Gejolak Kawula Muda

Ada yang tau film era 80-an ini?
Intinya film ini adalah tentang keinginan anak muda yang ditentang oleh orangtuanya.

Dari sisi anak muda, atau ketika muda dulu *ngunyah sirih* pasti kita sering merasa bahwa orangtua kita nggak mau dan nggak bisa ngerti apa yang kita inginkan. Nggak asyik!

Setelah jadi orangtua, sedikit banyak gue bisa memahami peran di sisi yang lain.

Sebenernya ini adalah sebuah blogpost duka cita. Tapi gue bingung cara menulisnya.

Beberapa hari yang lalu, status seorang tante isinya duka cita. Ternyata keponakan dari si Om meninggal.

Penyebabnya?
Kecelakaan motor.
Sedih dengarnya. Usianya baru 16tahun. Still long way to go, sebenarnya.

Lebih sedih lagi pas tau bahwa kecelakaan ini saat ia hendak memamerkan motor ninja barunya yang ber-cc besar ke teman-temannya :(

Gue ga berani nanya kenapa orangtuanya akhirnya beliin motor itu. Gue ga nanya kenapa anak baru usia 16tahun, yang berarti belum punya SIM bisa punya motor sebagus itu.

Ini persis banget sama sebuah iklan layanan masyarakat kalo ada yang inget. Si anak lulus SMP minta beliin motor, nggak dikasih si anak ngambek. Akhirnya  dibeliin sama orangtuanya. Si anak pergi merayakan motor baru, kecelakaan yang mengakibatkan ia cacat.

Gue sih sebagai orangtua, pasti pengen kasih anak yang terbaik, terhebat, tercanggih dan ter- lainnya. Tentu ada kebanggaan saat bisa memberikan yang ter- itu.

Salah? Ya nggak dong, naluri orangtua kali ya.

Walau nggak memungkiri ada juga orangtua yang mengorbankan anak demi kebahagiaan mereka sendiri. Eh, tapi kalo dipikir-pikir kasih yang terbaik slash termahal ini kebaikan anak atau ego orangtua ya?

Pada akhirnya, kita saat jadi orangtua hanya bisa menyesali apa yang pernah kita berikan atau apa yang tidak kita berikan.

Setiap orangtua pasti akan melakukan kesalahan. Dan itu manusiawi. Mudah-mudahan sebelum terlalu banyak, gue bisa sadar akan hal tersebut.

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

No comments:

Post a Comment