Tarif Tol Naik!

Yak mulai hari ini tarif tol naik. Sepanjang jalan gue dengar radio banyak yang topiknya mengenai hal ini. Sebelum berpanjang-panjang, ini daftar tol yang mengalami kenaikan tarif ya:

1. Tol Jagorawi dari Rp7.000 jadi Rp8.000
2. Tol Jakarta-Tangerang Rp4.500 jadi Rp5.000
3. Tol JORR Rp7.500 jadi Rp8.500
4. Tol Padalarang-Cileunyi Rp7.000 jadi Rp8.000
5. Tol Semarang seksi ABC Tetap Rp2.000
6. Tol Surabaya-Gempol Rp3500 jadi Rp4.000
7. Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang Rp29.500 jadi Rp34.000
8. Tol Palimanan-Plumbon-Kanci Rp9.000 jadi Rp10.000
9. Tol Serpong-Pondok Aren Rp4.500 jadi Rp5.000
10. Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa Rp5.500 jadi Rp6.500
11. Tol Tangerang-Merak Rp31.000 jadi Rp36.000
12. Tol Ujung Pandang tahap I dan II Rp2.500 jadi Rp3.000
13. Tol Pondok Aren-Bintaro-Viaduct-Ulujami tetap Rp2.500.

Wih sampe ke-copas tol Medan Ujungpandang segala. Hihi.

Kalo pagi ini sih buat gue pengguna angkutan umum belum ada perubahan tarif ya. Kebetulan kan angkutan umum yang gue naikin adalah yang lewat jalur tol.

Tapi kocak tadi dengar di twitter ada yang kesannya ngeluh dengan kenaikan tarif tol ini. Konon biaya dia pulang pergi tol doang bisa mencapai 30 ribu per hari. Belum lagi bensin. Coba kita hitung:

Tol 30 ribu x 22 hari kerja= 660 ribu
Bensin 50 ribu x 22 hari kerja= 1100 jt
Total 1760 jt

Itu hanya biaya perjalanan. Belum parkir, maintenance mesin, dkk.

Tapi menurut gue, kalo udah ambil keputusan untuk bawa mobil sendiri, ya harus siap dengan konsekuensinya. Ya itu kenaikan bbm, tol, parkir, dan kawan-kawannya. Oh plus kemacetannya juga.

Kalo gue ngeluh macet, boleh dong. Kan gue naik angkutan umum *semena-mena*.

Eh tapi omprengan sekarang juga udah mulai naik sih. Secara kan bbm juga udah naik, ya. Tapi buat gue ini masih pilihan yang cukup waras dibanding nyetir sendiri :D

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

6 comments:

  1. Ahahahaha. Untung baca postingan ini dulu sebelum merepet di blog sendiri.. :P
    Etapi emang Mba, kalo udah niat bawa mobil ya mau ga mau kudu telen itu semua konsekwensi (apa konsekuensi? :)) )
    Soal macet daripada naikin tekanan darah dinikmatin ajah ya Mba. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul, haha! Dinikmati dan dijalani, mau marah2 juga nggak akan bawa solusi :D

      Btw, konsekuensi :p

      Delete
  2. Untung suami ke kantor ga ngelewatin tol. Tapiii ngelewatin jalur muaaaceeeetttt di warung buncit. Jadiii, walopun ga kena biaya tol, teteeepppp muacettttnya dimana-manaaa wkwkwk. Daaan, akhirnya sih lebih milih naik motor ato naik busway sih, walopun kalo naik busway antrinya semena-mena gituuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betuul, gue suka iseng2 naik busway, alamak kalo diburu waktu dan pas jam sibuk, mendingan nggak usah :))

      Emang harus dibanyakin banget itu armadanya Trans Jakarta!

      Delete
  3. kayaknya bentar lagi ongkos omprengan naik loh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omprengan udah naik kalo yang komersil, mak! Dari Kuningan itu dulu kalo pulang 11-12 ribu, sekarang 15 ribu :D

      Delete