Kenapa Harus Double Cleansing?

Gue ingeeeet banget, beberapa tahun lalu rekan kerja di Astro pernah bilang, "bersihin muka itu harus pake cleansing milk dulu baru facial wash. Kalo nggak, lo sama aja ngepel tapi nggak disapu dulu". Kalimat itu diucapkan sekitar tahun 2007, dan gue belum join jadi member FD.

Secara logika, masuk akal kan, omongannya itu? Tapi apa gue langsung melakukan? Oh tentu tidak. Kadang-kadang aja kalo inget. Haha.

Beberapa tahun berselang, alias sekarang, double cleansing itu harga mati buat gue. Ciyeh. Kenapa sih?




Oke, pertama karena omongan temen gue itu masuk akal banget. Plus ditambah omongan Amal yang pake analogi, bersihin muka sekali itu kaya mandi tapi nggak lepas baju. Jadi, useless!

Double Cleansing itu prinsipnya adalah menggunakan 2 pembersih wajah yang jenisnya beda. First cleanser biasanya berupa cleansing balm, cleansing oil atau cleansing milk. Tugas dari 1st cleanser ini adalah membersihkan make up, debu atau cc cream bahkan sunblock dari kulit (intinya membersihkan sesuatu yang kita gunakan di wajah dan sifatnya waterproof).

Cleanser yang ke dua biasanya berupa facial wash, foam atau sejenisnya. Tugasnya adalah membersihkan KULIT kita dan pori-pori. Menurut beauty blogger Carolina sesuatu (sumpah kenapa lupa namanya?), justru di cleanser yang ke dua inilah kita harus berinvestasi, alias pilih yang beneran bagus. Mungkin karena tugasnya cukup berat dan langsung masuk ke kulit kita.

Jelas ya, perbedaannya? Kalo All in one cleanser gimana? Maap. Kalo gue sejauh ini masih demen sama yang 2 tahap.

Double cleansing ini nggak usah tiap cuci muka juga sih dilakuinnya. Kalo gue melakukan double cleansing di malam hari, pas pulang kantor atau selesai berkegiatan deh, di mana biasanya keluar rumah itu gue wajib pake sunblock. Bersihin wajah di pagi hari sih hanya pake facial wash aja.

Testimoni selama melakukan double cleansing apa? 

Ini jangan dipercaya kemulusannya ya, lebih karena kamera depan mi4i yang palsuuu :D


Pori-pori yang sering gue keluhkan besar, terlihat lebih halus. Belum lagi masalah clogged pore atau komedoan doang sih, blar... Hilang! Selain itu juga, menurut pengamatan pribadi yang udah pasti subjektif ini sih, kulit gue membaik dari sebelumnya.

Ya, sebelumnya sih gue merasa kulit gue jelek banget. Emang nggak jerawatan, tapi porinya kaya menganga dan kusam. Padahal pori keliatan gede bisa jadi juga karena nggak dirawat, dibersihkan dengan baik. Kalo sekarang, sekali lagi nih berdasarkan pengamatan pribadi yang subjektif, kulit gue keliatannya lebih sehat.

Double Cleansing mahal?

Bok, 1st cleanser itu kan ada cleansing milk. Lo bisa pake Viva atau Nivea deh. Kalo gue emang lebih suka pake cleansing oil. Saat ini yang gue pake Biore (sekitar 90 ribuan tapi BANYAK!), Hada Labo (sekitar 60 ribuan, 100ml cmiiw) dan langganan sama Muji (sekitar 200 ribu, tapi banyak!). Ini dipakenya bergantian aja. Percayalah, gue kan #ibubijak, ga akan menjerumuskan kalian ke lubang kebangkrutan karena belanja skincare. Sungguh!

*walaupun jujur aja, naksir berat sama cleansing cream-Menard, tapi maju mundur untuk beli. Secara harganya bikin @_@*

Sementara untuk 2nd cleanser gue pake Hada Labo Mild Peeling dan yang putih lupa nama serinya apa, Kiehls Oil Free facial wash dan Skin Life foaming wash. Ini dipakainya bergantian aja, kecuali Kiehls dipake buat pagi.

Ribet amat?

Nggak ribet kalo udah biasa. Lagian, gue adalah yang percaya, kalo kulit bagus mau pake make up mahal atau murah ya bakal kece-kece aja. Bahkan ga pake make up juga tetap oke. Gimana cara dapet kulit yang bagus? Ya dirawat dong! Kalo kulit sehat, ga usah dandan juga bakal keliatan enak.

Lagian kulit kita cuma satu, dia yang melindungi badan kita dari lingkungan luar. Kebayang kan tugasnya berat?

Belum lagi masalah usia yang makin nambah, masalah kulit juga bakal nambah. Daripada bolak balik dokter kulit atau facial yang mahal gila, mending dirawat sendiri. Browsing sana-sini, tanya sama orang yang tepat, trial and error, nanti juga ketemu cocoknya gimana.

Tapi sebelum terlalu jauh, double cleansing dulu lah yuk!


Pstt.. Gue ini dulu wajib facial sebulan sekali, tapi sekarang udah ga pernah lho! Dan, gue pernah cerita kan sempat kena cacar air di 2013 dan banyaknya di muka? Alhamdulillah ga ada bekasnya sama sekali!

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

18 comments:

  1. Aku juga pecinta ritual double cleansing. Dan beneran lho komedo di hidung ga ada. Muka juga lebih kenyal.

    Aku pake cleansing oil sama facial wash hada labo. Cleansing oilnya hemat bgt bisa 2 bulanan. Padahal aku pake setiap hari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa... Aku juga ngerasain hal yang sama! Hada labo emang juara deh, murah meriah hasil maksimal...

      Delete
  2. mbak, aku juga punya resolusi tahun ini lebih ngerawat muka. hampir 4-5 tahunan ini cm pake tissue basah bayi doang buat bersihin make up *self toyor*, ada rekomendasi gak cleansing milk atau oil yg ga pedih di mata? apalagi buat yg suka pake riasan mata tiap keluar rumah...thankies

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lipstik, eyeliner, maskara dan pensil alis aku bersihin selalu pake make up remover dulu, Prita. Loreal atau Maybeline oke dan gampil dicari. Cleansing oil yang ga pedih dan gampang dicari ya Hada labo atau Biore. Kalo niat, coba cari Muji yang sensitive, itu #kesayangan aku tp susah carinya krn ga ada di sini jd titip2 deh. Ayo semangat aktualisasikan resolusinya!

      Delete
  3. Kalo cowok gakpapa juvakah pake double cleansing? Hehehe. Sayasih boro-boro double cleansing. Palingan air wudhu doang Mbak Lita. Mihihihi. *ciyeh air wudhunya disebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciye yang air wudhu :D

      Eeeh harus, double cleansing ga rasis. Hahahaa.. Apalagi cowo kan cenderung lebih berkeringat dan aktivitasnya lebih berat ya, jadi kudu!

      Delete
  4. aduh aku belum istiqomah nih mbak ber-double cleansing..padahal sehari-hari bermotor ria.. -__-"

    baiklah dengan ini saya nyatakan akan lebih rajin lagi!*kepal tangan ke udara*

    ReplyDelete
  5. Duhh PR gw inih, kadang masih males-malesan bersihin muka :(
    Padahal kan umur Udah harus merhatiin kulit yah *ngunyah sirih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh bahaya banget kamu! #lebay cus jalankan double cleansing dan ditunggu laporannya ke komandan :p

      Delete
  6. Double cleansing team!!
    Aku pake skII cleansing balm itu.. Kalo dah bosen pake muji cleansing oil.. Kalo bokek pake viva hahahahaha
    Sabun muka pake skII jg.. Beli deh lit testernya.. Niscaya........... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah coba cleansing oil SKII, Dhira.. Mahal! Hahaha... Nasib pengin kinclong tapi budget mefed :)))

      Delete
  7. wuah utk cleansing aja ampe 3 macam, facial foam jg 3 macam. Pantesan kulit mba baguuuus banget *iri. saya msh bergelut dengan masalah jerawat nih mba. :( double cleansing ga ngaruh etapi jgn2 cara gue salah ya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jerawat emang tricky ya, coba baca ngobrol aku sama irawaty sarah, dia bilang jerawat itu harus dirawat bukan dimusuhi. Mudah2an nemu pencerahan produknya apa yg kudu dipake yaaa.. Cemungudh!

      Delete
    2. siap mba. meluncur ke postingan ngobrolnya. btw aq dah ganti smw skincare regimen pake hadalabo juga. kering jerawatnya trs lembut.. dikombine sm clindamicin juga sih mba. dan skg mulai rajin double cleansing biar bnr2 bersih mukanya

      Delete
  8. aku juga mulai merajinkan diri double cleansing gara2 dirimu dan blogger2 lain mba. Cuma biasanya sore pulang kerja pake facial foam HadaLabo, trus malamnya baru pake cleansing dan toner Viva. eh gitu udah bener gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Humm.. harusnya begitu sampe rumah, pake first cleanser dulu yang berupa cleansing milk/ cleansing oil, setelah itu baru pake facial wash/ foam, baru pake toner :)

      Silakan diperbaiki urutannya ya, nanti laporan sama saya. Hahaha.. Good luck!

      Delete
  9. Thanks banget buat tulisan kakak yg awesome ini.
    kak bagi info dong aku jg mau pake double cleanser Hada Labo, setauku produk dari Rohto bagus yaa.. unutk pagi dan malam apa kak pake yg berbeda dan lebih dari 1 produk ya?

    ReplyDelete