Being Featured on: Female Daily!



Beberapa waktu lalu, Griss kirim email bilang mau tanya-tanya tentang kesehatan ke gue. Hal ini karena dia menganggap, gue salah satu yang giat menjaga kesehatan di Female Daily HQ. Ciyeh, aku tersanjung! Haha

Ini dia artikelnya, bisa dibaca juga di femaledaily.com

Resep Jaga Kesehatan Lita Iqtianty, Managing Editor Mommies Daily


Salah satu “kakak” di kantor yang paling asyik menurut saya adalah Lita Iqtianti, Managing Editor Mommies Daily. Kalau pernah ketemu langsung di event Female Daily Network dan Mommies Daily, mungkin banyak juga yang satu suara dengan saya. Di mata saya, Mbak Lita adalah sosok perempuan yang berjiwa muda. Kalau ngobrol dengannya, langsung terasa semangat dan antusiasmenya. Akan apa? Banyak hal. Dari karir, cara dia mengurus keluarganya, passion-nya di dunia kreatif, sampai fangirling video klip Maroon 5 bareng-bareng di kantor.

Satu hal yang saya perhatikan dari beberapa bulan belakangan ini adalah Mbak Lita cukup rutin lari di Gelora Bung Karno (GBK). Pokoknya kalau sudah siap lari sore, dia pasti ke kantor langsung pakai sepatu lari. Praktis dan nggak bikin ribet. Selain itu, saya lihat juga dari foto yang diunggahnya di Instagram kalau Mbak Lita mulai rutin mengonsumsi lemon shot. Penasaran, dong. Langsung, deh, saya tanya-tanya. Simak, yuk, obrolan kami ini!


Mbak Lita tergolong salah satu perempuan di kantor yang rutin berolahraga. Motivasinya apa, sih?
Motivasi utama buat rutin olahraga itu awalnya nggak ada apa-apa, sih. Cuma kebetulan aku tipe yang nggak bisa diem, suka nyoba hal baru, suka tantangan. Cocok ;kan sama kriteria olahraga? Dan olahraga itu bukan hal baru, udah biasa dilakuin setiap hari, at least yang gampang di rumah seperti squat, plank, push ups, crunch itu pasti dilakuin tiap hari di rumah.
Setelah jadi ibu, ‘kan maunya sehat terus, ya. Eh, maunya muda terus juga sih, ibu-ibu in denial ceritanya. Jadi makin giat olahraganya, haha!

Nah, ‘kan senang lari juga, nih. Apa yang bikin lari itu menarik dan seru bagi Mbak Lita?
Sebenernya nggak terlalu suka lari, soalnya suka ngerasa bosan. Makanya aku kalo lari nggak pernah jauh-jauh. Tapi emang lari itu bisa buat me time banget, pikiran bisa ke mana-mana, bisa ngelepasin diri dari beban pikiran. Olahraga lain ‘kan harus mikir gerakannya abis ini apa dan gimana. Kalo lari, ya udah lari aja. Nggak pake mikir.
Kalo nggak suka lari, nggak apa-apa juga, cardio ‘kan nggak harus lari. Alihkan ke cardio yang lain aja. Tapi kadang, kita mikir kita nggak suka lari karena belum pernah coba. Cobain deh, kalo emang beneran nggak suka, ya jangan dipaksain. Kalo mau olahraga rutin itu yang penting harus enjoy dulu.
Sekarang ini lari nggak terlalu rutin terutama kalo lagi musim hujan gini, tapi setidaknya seminggu ada dua kali, deh.

Lebih suka lari sendiri atau lari ramai-ramai?
Masing-masing ada plus minusnya, nih. Kalo lari bareng-bareng itu nggak berasa capeknya karena ada teman ngobrol. Susah juga, sih, ngobrol sambil ngatur nafas, haha. Kalo aku, lari ada temannya itu bikin lebih nggak bosan aja. Mau nyerah duluan juga gengsi, ‘kan? Hihi. Awal lari ‘kan suka barengan tuh, nanti di tengah-tengah, ya udah ngatur pace masing-masing aja alias bubar jalan sampai ketemu di finish line.


Kalau lari sendiri, aku merasa lebih bebas. Mau lari cepat, lari pelan, atau mau udahan, ya terserah kita.

Bagi tips lari dong, Mbak. Apa aja yang perlu diperhatikan sebelum mulai lari?
Kiatnya apa ya, yang pasti pilih sepatu lari yang cocok. Caranya? Harus dicoba, sih. Sepatu yang paling mahal, belum tentu paling enak. Saat ini aku pakai sepatu lari justru buat trail run (lari di hutan/ gunung) tapi aku ngerasanya sih enak dipakai buat lari di jalan, harganya nggak mahal pula!
Selain sepatu lari, jangan lupa pakai sport bra. Penting banget buat kaum hawa, nih, jangan sampe niat olahraga mengencangkan badan, eh malah mengendurkan bagian yang lain. Lagian sakit, lho, kalo olahraga nggak pakai sport bra!
Masalah pakaian lari sih, menurutku nggak perlu juga pakai yang mahal from top to toe. Kita ‘kan bukan atlet atau pelari profesional. Toh niatnya olahraga, ‘kan? Lari 3-5k juga udah lumayan banget menurutku. Pakai baju yang nyaman aja. Misalnya nih, nggak biasa pake celana pendek (celana lari itu ‘kan biasanya pendek banget, ya) terus karena pressure orang-orang lain pakai, jadi ikutan tapi alih-alih bisa lari, malah repot narik-narik celana pendek biar rada panjangan. ‘Kan nyusahin diri sendiri namanya?
Biar nggak bosen, lari sambil dengerin musik dari gadget itu wajib banget buat aku. Tapi pernah, sih, lagi traveling, pas mau lari lupa bawa earphone. Ya udah, larinya nggak denger musik, deh. Description: :)
Minimal sejam sebelum lari (atau olahraga) jangan mengisi perut berlebihan. Kalau bisa juga, pas mau lari itu sebelumnya makan makanan yang tergolong sebagai sumber energi atau protein, atau makanan yang gampang dicerna supaya mencegah side stitch alias si sakit perut saat lagi lari itu lho. Kalau aku, misalnya mau ikut event lari, biasanya 1-2 jam sebelumnya makan oatmeal pake pisang, terus setelah itu saat menuju lokasi, makan cokelat. Kalau minum, harus banget, deh! Mencegah dehidrasi.

Selain lari, adakah olahraga lain apa yang Mbak Lita suka?
Olahraga apa lagi yang disukain? Banyak, deh! Sekarang lagi rutin TRX. Kalo di rumah, suka yoga atau pilates sendiri atau pake aplikasi NTC (Nike TRaining Club). Alasan kenapa olahraga-olahraga ini yang aku suka, karena mereka sifatnya toning yaitu membentuk otot. Kebetulan, nih, badan emang dari dulu kurus dan body fat juga udah oke (malah nyaris minus), nah, sekarang tinggal bentuk otot aja. Pengen kaya Gwen Stefani!


Muay Thai juga sempat rutin beberapa bulan lalu, tapi karena belum punya gloves sendiri (mahal, bok!) dan terpaksa harus minjem sama camp tempat latihan, yang ada suka malas soalnya gloves yang dipake rame-rame suka…… (selesaikan kalimat ini sendiri).

Artikel selengkapnya ada di sini, ya. Silakan dibaca :)

----
Thank you Griss atas kepercayaannya bahwa gue hidup sehat. Haha. Mudah-mudahan berguna buat semua, yaaa :)

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

8 comments:

  1. berbagi rahasia hidup sehat ala mbak lita ya

    ReplyDelete
  2. aihhh... suka deh, jadi reminder untuk rajin olahraga lagi setelah stop 2 tahun karena hamil dan lahiran marathon (2 anak maksudnya), hahahaha

    ReplyDelete
  3. Baru pernah ketemu mba Vanya dan mba Afi eh sama mba Ira deng pas acara vaseline. Kali aja tar bisa ketemu mba lita wehehe. Btw gue salut sama orang yg demen olga...gue mau mule aja beraaaaaat bener hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih, iya, kita belum pernah ketemu ya? Hayiuk lah segera :)

      Delete
  4. Saya selalu kagum emang sama Mba Lita soal jaga kesehatannya. Mulai dari aneka macem buah sampe ke olahraga yang saya cuma bisa niat doang rauwis-uwis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, ini pencitraan semata! Hahaha.. Hayo, demi #sehat2015 :)

      Delete