Kenapa, sih, Banyak Motor?



Gue kalo ngeliat motor di jalanan sekarang ini, buanyak buangeth! Apalagi kalo di lampu merah itu bak semut mengerubungi gula, bok!

*foto dari sini

Jadi gue bertanya-tanya, kenapa banyak banget motor ya? Coba kita hitung dengan asumsi perjalanan gue dari rumah- kantor- rumah dengan menggunakan kendaraan umum, ya! Oiya, gue udah berhenti langganan ojek, karena, yaaah.. penuh balada x_x
Naik angkot
Berangkat:
Angkot kecil rumah- pangkalan Trans Galaxy: 3000
Bus Trans Galaxy- Blok M: 10000
Kopaja Blok M- Kemang: 3000
Pulang:
Ojek Kemang- Kuningan: 20000
Omprengan Kuningan- Galaxy: 15000
Angkot kecil: 3000
Total: 54000/ hari
Dikalikan 22 hari kerja: 1188000
Dikali 12 bulan: 14256000
Biaya ini hilang di jalan, jadi asap knalpot yang nempel di muka :p
Ini asumsi juga gue nggak kehujanan jadi harus naik taksi dan kesabaran lagi full nunggu Kopaja ke Kemang yang suka seenaknya sendiri itu datangnya :D

Naik motor:
Harga motor kira-kira 15juta ini jadi milik, ya.
Bensin sebulan dengan asumsi per minggu 30000x4= 120000
Bensin setahun: 1440000
Nah, lebih murah mana tuh?
Beberapa tahun lalu, Igun nawarin gue untuk nyicil motor. Karena menurutnya, biaya bulanan gue naik ojek bisa buat nyicil motor. Tapi gue nggak mau karena menurut gue biaya stres gue di perjalanan harus  berhadapan dengan ribuan motor lain (plus mobil pribadi, angkot, bus, truk) nggak kebayar dengan apapun.
Yang ada,  udah stres di jalan, terus sampe kantor kan harusnya kerja dengan otak yang fresh, ya nggak akan bisa. Belum lagi di perjalanan pulang, udah stres di jalan, terus harusnya sampe rumah bisa asyik sama anak, malah masih kecapekan.
So, yeah. Sampai detik ini, gue masih survive dengan angkutan umum.

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

7 comments:

  1. hitungannya sama kaya gw.. klo ngangkot biayanya gede..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya mak. Apalagi kalo kita lagi merasa "aduh, gue pantes deh sesekali naik taksi, secara gue udah kerja capek..". Nah, pas di pertengahan bulan baru nganga, kok transport gede amat keluarnya? -__-'

      Delete
  2. Yoiihh mbaaa,,sekarang aku juga malas naik ojek, karena abangnya suka matok harga seenak jidatnya aja. Udah gitu rider motor suka rusuh bawa motornya, jalan sebelah masih lega tapi mepet-mepet ke motor orang.. -__- *curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, iyaaaa.. bener banget! Aku paling malas kalo tukang ojek sebelum naik udh nanya, "berapa biasanya?". Aduuh, gue tau kali ga mungkin bayar goceeeng :))

      Delete
  3. Naik KRL... Bener-bener mereduce ongkos transport sampe 80%/ bulan dibandingin naik angkot/ bis. Trust me, it works (on me) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget nih! Sayangnya kantor gue jauh dari stasiun KRL :(

      Delete
  4. mba lita, maap mau nanya, FDHQ tu dilewatin kopaja 63 ga ya? makasih :)

    ReplyDelete