Bikin SiM Tanpa Calo

Tadi pagi gue bikin SIM dan tanpa calo. Uhuy!

Tahun 2005 juga bikim SIM sendiri lho! Tapi karena waktu itu bareng teman jadi nggak deg-degan. Hari ini? Benar-benar sendirian. Makanya dari keemaren tanya sana sini cari teman atau at least yang pengalaman, ternyata hasilnya pada pake 'biro jasa' alias calo.

Sebagai warga negara yang baik dan penasaran, gue kekeuh bikin sendiri. Walaupun banyak yang bilang susah dan ribet.

Ini yang harus disiapkan:
- fotocopy  KTP, gue bikin 10 lembar. Daripada kurang ye.
- uang 25rb kesehatan, 120rb SIM baru, 30rb asuransi.
- pulpen buat isi form dan tes tertulis.
- dandan yang kece buat foto SIM. Ini penting secara berlaku 5thn bo!
- mental. Haha!
- kesabaran :D

Buat yang di Bekasi, bikin SIM di Polres Metro di Jl. Kartini. Kalo bawa mobil, pas lo parkir udah ditawari sama calo :D

Pertama ke gedung BkN letaknya di jalan sebelah polres. Masukin 2 lembar KTP fotocopy ke meja pendaftaran terus nunggu dipanggil. Gue datang jam 8 udah rame. Tapi nunggu ga sampe 10 menit. Masuk lalu ke meja administrasi bayar 25rb. Lalu tes mata doang.

Di sini si ibu tes kesehatan bilang kenapa gue ga cabut berkas SIM Jakarta aja. Prosesnya lebih mudah daripada bikin baru. Secara gue ga tau, dan males ke Daan Mogot (ternyata bisa di Kebon Nanas katanya) jadi gue milih bikin baru.

Abis dari situ masuk Polres ke bagian SIM. Bayar bikin SIM dan asuransi terus antre ambil form.

Kemudian isi form, kembalikan dan ke tes tertulis. Soalnya ada 30, pilihan ganda. Hapalin aja marka jalan, kategori SIM, dan gunakan logika. LOL. Terus kalo udah selesai kasih ke bu polwan di ruangan untuk diperiksa. Lalu nunggu lulus apa nggak. Igun dulu ga lulus. Hihi.

Abis itu baru ke ujian praktik di belakang gedung BKN tempat tes kesehatan tadi.

Nah, menurut gue cukup ketat di sini. Yang barengan gue sampe 5x tes ga lulus-lulus! Tapi salut dia mau terus tes tanpa nyerah kudu pake calo.

Alhamdulillah gue pake mobil guede dan rumah kecil. Haha. Jadi lancar. Karena tesnya kita parkir mundur dan ada batas balok. Kalo kena balok, gagal. Mundurnya juga harus sekali masuk. Jadi dengan kondisi mobil plus garasi gue, ini bukan masalah. Susah? Iyalah. Lo bayangin aja kalo kondisinya di jalan raya dan balok tadi manusia atau mobil lain. Bahaya kan? Nyetir bukan sekedar injek gas cyin.

Buat yang pake matic, latihan pake manual deh. Karena cuma toleransi 3x mati mesin.

Lulus dari sini, gue ke tempat foto. Jangan lupa senyum yang kece. Nunggu nggak sampe 10 menit, jadi deh SIM gue.

Yeay! Sekali lagi berhasil di tantangan menghadapi birokrasi Indonesia!

Punya press card alias kartu pers/ PWI? Lampirkan di awal. Gue nggak melampirkan. Polisi baru tau pas gue lagi praktik, katanya "kenapa nggak pake kartu persnya dari awaaaaal?", hahaha!

So yeah. Mengurus sesuatu tanpa calo itu mungkin banget. Selama kita punya mulut buat nanya dan kemauan, nggak ada yang nggak mungkin. Bukan begitu bukan?

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

4 comments:

  1. hai salam kenal :) tertarik baca postingan ini karena...SIM saya abis dan baru nyadar dan itu udah lewat hmm... ampir 3 bulan...hihii, btw penasaran...kartu pers nya memang kenapa? sakti ya? :)

    ReplyDelete
  2. Haiii salam kenal juga. Hayo perbarui SIM-nya :)

    Ya banyak yg masi memanfaatkan kartu pers utk berurusan dgn birokrasi *wink*

    ReplyDelete
  3. saya pernah ngurus SIM tanpa calo, dan eng ing eng.. gagal di tes tulisan, hihi...
    Ada pertanyaan dengan jawaban yang aneh.. pilihan ganda gitu kan.. Pertanyaannya, "Kalau mengantuk di jalan apa yang harus dilakukan?" Saya pilih jawaban yang "Berhenti sejenak", eh ternyata salah dong, jawaban yang benar itu "Minum minuman segar". Zzzz.. emang kudu pake logika banget yaaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. serius, itu jawabannya? Padahal di semua peringatan di jalan tol biasanya "istirahat sejenak" ya? ih, aneh nih yang kasih pertanyaan dan jawaban :|

      Delete