The Winner So Far: Al Fajri



Gue agak jarang ya, review-review sekolah apalagi di blog pribadi. Tapi sekolahan yang satu ini emang bikin jatuh cinta. Namanya Al Fajri. Letaknya di Jakasampurna, Bekasi. Gugling aja, pasti nemu.

Awalnya, kakak gue bilang “Itu di lampu merah LIA ada sekolahan Al Fajri, tagline-nya bagus, Sekolahku Rumahku”. Nah, gue sebelumnya emang udah pernah lihat sekolah ini sambil lewat. Tapi nggak pernah niat untuk menelusuri lebih jauh. Pandangan gue, just another school lah.

Berapa hari setelah itu, gue bareng sama salah satu orangtua murid sekolah Langit ke kantor. Terus dia cerita tentang survei sekolahannya. Salah satunya ke Al Fajri. Dan dari cara ia menceritakan, bikin gue penasaran. Kayanya pas banget sama keinginan gue dalam mencari sebuah sekolah.
Akhirnya di suatu hari Jumat, gue cuti yang emang rencananya pengen survei sekolah. Salah satu yang didatangi, ya si Al Fajri ini.

Kesan pertama pas datang, kaya masuk rumah.

Ngobrol sama pihak sekolah lalu sempat jalan-jalan keliling sekolah juga. Kesan gue: makin jatuh cinta! Here’s why:

  • Seangkatan cuma ada 1 kelas, isinya 1 kelas 25 anak

  • Metode belajarnya nggak pake sistem jam pelajaran, tapi based on discussion. Jadi misalnya hari/ minggu ini temanya tentang makhluk hidup, nanti bisa nyambung jadi IPA atau matematika.

  • Menerima siswa dengan kebutuhan khusus. Ya, gue tertarik, karena menurut gue Langit harus bisa menerima perbedaan dalam hal apa saja. Dan mudah-mudahan bisa bikin Langit jadi anak yang penuh empati. Mohon maaf kalo alasan ini salah, tapi ini yang ada di pikiran gue.

  • Suasana sekolahnya kaya di rumah. Ruang kelas antara satu dengan yang lain nggak dibatasi tembok tinggi/ pintu. Hanya di kelas 5 dan 6 yang pake ‘ruang’ kelas beneran :D

  • Mereka nggak ada buku wajib untuk anak-anak muridnya.

  • Basisnya Islam, tapi anak-anak nggak harus pake jilbab setiap hari. Ya, menurut gue, jilbab nggak bisa dipaksain dengan WAJIB make ke sekolah, it comes from  our heart.

  • Biayanya? Uang pangkal yang dibayarkan saat masuk pertama kali itu sampai lulus SD. Alias nggak ada uang daftar ulang lagi. Walaupun mungkin buat beberapa orang (ya, termasuk gue, kok) termasuk tinggi, tapi dengan konsep sekolah seperti yang diterapkan di Al Fajri, i think its all worth it.

Berdasarkan review beberapa teman yang anaknya udah duluan di sekolah ini,  mereka puas banget. Memang jam belajarnya sampai jam 2 siang, tapi menurut mereka, anak-anaknya nggak ada yang ngeluh capek atau stres. Anak-anak mereka tetap berangkat sekolah dalam kondisi happy.

So, yeah. Sejauh ini, Al Fajri wins my heart :)

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

14 comments:

  1. Waahh bagus tuh mbak sekolahnya, masuk beberapa point yang emang aq cari bangeettt tuh.
    Aq juga masukin ahnaf n nadhiifa ke tetum bunaya karena beberapa point yang mbak sebutin diatas. Point utama sih montessori, life skilss, inklusi (anak belajar berempati), dan agama.
    Eh iya, point lainnya yaaaa uang sekolah wkwkwkw. Kalo menurut aq sih lumayan tinggi juga ya, tapi masih masuk budget yang udah dianggarin, dann dengan uang sekolah segitu sih standar untuk sekolah-sekolah di sekitar jaksel

    ReplyDelete
  2. Wah, Tetum bagus tuh! Sempet pernah ditulis sama Affi di Mommies Daily. Aku sempet naksir juga, tapi ya jauh amaaat :))

    ReplyDelete
  3. oh iya, mbak affi yang mamanya aluf yak? kalo ga salah sih ahnaf emang sekelas sama aluf n kaia yaa? eh bener kan mama kaia di mommies daily juga kan ya?
    sama-sama kelas antariksa deh

    ReplyDelete
  4. Huaaaa....Cium Lita !
    Gw emang lagi browsing Al Fajri ini tapi tau dong kalah tenar sama Al Azhar dan Fitria yang pernah direview celebs blog.
    Beneran bajuuus ya, Lit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitria kan pernah gue review juga, Ndah. Jadi maksudnya gue ya seleb-blog-nya? :))

      Iya, gue jatuh cinta, sih, sama sekolah ini. Mudah2an jadi di sini nih..

      Delete
  5. hi mba lita...

    salam kenal :-), makasi ya reviewnya tentang sekolah Al-Fajri. Anakku 2 org sekolah disini hehehehhee..semoga bisa bergabung di sekolah ini :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa.. ceritain dong, gimana sekolah di sini. Boleh minta nomor kontaknya?

      Delete
  6. Hi Mbak Lita, maaf ini agak oot ..mau nanya review sekolah fitria dong.. Gmn setelah langit sekolah disana?aku lg bingung nyari sekolah buat anakku (24mo)

    Thanks Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo... review gimana nih? Ahik, nggak enak anakku masih sekolah di sana. Hohoho.. Tapi aku pernah nulis di : http://mommiesdaily.com/2012/01/19/fitria-where-school-can-be-fun/

      Semoga membantu. Kalo mau yang bener2nya, japri aja, hahaha!

      Delete
  7. Okeh, Al Fajri akan jadi prioritas pertama. Mengingat biaya MIS jauh diatas budget. Nanti ga bisa ngoyen lagi emaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, coba ke sana dulu, Moet. Soalnya, bagi beberapa ortu konsep dan bangunannya alfajri ga memenuhi ekspektasi :D

      Delete
  8. hai hai mba lita.. kepengen tau besarnya UP di A lFajri dwonk.. saya jg lagi nyari sekolah SD bwt si Sulung neh.. trims a lot yuaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo maaf banget baru lihat komennya. UP-nya tahun lalu itu sekitar 18 jutaan. Tahun pas Langit sekolah, kayanya akan naik sih *lap keringet*

      Delete