Fit Friday: Berhenti Makan Enak

Banyak yang udah ngejalanin olahraga tapi makannya masih berantakan. Tenang, gue juga kok masih berantakan dan bandel kalo urusan makanan.



Gue masih makan makanan yang digoreng, makan nasi (suka nambah!), karbo loading mulu dah macam besoknya mau marathon. Ngemil pun hooh, makan es krim, permen, duaduuuh.. Kalo dibikin list kayanya dosa gue banyak banget!

Tapi ada hal yang emang gue jadiin patokan dalam urusan makanan (dan mengapa oh mengapa, semuanya ini enak?). Ini dia:


Don't drink your calories. 
Gue nggak minum lagi minuman kemasan macam teh botol, nu green tea, kopi kemasan, dkk. Lho, kan banyak minuman kesehatan rendah kalori? Ya sih. Pernah baca labelnya? Gulanya gimana? Serem kalo liat jumlah kandungan gulanya. Coba liat gambar ini:


Jadi lo ga ngopi atau ngeteh, Lit?

Masih dong. Tapi no sugar added. Teh yang tawar, kopi juga gitu. Ga enak? Ish, enak. Cobain deh.
Berkaitan dengan hal di atas, gue memang berusaha mengurangi sugar intake. Jarang banget minum minuman yang pake gula lagi. Kecuali es kelapa, I cannot resist that!

Ngemil makanan sehat
Bohong lah kalo gue ga pernah makan lagi yang namanya Chitato, siomay, bakso, dkk. Tapi selama itu bisa ditahan, alhamdulillah sejauh ini pertahanan gue lumayan kuat, ya gue ga makan gitu-gituan. Gue ganti cemilan sehat macam buah atau cemilan bikinan sendiri. Kalopun isinya ga sehat-sehat amat (ada keju melimpah dan susu), seenggaknya itu bikin sendiri yang gue tau prosesnya gimana.

Bagaimana dengan cemilan ini? 

BHAY!


Yes, alhamdulillah udah lebih dari 2 tahun nggak makan makanan yang enaknya minta ampun ini.
Salah satu motivasinya adalah, kalo gue makan mi instan itu setara dengan hampir 400 cal. Nah menurut catatan di Nike Run gue, kalo gue lari 10km itu yang kebakar baru hampir 500kal. Secara gue pemalas lari, jadi mendingan ga usah gue makan. Terakhir gue makan ini karena pengen banget, abis itu nyesel dah.
Selain masalah bakar-bakaran kalori, ya makanan ini kan emang ga ada gizinya. Kenyang doang, nambah kalori (yang kalo ga dibakar jadi lemak berlebih) doang, tapi ga ada gizinya? Ih, sayang badan gue mah.

Selain mi instan, emang ada baiknya kita mikirin itu kalo pas mau makan. Ini gizinya ada ga? Gunanya apa ya buat tubuh kita? Mendatangkan kerugian apa keuntungan? Dan seterusnya. Ribet? Ya sekarang berasa ribet, daripada udah tua nanti ngerepotin orang?


Kenapa sih mau ribet amat menjalani hidup? Setelah punya anak, gue sadar bahwa gue pengin melihat dia tumbuh, menjadi dewasa, nemenin wisuda, pernikahan, dan seterusnya DALAM KONDISI SEHAT. Itu aja sih. Masalah badan bagus, kulit sehat, awet muda, buat gue adalah bonus!

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

13 comments:

  1. Ihikkk. Ngerasa ditampol kiri kanan bolak-balik. Makasih Mbak Litaa diingetin. ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama.. Saling mengingatkan aja yuuuk :)

      Delete
  2. Waduhhh bikin tertampar ini hihihi. Aku gak doyan ngemil snack. Tapi mie instan doyan banget. Tp biasanya gak boleh seminggu lebih dari sekali. Kadang bisa tahan sebulan. Kalo lagi musim ujan gini nih yang ga tahan hehehe.

    Setuju sama motivasi untuk gak bikin repot orang nanti. Semoga bisa ganti jadi cemilan sehat yaaa

    ReplyDelete
  3. Justru makan mie instan itu memotivasi untuk olahraga! #eh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha ini komennya juara! akupun suka gitu, "abis ngindomih nih, besok kudu senam" #eaaaaa

      Delete
    2. @Dela, haha.. kalo itu bikin semanggat sok mangga! Aku anaknya pemalasaaaan :)))


      @Feni, hayo sana ngindomi biar semangat senam :p

      Delete
    3. Hahaha.. tapi serius ini. Kalo abis makan "ngga bener" dikit besok pun semangat olahraga. Zzzz...

      Tapi sungguh deh pola hidup sehat itu emang paling susah ngejaga makan. Orang Indonesah makanannya kan emezing semua ya, hello minyak hello santan... kalau liat hashtag healthy life orang luar itu banyak simple food, salad, suka ga cucooook gitu lho.

      Delete
    4. Hahaha.. embur! Tapi coba makan cateringnya @kenyangsenang, itu makanan sehat Indonesia #bukanpromo tapi seriusan kalo mau nyontek bisa bangeeet

      Delete
  4. udah ga makan mie instan 6 bulan ini karna emg dilarang ama dokter kulit. penyebab jerawat juga nih mie instan mba.

    ReplyDelete
  5. mie rebus pake telor buatan abang2 burjo tuh enaknya juaraa lho mba *kompor* nah kalau abis makan itu, biasanya aku nebus dosa dengan minum sekaleng bear brand. padahal gak ngerti korelasinya apa, cuma tau susu salah satu penawar racun (indomi). hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. emang malah lebih enak dibikinin abang2 daripada bikin sendiri. Soalnya lebih kotor kali yaaa :))))

      Delete