Pilah Pilih

Barusan baca berita ini di Kompas http://megapolitan.kompas.com/read/2014/02/03/0906385/Kisah.miris.Pengungsi.Banjir.Tolak.Nasi.Bungkus.dan.Mi.Instan . Silakan baca link itu dulu,baru baca tulisan gue :D

Opini gue?
Asli gemes. Saat lihat berita tentang musibah, yang terlintas dalam benak pasti kasihan, ingin bantu sebisanya, dan lain-lain. Ada uang seperak dua perak, pasti kita mau kasih. Nggak ada uang? Ya pasti kita usaha berikan yang lain. Pakaian layak pakai, misalnya.

Tapi setelah baca berita itu, jadi males kan? Bayangin aja perasaan warga yang udah bahu membahu ingin bantu pas pengungsi ditawari makan, malah nanya "lauknya apa?" or worse, makannya ga disentuh lalu dibuang.



Kalo masalah baju layak pakai, gue beberapa kali sih lihat pas lewat posko banjir. Baju-baju itu dicuekin aja,ga disentuh. Padahal menurut gue pribadi, itu kan lumayan banget buat ganti-ganti, meskipun bukan baju baru.

Pernah beberapa kali lihat juga pengungsi ya bersikap seolah mereka korban. Ah ya, mereka memang korban banjir, but it doesnt mean they cant do anything kan? Macam masak, relawan. Sampe bebersih pun relawan yang lakuin. Duh, terpujilah kalian wahai relawan :')

Kalau begini, siapa yang salah?
Maap ya, bicara banjir, gue juga sampe SMA pernah kebanjiran kok rumahnya. Dulu malah pas masih kecil, pernah banjir gede banget saat rumah kami di daerah Otista. Dan seinget gue, bokap nyokap bukan tipe yang memosisikan diri sebagai korban. Jadi gue mengemukakan pendapat karena gue juga pernah rasain banjir.

Mungkin masalah mental. Seperti pernah gue tulis juga, banyak orang tinggal secara ilegal di bantaran kali, lahan pemerintah, dst. Terus, nggak mau digusur. Kalo dipindah secara paksa, katanya melanggar HAM. Padahal orang-orang itu udah duluan melanggar peraturan kan? Akhirnya pemerintah nyediain lokasi baru untuk mereka yang bakal digusur. Eh, udah dikasih tempat baru, minta duit lagi. Terus,kalo yang dapet tempat baru hanya mereka yang punya identitas diri lengkap atau KTP Jakarta saja, yang nggak ber-KTP mengeluh. *siapa suruh datang Jakarta? Sayup-sayu backsound*,udah ngeluh lalu diliput media, rame dah.
Jadi rancu, mana yang benar dan salah.

Jadi malah kesannya kurang bersyukur atau malah menikmati spotlight? *duh jadi suudzon*.
Salah baca artikel nih, pagi-pagi..

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

12 comments:

  1. Haishhaishhhhh.. Kalo mereka menolak dengan alasan gak mau jadi korban dan aktif bantuin korban yang lain sih gapapa ya Mba. Eh ini malah. Adududuh. Gemes bener baca beritanya. Jangan-jangan mereka juga yang suka buang sampah sembarangan dan bikin banjir. *malah nuduh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. nah itu dia! Secara dalam berita itu juga disebutin, makanannya malah dibuang sembarangan :( Gemes ya!

      Delete
  2. setuju mbak..eh iya salam kenal, selama ini cuma jd silent reader :)
    sebenernya pengen banget ngebahas apapun tentang anehnya (yang katanya) warga endonesa tp takutnya malah tulah. aku juga sering banget baca berita begitu, apa ya kurang ya musibahnya kalo dipikir-pikir.. :( :(
    pernah juga nyumbang baju layak pakai buat korban kebakaran, gitu juga nasibnya... :( :(
    maap ya malah jd ikutan curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :)

      Iya euy, sebenernya nulis beginian bikin kaya jelekin warga sendiri, ya :( Cuma gemes bangeeeettt...

      Delete
  3. Jadi keingetan ceramahnya Zainuddin MZ waktu gw kecil dulu.
    " Kaya ? Sombong ? " Gak boleh, tapi masih dimaklumi. Lah wong #HorangKayah
    " Tapi Susah / Miskin ? Sombong ? " keterlaluan tenan sampeyan !

    Waktu itu gw mikir emang ada ya orang udah susah, tapi masih bisa sombong. Itu pemikiran gw saat masih polos tak berdaya. :p
    Tapi setelah makan asam garam kehidupan, owalaah BEJIBUN Ya boook model beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, gilelo Ndah, masih kecil dengerinnya udah Zainuddin MZ, alhamdulillah ya.. :p

      Tapi bener, basically, mo sombong kaya apa terserah ya, selama itu sesuai sama kenyataan atau kemampuan. Kalo yang di berita ini, bikin gemeeesss...

      Delete
  4. Hai :)
    Saya Shasya dari Octobuzz. Bolehkah minta alamat emailnya untuk tawaran kerja sama? Boleh juga di email ke shasyatama at gmail.com

    Thanks ya Mbak Lita :)

    ReplyDelete
  5. ya gitu deh.. emang ada manusia yang kalo dibaekin nglunjak. lagi susah aja sombong, gimana kalo lg seneng/kayaaa.. wiiihh ditendang kali ya yg laen.. :D

    ReplyDelete
  6. Lit, ada kemungkinan makanan yang dibuang itu basi gak ya? *take the positif side.. tapi aq pernah denger di TV korban banjir minta bantuan sama pemerintah alat-alat elektronik kayak TV dll... eerr, efek hedonisme dan konsumerisme kayaknya.... jangan2 emang mereka gak butuh nasi, pakaian ataupun selimut tapi lebih suka dikasih HP smartphone/tablet.... *sigh
    udah gak ada lagi prioritas akan kebutuhan sandang, pangan, papan dan tertier lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh kamu positive thinking sekali, me likey!

      Iya miris ya kalo lihat mereka malah pilih gadget atau tv dkk dibanding nyekolahin anak, misalnya *sigh*

      Delete