Tragedi Mobil Ganteng



Jadi akhir tahun kemarin sebenernya ada kejadian yang tergolong tragedi #lebay.

Hari Selasa tanggal 30 Desember kemarin gue ada janji ketemu orang di Kuningan. Langit gue drop di Duren Sawit, rumah kakak gue. Nah, tadinya tuh emang nggak mau bawa mobil. Mobil taro aja di Dursa, terus lanjut naik angkot. 

mobil ganteng kesayangan

Eh sambil jalan ke Dursa kontakan sama Lia sahabat gue yang kantornya di Tebet untuk ketemuan mau anter oleh-oleh kemarin dari Surabaya. Gue pikir, oke mobil taro di Tebet jadi dari Tebet naksi aja kan lebih murah #ibubijak

Di sinilah semuanya bermula..


Persis sebelum Gembrong, gue kan lagi asik nyanyi kenceng-kenceng lagunya Rihanna yang Take a Bow, tapi dengar ada bunyi kaya mobil kena kerikil-kerikil kecil gitu. “Kretek-kretek..”, pokoknya kaya mesin kena pasir atau kerikil deh. Gue kecilin dan terpaksa pending bagian reff lagu tersebut. Memang ada bunyinya, tapi kemudian hilang.

Tapi gue lihat temperatur mobil naik. Gue mati-matiin deh AC. Tinggal dikit lagi sampe Tebet kok.
Setelah underpass Gembrong, dari kiri ada mobil masuk, gue ngerem mobil. EH REMNYA MACET.
Deg-degan dong gue. Untung emang nggak pernah jalan kenceng, jadi masih bisa hampir berhenti deh mobil gue.

Setelah itu fly over Kampung Melayu. Gue lirik temperatur, makin tinggi! Seperempat lagi mentok!
Pas turunan, lagi-lagi rem macet. Tadinya gue mau paksain sekali lagi naik fly over Stasiun Tebet kan udah sampe ke kantor Lia. Tapi gue ragu, akhirnya gue ambil jalur paling kiri, netralin perseneling dan berusaha parkir di posisi yang benar.

Ngecek mobil, ternyata ada air yang netes. Entah air apa, gue kira radiator. Telpon Lia, minta disamper, telpon Igun untuk kasih tau kondisi mobil. Sembari nunggu, minum jus! Pas deh emang, berhentinya di depan warung jus. Jusnya cuma goceng pulak. Hahaha..

Mobil kesayangan ini emang beberapa kali ngadat. Pernah gue lagi kongkow sama sahabat-sahabat gue yang cewek semua, eh bannya bocor. Akhirnya ganti ban dong! Untung walaupun perginya sama cewek-cewek, tapi setipe sama gue semua alias preman! Hahaha..

Pernah juga pergi berduaan sama Langit, nggak taunya mesin overheat. Minggir langsung dan menanti team rescue datang (baca: suami)

Pelajaran yang diambil buat pengemudi perempuan nih:

  • Ngerti mesin! Nggak harus bisa kotak katik sendiri, tapi setidaknya tau radiator ada di mana, cara buka kap mobil gimana, kalo overheat tandanya apa, dan seterusnya. Gue pernah nulis juga tentang etika nyetir dkk di sini.

  • Selalu cek mobil sebelum nyalain mesin. Air radiatornya gimana, lampu ada yang mati nggak, rem, ban kondisinya aman nggak, dan seterusnya.

  • Percaya sama insting. Kalo mobil mulai berasa nggak enak pas udah telanjur jalan, berhenti deh mendingan. Gue nggak kebayang kalo kemarin gue lanjutin naik 1 fly over lagi. Apa remnya masih bisa, apa mesinnya meledak karena overheat. Duh, amitamiiiit..

  • Berani. Mobil mogok itu bak jodoh, kadang bisa diprediksi kadang nggak #apasih analoginya? Haha. Beruntung gue kemarin berhenti di daerah yang deket kantor temen gue, deket kantor temannya Igun, pokoknya dekat. Lah pernah waktu itu bocor ban di daerah Mangga Dua (bukan mobil yang ini, tapi ya) dan gue barengannya sama nyokap dan tante-tante gue. Untung kita preman semua, jadi langsung bagi tugas, siapa yang cari tukang tambal ban, siapa yang cari satpam, dan seterusnya.

Betah amat sih, sama mobil yang suka mogok?

Wacana ganti mobil udah lama dilontarkan sama Igun. Tapi yang nggak mau? Gue. Hehehe. Call me sentimental, tapi gue sayang banget sama mobil ini. Mobil pertama yang kami beli, nggak ditambahin siapa-siapa, duitnya hasil keringet (suami) sendiri.
Satu lagi yang bikin sayang itu karena tampilannya gahar, jadi menambah kepercayaan diri gue saat nyetir atau berhadapan sama pengemudi lain yang suka oon kaya yang gue ceritain di sini.

Beberapa bulan terakhir emang Igun gencar menyampaikan wacana ini. Gue nyerah, mau ganti mobil dengan syarat: “Maunya ganti sama Cherokee” --> Cherokee kudu yang manual dan 4x4. Nah rada susah nih. Barangnya sih banyak, tapi yang sesuai dengan kantong, kan.... :D (UUD, ujung-ujungnya apaaa? Yak, duit!)

Nah, kaya begini. Tapi harusnya yang tuaan lagi sih, yang Cherokee masih kotak banget
Gue mau manual bukan berarti nggak bisa bawa mobil matic, lho. Alhamdulilah bisa nyetir apaan aja, dengan lancar dan smooth. Menurut gue mobil manual lebih bisa diakalin kalo kenapa-napa di jalan. Entah itu didorong, diakalin mesinnya, dan sebagainya. Kalau matic? Ya kudu nderek.

Yah, mudah-mudahan di 2015 ada rejekinya untuk ganti mobil yang sesuai dengan keinginan. Kata si Kokom (sahabat gue yang kemarin nyamperin juga), "Mudah-mudahan mo dapet rejeki, Neng". Amin.
Dan pastinya diberikan kerelaan hati untuk melepaskan apa yang telah dimiliki.

Btw, mobil ganteng gue itu ternyata tali kipasnya putus. Igun Cuma bilang gini ke gue pas balik dari bengkel, “Kamu kemarin bahaya banget itu, untung aja minggir”.

NAH, makanya jangan suka meragukan insting seorang Lita deh. Hihihi.

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

8 comments:

  1. Hidup mobil manulaaa... eh... manual maksudnya mba... Saya juga suka sama manual. Wkwkwk, walau sekarang pake matic, tapi tetap cinta two pedals. Kenapa? Lebih enak ngimbangin gas-nya... ngaturnya bisa lebih sesuai dengan hati dan perasaan kita (apaan sih).

    Mantab mba... ganti cherokee jeep 4WD. Pinjem ya mba.. *wink

    ReplyDelete
  2. hihihi.. sama banget mbak. sekarang pake 4x4, yang kadang ac'nya gak dingin sampe belakang. tapi aku sukakk.. soalnya garang. kalau suatu hari mau ganti ya maunya 4x4 juga. maunya cherokee, lalu si pak suami bilang.. "cherokee insyallah bisa belinya, bensininnya yang insyaallah eungap ngisinya" hahahahaha..

    ReplyDelete
  3. Hahaha, walah tos atuhlah! Ini juga mana pintu cuma depan kan, kalo ada yg mo nebeng suka repot :))) AC tuh paling nyiksa kalo lagi musim panas yang nas-nas-nas, kesian yang di belakang. Double blower mungkin nggak sih mobil kaya gini? *malah nanya*

    ReplyDelete
  4. MbakLit kita kok mirip sih... Aku n suami pun grandcivic tua yg kita cinta banget walapun rewel. Sering bgt aku lg nyetirnya trus overheat, atau rem macet. Pernah jg tiba2 kap berasep, dan yg paling horor penh ada suara ledakan gitu. Dan akhirnya aku menyerah ga berani menyetir mobil itu kalo suami lg d luar kota, serem knp2 hihihi. Tp suamiku cintanya bgt mobil itu, dimodifikasi mulu sampe ongkos modifnya ditotal udah bisa dp innova kali. Dan akhirnya tahun lalu dia ganti semua onderdil n printilan sampe kondisi mesinnya almost as good as new. Tapi aku tetep takut bok mau bawa, trauma ledakan itu hihihi (Btw waktu itu krn pipa radiator bocor)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduuuh, serem ya kalo sampe meledak itu. Aku juga nggak bakal berani tuh bawanya kalo gitu x_x

      Tuh kan ya, kalo orang bilangnya "Kenapa nggak beli baru?", ih kan sulit melepaskan diri dari barang lamaaaaaa. Apa kita tipe #gagalmoveon ? Hahahha

      Delete
    2. ga tauuu... I just love it so much karena kejadulannya hihihi

      kalo kata suamiku "itu bukan meledak kali beb, cuma suara air radiatornya mendidih makanya kayak ledakan gitu ga usah lebay deh"

      ebuseett hahahaha...

      Delete
    3. "Sayang, kalo denger bunyi ledakan dan jadi parno itu lazim kaliiiik", hahahhaa... *pukpuk* semoga kita dapat rejeki lebih buat beli mobil baru tanpa menjual yang lama ya. AMIN.

      Delete