendong, dia nangis jejeritan. Badannya kaku, menggigil. Air mata gue udah bercucuran, sambil bisikin aneka surat dan doa yang gue bisa saat itu. Langit  pelan-pelan mau ikutin gue mulai istighfar sampai asma Allah. *duh mewek lagi*

Gue minta Marti telp nyokap. Pas nelp, pas Langit lagi jerit-jerit, "takuuut...takuuut", ya Allah ya Robbi... Lemes banget rasanya. Udah ga sehat akal pikiran gue rasanya saat itu.

Nyokap langsung ngacir, bokap bahkan belum mandi, ngebut naik motor ke rumah.

Gue cuma berusaha bikin kontak sama Langit supaya dia sadar. Ajak ngobrol, bacain aneka surat dan doa, ayat kursi, segalanya deh. Alhamdulillah Langit tenang pas nyokap sampe.

Kakak gue dan Nadira juga langsung datang pas dengar hal ini. At this moment, gue merasa amat sangat bersyukur punya keluarga yang luar biasa suportif. Ga kebayang kalo gue hidup dengan keluarga yang serba cuek atau hubungannya ga bagus, gue bakal jadi apa coba?

Sisa hari itu berlalu dengan normal. Langit masih lemas, tapi suhu badannya berangsur normal. Syukurlah..

Pas rumah udah sepi, gue ajak Langit tidur. Sekitar abis isya. Jam 8, 9, sampe 22.30 dia ga tidur juga. Byangin, malam sebelumnya dia ga tidur lho. Campur aduk, antara kesal, marah, kesian...

Minggu
Jam 12 malam, 1, 2 pagi.. Ga tidur juga. Akhirnya diajak turun sama Igun. Siapa tau di depan tv mau tidur. Karena selama di kamar, baik kamar dia atau kamar gue selalu pas merem dia kaya ketakutan.
"apa itu di belakang ibu?"
"takut, takut.."
Atau simply, matanya kebuka lagi kaya ada yang ngagetin.

Gue teler. Kayanya dibawa turun sekitar jam 2.30. Rasanya baru aja sebentar diajak turun, tau-tau suara Langit nangis jerit kuenceng, lompat gue dari kamar ke bawah! Langit lagi nangis ketakutan, badan menggigil, seperti sebelumnya dipeluk bapaknya. Dengkul gue lemes, langsung gue peluk, ajak istighfar, bacain surat dan ayat, biar tenang, langit terisak-isak sambil peluk kenceng banget. Ya Allah...

Ternyata baru jam 4.30. Setelah itu, dia nggak juga tidur. Jam 10 nyokap ajak ke nenek tukang urut, gue hayo aja.

Kenapa ga ke dokter, Lit?
Panasnya udah turun di hari ke-2. Ke dokter juga gue ragu akan dapat diagnosa yang tepat. Memang tadinya gue mau ajak ke dokter kalau sampe Senin panasnya masih di atas 38. Tapi alhamdulillah nggak.
Lalu, gue hanya tinggal bermasalah sama tidurnya. Kenapa dia nggak mau tidur? Theres must be something wrong. Gue rasa bakal ada penjelasan medis. Tapi di sisi lain, gue inget banget di awal gue punya Langit beliau pernah bilang, "kalo kamu punya anak, mau ga mau kamu jadi percaya de, sama ginian". Maksudnya ginian, ya hal-hal yang tak kasat mata.
Terakhir, gue menghargai nyokap bokap. Gue percaya ini juga salah satu bentuk, apa ya namanya, berusaha? Mereka yang cariin rumah dan rujukan tukang urut yang bisa dipercaya, kenapa gue harus menolak dan bikin mereka kecewa? Toh, ga ada salahnya mencoba kan? Iti aja yang ada di pikiran gue.

Gue juga sambil ngomong dalam hati, kalau memang masih ga berubah, gue baru ke dokter.

Senin
Balik dari nenek urut, Langit tidur di mobil. Sampe rumah sekitar jam 12, masih tidur. Bangun jam 2.30, sambil senyam senyum. That was her best smile ive ever seen, rasanya. Ditawari makan, mau. Alhamdulillah.
Habis maghrib gue sodori telor ayam kampung, mau. Katanya, "kalo makan ini aku sehat? Kalo iya, aku mau. Besok mau sekolah". Habis makan, gue ajak ke kamar, baca buku, lalu tidur.

Ya, alhamdulillah sekarang anaknya lagi tidur dengan tenang. Mohon doanya, supaya nggak terulang lagi, ya.. Amin.

Btw, apa ini berkat nenek tukang urut? Gue ga berani bilang iya, atau bilang nggak. Apapun yang terjadi pasti karena kehendak-Nya. Saat ini, gue cuma banyak-banyak bersyukur karena sudah diberikan ketenangan lagi.

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

16 comments:

  1. Neng Lita, semoga Langit sehat2 terus ya. Kebayang gimana rasanya, dulu saya juga pernah ngalamin. Udah mo telpon ambulan aja berhubung di rantau, tengah malam mo minta tolong temen juga pada jauh.... Btw, Langit dan keluarga Neng Lita ato suami pernah punya pengalaman step nggak? Kadang kalo kecapean memang gitu ya. Kami sekeluarga juga mengandalkan urut dan kerokan, amat sangat bikin relax dan membantu cepat pulih, hehehe. Saya percaya, Allah membantu kita dari pintu manapun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo step ga ada riwayat sih, sepertinya. Hihi, iya, aku juga #timkerokan :p

      Amin, terimakasih atas doanya. Semoga mbak evita jg sehat selalu ya, mana jadi anak rantau pula..

      Delete
    2. aamiin... btw, neng Lita teh temennya Nisa ketupatkartini ya, wah.. what a small world, dulu saya teh kuliah sama Nisa, selisih angkatan tapi... Wah, ternyata neng Lita yang hitz ini, 2nd degree aku ;)

      Delete
  2. mba lita, ak mau nangis bacanya :( semoga langit ngga ky gitu lg ya mba,aamin2. *peluk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ninta, amiiin.. Makasih yaaaa.. Semoga kita sehat semuanya.

      Delete
  3. hai mba lita..salam kenal ya., aku Nisa.
    semoga Langit baik2 aja ya mbaa. btw, mau sedikit sharing kalo dulu anakku juga pernah ngalamin kejadian serupa.

    mulai malem gitu mendadak nangis2, tapi kaya nangis ketakutan..terus matanya kaya liat kemana-mana gitu, terus badannya juga kaya mengejang tapi bukan kejang-kejang sih, disusuin juga ga mempan. sampe panik banget. maju mundur mau ke dokter. sampe akhirnya sama bapaknya diajak jalan ke halaman. di bawah agak tenang tuh anaknya. terus balik lagi ke atas. ga lama di dalam rumah nangis lg heboh, kaya ketakutan gitu dan matanya kaya ngikutin sesuatu. akhirnya coba deh ke dokter aja yuk. di parkiran ketemu orang2 kampung belakang. terus ngobrol2. disitu sih katanya ada mba yg emang punya penglihatan lebih gitu ya. katanya sih ada yg ngikutin.

    terus pas banget orang2 itu pada abis pengajian jadinya dikasih lah air doa dan diusap ke muka aja sambil baca2. ya lag i panik dan ga tau kenapa sih manut ajalah ya. abis itu anaknya dibawa balik lg ga jadi ke dokter. eh anteng loh anaknya.

    nahh jadi ya mungkin aja sih ya ada kejadian kaya gitu. dan alhamdulillah cuma sekali aja waktu itu. panikkkk banget soalnyaaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duuuh, sedih banget ya :(
      Mudah2an jangan terulang lagi deh, ya ampuuun, rasanya bener2 bikin dengkul lemeeeesss.....

      Delete
  4. Deba, cepet sembuh ya. Nanti Insya Allah Jumat Mbak Dira ke Galaxy deh. Lagian kan kita mau ke Disneyland Hong Kong *amiinn* :)

    ReplyDelete
  5. cepet sembuh kakak langit...
    lagi musim sakit ya anak-anak jaman sekarang
    anakku juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, semoga anakmu cepet sembuh yaaaaa *berpelukan*

      Delete
  6. masya Allah lit.. kebayang klo gw di posisi lo pasti udah lemes ga karuan deh ngeliat anak menggigil..

    cepet sembuh ya langit cantiikk :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih maaaak... Idem di mari juga dengkul lemeeesss... Hehe..

      Delete
  7. hai mbak..
    mau berbagi doa,bukan mau sok pintar ya,ini juga aq diajarin bosku yg anaknya pernah ngalamin kejadian hampir mirip
    "u'idu ....... bikalimatillahittammati min kulli syaitoni wa hammati min kulli 'ainil lammati"
    artinya :
    aku memohonkan ... perlindungan (kepada Allah) dengan kalimatNya yang sempurna dari gangguan syetan serta tipu daya nya dan dari pandangan mata jahat.
    titik2 diisi nama anak lengkap
    pas baca ini sambil usap mata nya

    smoga tulisanku itu g salah lafal ya soalnya ini contohnya tulisan arab,hehehe doa ini katanya utk "nutup" mata anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, nggak, nggak sok pintar, dong. Aku malah seneng banget dapet ilmu baru. Nanti segera dicatat dan dihapalkan, mudah2an sih nggak kepake ya.. Kalo kepake berarti aku bakal ngalamin hal ini lagi kan, jangan sampeeee.....

      Thanks alot yaaa :)

      Delete
    2. kalo bisa sih ga nunggu kejadian mbak,hehe sering2 aja dibacain,smp dielus2 kpala sampe wajahnya,hehehe aq biasanya kalo mau tidur,mau perjalanan,gitu,,

      Delete