Belakangan ini ada 2 aplikasi yang paling aktif gue pake selain
Instagram untuk socmed, Snapspeed untuk edit foto, dan Whatsapp untuk
komunikasi.
Pokoknya keduanya bermanfaat dan berguna banget buat keseharian
gue yang (sok) sibuk ini.
Yang pertama adalah Uber Taxi.
Aplikasi ini adalah aplikasi keluaran Uber Taxy, sebuah sarana transportasi
umum ala taksi yang kita kenal itu.
Bedanya apa sih, Uber Taxy dengan taksi biasa?
Udah pasti mobilnya. Kalo Uber Taxy, pake mobil biasa (Uber Black -yang ada di foto di atas- ini versi murah. Jadi mobilnya sekelas Avanza,, Xenia, Innova, Jazz, dkk. Sementara ada Uber X itu versi premium. Ada Harrier, Alphard, Camry, dkk). Mobil-mobil ini tanpa
stiker, logo, atau embel-embel apapun. Terus taunya mobil itu tergabung di Uber
taxy apa bukan? Ya dari aplikasi dong, ah.
Jadi si Uber Taxy ini emang nggak bisa ngambil di pinggir jalan
atau si pengemudi menawarkan ke sembarang orang. Mereka hanya ngambil penumpang
berdasarkan pesanan dari aplikasi tersebut.
Di luar negeri, aplikasi ini udah sangat hits. Seorang teman yang
sering ke luar juga bilang lebih seneng pake aplikasi ini kalo ke mana-mana
saat di luar ketimbang naksi lokal.
Di Indonesia sendiri, Uber taxy baru masuk hampir setahun
belakangan ini. Dulu gue taunya dari Vanya. Ih, Kak Vanya emang kekinian deh.
Gue tau NTC dari dia, sekarang uber juga dari dia. Cara pake Uber ini gampang
banget, tinggal download aplikasinya (ini direct link-nya: https://www.uber.com/invite/litai3ue
jangan lupa masukin kode voucher gue yaitu LITAI3UE supaya dapat credit 75
ribu. Lumayan!).
Setelah itu lakukan registrasi cuma nama, email dan no telepon.
Lalu kita bakal diminta masukin nomor kartu kredit. Lho, kok kartu kredit? Iya,
sistem pembayaran Uber ini adalah langsung masuk ke kartu kredit kita. Jadi,
kasarnya nih, nggak bakal berasa deh kalo kita lagi naik angkutan umum (taksi
kan angkutan umum), secara naik turunnya kita nggak keluar duit sama sekali.
Sesuai jargonnya si Uber, "Everyone's Private Driver".
Mahal nggak sih?
Sejauh ini sih, buat gue harganya sangat jauh di bawah taksi biasa. Contoh nih.
Hari Minggu lalu gue ke rumah sepupu di daerah Kebon Jeruk, dekat Mal Puri
Indah dari rumah gue di Bekasi, eh Kalimalang *ciye denial*. Jalanan macet
pula. Lama perjalanan 1 jam 19 menit. Bayarnya cuma 97500. LUMAYAN BANGET KAN?
Atau kemarin Jumat gue ke kantor dari rumah, kondisi jalan nggak
semacet biasanya sih memang, lama perjalanan 1 jam, biayanya hanya 62500. Asik
ya?
Oiya, harga itu nggak pasti tapi lho. Tergantung dari lama dan
jarak perjalanannya itu sendiri. Di dalam mobilnya juga ga ada argo dan biaya
yang keluar di aplikasi hanya estimasi aja.
Terus taunya kita bayar berapa gimana?
Setelah kita tiba di lokasi tujuan, pengemudi bakal bilang dia akan tutup trip
alias matiin sesuatu dari aplikasi di smartphone mereka. Nggak sampe 5 menit
kemudian, email akan datang dari Uber yang isinya pemberitahuan jumlah biaya
perjalanan lengkap sama jarak dan waktu tempuhnya.
Satu catatan lagi, untuk waktu-waktu rame, hujan atau memang lagi
macet luar biasa, saat kita mau order Uber, akan ada tanda petir semacam
notifikasi biaya Uber ada kenaikan berapa kali lipat. Kaya kemarin waktu mau
balik dari Sency, kebetulan pas jam pulang kantor banget dan besoknya long
weekend. Ketika gue buka aplikasi, ada tanda petir dan notifikasi bahwa harga
Uber kalo kita order 2x lipat dari harga biasa mereka. Tapi teteu jatohnya
lebih murah. Temen gue dari Plasa Senayan ke rumah di Cibubur jam pulang kerja,
dan kena petir alias kenaikan harganya 1,7x lipat hanya kena 101000 saja.
Dari skala 1 sampai 5, gue kasih 4 buat aplikasi ini.
Ada kekurangan ga?
Sejauh ini paling estimasi nyampenya pengemudi aja yang suka
kurang tepat, apalagi kalo di perumahan. Misalnya nih, rumah gue kan emang
deket banget sama tol, di aplikasi jarak si pengemudi hanya 5 menit karena
ternyata lagi di tol itu, padahal kenyataannya dia kan kudu keluar tol dulu,
muter menuju komplek gue. Yah, itu bukan kekurangan kali ya, dia kan ngitungnya
ya berdasarkan jarak aja. Hehe.
Masalah keamanan gimana?
Nah, kalo ini udah gue mah bismillah aja. Memang, di India gue
baca pernah ada kasus penumpang diperkosa sama pengemudinya. Tapi kalau
dipikir-pikir, di India kan emang belakangan ini lagi rame kasus perkosaan, ya?
Atau ada juga di US atau mana gitu penumpang yang dibawa muter-muter sama
pengemudinya sampe tagihannya jutaan rupiah. Penumpang protes ke Uber,lalu
dikembalikan sama Uber-nya.
Masalah keamanan, gue bismillah. Seperti kata suami gue, kalo niat
kita baik ketika melakukan apapun, insyaallah jalannya juga lancar. Ciyeh,
suami saya suka bijak deh anaknya :D
Yang ke dua, apalagi kalo bukan
Gojek?
Gue tau Gojek udah lumayan lama.
Tapi taunya ya sebagai kurir.
Nah, beberapa bulan lalu gue nemu
Gojek lagi mangkal di pangkalan ojek langganan. Kebetulan tukang ojek lainnya
nggak ada, jadilah dia yang antar gue. Eh gue langsung seneng, soalnya dapet
masker muka dan rambut #penting
Habis dari situ, langsung gue
download aplikasinya dan jadi pengguna setia. Coba download dari link ini: http://go-jek.com/app dan seperti biasa,
masukin kode ini ya: "528541779", lumayan dapet credit 50000 buat
perjalanan pertama.
Sejauh ini gue nyaman sih naik Gojek. Selalu dapat pengemudi
yang baik dan nggak sembarangan kalo bawa motor. Selain urusan transportasi,
Gojek ini juga bisa buat macam-macam. Kurir untuk antar jemput dokumen, itu
salah satunya. Kalo yang lagi hits belakangan ini adalah Go-Food, jadi si Gojek
bertugas beliin kita makanan. Merchant-nya udah ada list-nya di aplikasi Gojek.
Serunya adalah, free delivery! Jadi kita hanya bayar makanan yang kita pesan
aja. Iksis banget kan? Gojek juga bisa buat beliin sesuatu ke supermarket,
antre tiket konser atau bahkan ngambil race pack kalo kita mau ada ikutan event
lari :D
Kalo Gojek mungkin nggak terlalu hangat isu keamanannya ya. Secara
kalo kenapa-kenapa, ya tinggal lompat bisa deh dari motor. Hehe.
Beda sama Uber yang berkembang dari luar negeri, Gojek ini
murni bikinan anak Indonesia. Coba aja Googling, deh (maap gue lagi buru-buru
nggak nemu link beritanya. Ini hasil ngobrol sama tukang Gojeknya). Hal ini
mungkin menyebabkan penerimaan Gojek lebih cepat di masyarakat dibanding si
Uber, ya.
Kalo Gojek sistemnya bagi hasil 80% buat pengemudi dan 20%
untuk manajemen, maka Uber konon kebijakannya tergantung dari pengusaha rental
mobil masing-masing ke pengemudi. Kemarin sempat ngobrol sama pengemudi Uber
yang ditentukan targetnya per hari. Tapi ada juga yang nggak.
Yang gue suka dari kedua aplikasi ini selain memudahkan hidup
gue, juga pihak pemberi kerjanya ngasih harga cukup tinggi ke pekerjanya. Coba deh
kalo naik Gojek atau Uber ngobrol sama pengemudinya. Pasti rata-rata mereka
puas dengan sistem pembayaran atau penghasilannya. Ada pengemudi Uber yang bisa
dapet 3-5 juta per minggu, ada juga pengemudi Gojek yang dapet 300-500 ribu per
hari.
Luar biasa, ya?
Mengenai mematikan lahan taksi konvensional atau ojek
konvensional, sih, kalo menurut gue setiap orang ada rejekinya. Sama lah kaya gue
gini. Udah expired di satu tempat, ya anggap aja rejekinya udah selesai di
situ. Kudu buka lahan baru untuk bikin dapur tetap ngebul #apasih haha!
Udah pada coba Uber atau Gojek belum?
Btw, kalo ada aplikasi di gadget yang juga bermanfaat, menurut lo apaan? Kalo gue, umm.. apa ya? Mungkin bakal jadi bahan tulisan gue berikutnya ah!
Gw belon pernah cobain Gojek maupun Uber, Lit.
ReplyDeleteSelama ini kalo males nyetir, gw masih ngandelin Bus ato nebeng. ( antara sok - sok low profile ato emang ngirit! hahaha)
Tapi bolehlah gw cobain naik gojek ntar kalo lagi ada keperluan di antar Jakarta.
Secara kalo gw naik gojek dari Tangerang ke Bekasi, Gw ngerinya pas turun dari Gojek, pant*t gw langsung pipih. Hahaha
Soook cobain,.jangan lupa masukin kode voucher gue ya biar.dapet kredit. Lumaayaaaan...
DeleteBerhubung gue tingal di Bogor, ngga bisa deh ngerasain enaknya pake Uber/Gojek. Halo, angkot! HAHAHAHAHA. Aplikasi di gadget, errrr, apa ya? Gue cm mainan IG aja sis. Boleh sis dibeli, promo! HAHAHAHAHA :)))))
ReplyDeleteIsh, kamu mah anak IG banget sis :p
DeleteWah bener juga ya Gojek bisa dimintain tolong buat ambil race pack! #penting
ReplyDeleteAhaha, beneeer! Penting kan? :D
DeleteAku masih punya voucher $20 Uber Sydney loh. Blm sempet kepake :( Pas di Sinjepoh aku kira bisa dipake kan itu voucher (untuk naksi Uber jugak). Eh ternyata nggak bisa, hahaha. Per-negara beda2 yeee.... #yaeyyalah
ReplyDeleteWah, lumayan tuh padahal! #anaknyagamaurugi
Deleteaku belum punya palikasi itu di gadget mbak
ReplyDeleteSok download geura!
DeleteGue termasuk pecinta Gojek dari jaman Gojek belum pake aplikasi tapi harus nelepon operator. Terutama sih buat ambil atau kirim barang. Sekarang setelah ada applikasinya makin sukaaa deehh...
ReplyDeleteIyaa ..kalo dulu pas telp doang dijadiin kurir udah mantap yaa..
DeleteKa kalo ada tanda petir trus kita masihpunya gratisan, itu bakalan dikenai biaya ga ka?
ReplyDeleteHarusnya nggak ya, selama biaya perjalanannya masih sejumlah credit yang kita miliki :)
Delete