From Online To Offline


Semakin canggih jaman, pertemanan nggak hanya harus tatap muka, tapi juga di dunia maya. Kalau beberapa tahun yang lalu, ketemu teman biasanya “oh teman SD, SMP, arisan sekolah, les, kursus, dst dsb”. Kalau sekarang makin luas, bok.

Teman multiply, forum, facebook, blogger, twitter, dst dsb...

Nggak heran kalau kita sering merasa fenomena dunia menyempit, karena bisa-bisa setiap 10 orang asing ada 7 yang tersambung dengan kehidupan kita.

Jelek nggak sih, ini?

Menurut gue sih, malah menyenangkan. Kebetulan, walaupun gue pemalu dan jarang bisa langsung akrab sama orang baru, tapi gue cukup senang kalau ketemu sama komunitas baru. Naluri wartawan nan kepo biasanya sangat membantu, karena jadi ngobrol deh :D

Nah, cukup banyak keuntungan yang gue raih dari dunia maya ke dunia nyata. Salah satunya, ya pekerjaan gue di Mommies Daily ini. Awalnya, tahun 2007, gue lagi browsing-browsing untuk salah satu program tv perempuan yang gue kerjain, eh nyangkut di forum fashionesedaily.com (dulu, sekarang jadi femaledaily.com). Beberapa kali browsing mengenai perempuan, cukup sering nyangkut kesini. Gue jadi buka-buka thread-thread yang ada, eh kok, kayanya seru. Sampe akhirnya rajin buka-buka (doang) dan akhirnya register as member pas nemu thread cek & ricek alias thread gosip! Hohoho, jadi gue adalah satu-satunya member FD yang register bukan karena make up, skin care atau tas/ sepatu, melainkan karena gosip.

Sejak itu, kayanya tiada hari tanpa buka FD. Mulai kenal sama member forum lainnya, tapi gue ga pernah ikut gathering, karena memang dulu biasanya gathering lenongan mulu, hihihi, eike bengong dong! Perdana ketemu sama anak-anak FD pas gue hamil, di Citos, itu pas Ragil (Staragilite) mau berangkat ke Kanada. 
Kiri- kanan: Indrya, Amy, Cankir, Chekka, Ijoli, Gue, Chelinx, Alya, Tjepi. Citos, 2008

Tahun 2009, Vanya yang udah kerja tetap di FD cerita-cerita tentang mau bikin situs parenting dan ngajak gue untuk nulis-nulis disana. Terus ga lama, Affi juga menghubungi untuk gue nulis-nulis buat MD, tentu gue mau dong. Jadilah, sejak MD pertama muncul, gue udah nulis disini. Sampe pas gue lagi suntuk sama kerjaan gue di agency, Hani tau-tau muncul dan nawarin mau nggak full time di MD. Long short story, sejak November 2010 gue full time deh, di Mommies Daily.

Bekerja yang bidangnya di dunia maya ini membuat gue semakin punya banyak kenalan yang cuma kenal di forum atau twitter. Nah dari dunia maya, nggak lengkap rasanya kalau nggak nyambung ke dunia nyata alias kopi darat.

Disini nih, berbagai keseruan terjadi. 

Yang di twitter cerewet, ternyata pas ketemu kalem
Yang di twitter judes, ternyata pas ketemu manis
Yang di twitter sering ngeluh, ternyata rajin sholat
Yang di forum sering nanya, ternyata punya pengetahuan lebih
Yang di forum rajin FOTD, ternyata sehari-hari jarang dandan
Yang di twitter ngaku gendut dan rajin diet, taunya langsing
Yang di twitter keren, ternyata aslinya juga *ini gue banget- timpuk bakiak*

Banyak yang bilang, dunia maya jangan dibawa ke dunia nyata. Misalnya, nggak temenan di facebook, bukan berarti nggak temenan di dunia nyata kan? Lah banyak temen gue nggak temenan sama suami/ pasangan mereka di facebook.

Alhamdulillah, sejauh ini gue belum pernah merasa dirugikan dengan bergaul di dunia maya. Malahan dapat teman baru, misalnya emak2 Bekasi yang tadinya kenal di forum/ twitter, jadi rajin mengoyen di weekend sore.
Salah satu sesi dimana Indah bikin tutorial di tengah2 foodcourt :p

Yang nggak kalah penting lagi, buat diri gue, dapet aneka pelajaran dalam kehidupan yang bisa gue lihat di timeline twitter setiap harinya. Belajar bersyukur lihat mereka yang rajin ngeluh. Belajar kritis melihat mereka yang pintar. Belajar mawas diri kalau ada twitwar. Belajar menahan iri kalau ada yang sukses. Belajar pura-pura ga baca timeline-nya @adadiskon. Belajar cari jalan keluar kalo @infoll udah bilang macet dimana-mana. Banyak banget, kan? :D



Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

12 comments:

  1. Itu yang di twitter rame aslinya kalem pasti sayah *uhuy*

    ReplyDelete
  2. hehe, saya nih, penggemar offline tulisannya Neng Lita ;)

    ReplyDelete
  3. pasti yang di twitter sering bilang gendut,rajib diet pasti gue aslinya langsing *dilempar bakmi bangka*

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak aja, bakmi bangka mah, ga bakalan gue lempar, weeeekkkk :p

      Delete
  4. Gue sih kayaknya sama aja ya imagenya baik di dunia maya maupun nyata, eheu. Jutek tapi baik hati. Jiyaaah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan cuma dunia maya, tapi jamanSMA juga imej lo udah judes :))

      Delete
  5. Foto itu berbicara lho!
    Yang di twitter judes, cerewet tapi aselinya manis dan pemalu itu gw. Liat aja foto gw di postingan loe. mendukung kan ? *shy shy girl gitu...*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh tentukan dong, Ndah, mau shy2 girl apa wanita sholeha? :D

      Delete
  6. klo gw ditwitter gmn ya??? lah kok malah nanya :D

    tapi gw sependapat sama paragraf akhir, klo ternyata media sosial itu banyak pelajarannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu di twitter, umm.... (isilah titik2 dibawah ini)

      Banyak, banyaaaak banget pelajaran yg bisa didapat dari socmed!

      Delete