Yang Datang, Yang Pergi

Kemarin waktu annual meeting nyokap ngabari bahwa sepupu gue melahirkan. Jadi nyokap mau ajak Langit jenguk di RS Hermina.

Yaiy, ketambahan keluarga baru!

Hari ini, nyokap telepon barusan. Pas gue angkat suara nyokap histeris "Tante Mimi meninggal, De.." kemudian nyokap nangis.

Gue tercekat. Baru hari Minggu kemarin ketemu di arisan keluarga. Beliau udah seminggu nginep di rumah tante gue yang ketempatan arisan. Memang udah berapa bulan terakhir sejak ia harus cuci darah, beliau bilang mau nginep di rumah adik dan kakaknya satu per satu.

Gue sempet ngobrol lama nanya kondisinya, makanan apa aja yang boleh atau nggak boleh, bisa ngapain aja dan sebagainya. Walaupun wajahnya kuyu dan bahu serta lengannya dilubangi buat proses cuci darah, si tante seneng diajak ngobrol. Kata sepupu yang ketempatan kemarin, si tante makannya banyak. Alhamdulillah.

Tapi Allah punya kehendak lain.
Nyokap biasanya udah 2 minggu belakangan ini rutin nemenin beliau cuci darah di RS. Hari ini nyokap absen karena janji mau ke rumah kakak gue sebab kakak gue ada kerjaan luar kota.

Pas nyokap absen, pas si tante dipanggil Tuhan.

Mungkin itu sebabnya nyokap nangis. Ada sesal di suaranya.

Tapi kita nggak pernah bisa merencanakan usia kan, seperti layaknya kita merencanakan keuangan, pendidikan atau pembangunan rumah?

Sekarang nggak ada lagi Tante Mimi yang suka ceplas ceplos mengundang tawa. Atau suaranya yang kesal sambil ngomong "heran, kite kalo ngomong salah melulu". Ya, si tante emang kocak kalo ngomong salah melulu. Mudah-mudahan almarhumah bisa bikin ceria suasana "di atas" sana. Amin.

Tuhan selalu punya rencana sendiri atas kehidupan umat-Nya. Detik ini ada yang datang, detik berikutnya ada yang pergi. Siapkah kita menghadapinya?

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

No comments:

Post a Comment