Belajar Meninggikan Level Ikhlas



Kemarin pas pulang kantor gue biasa lah, nebengers ke Ningsih naik motor. Sebagai #anakojekbanget dan #nebengersberat gue tuh emang lebih demen naik motor. Karena lebih cepat aja gitu, bisa selap selip :D

Seperti biasa juga, gue nebeng sampe PGC yang dulunya terminal Cililitan. Dari situ gue tinggal naik angkot K58 jurusan Cililitan- Bekasi via tol. Cuman 6 rebu perak, sampe dah..... rumah? Jangan harap! Masih nyambung, lagi-lagi ojek atau angkot kecil. Tapi demi ngejar waktu, pokoknya tiap hari harus sampe rumah sebelum Langit tidur, jadi ngojek dah.

angkot k58 yang di sebelah kiri foto. foto minjem sama Tribun
 Nah, setiap naik K58 ini (yah setiap naik angkot sih, sebenernya) gue ketemu sama berbagai macam orang dari berbagai macam latar belakang dan karakter. Mulai dari yang demen ngemil dalam angkot (gue juga sih, ini..haha) terus buang sampahnya di kolong kursi (kalo ini gue enggak, dong!), ada yang pernah munse gara-gara duduk di kursi tambahan terus tol macet berat (kebayang kan lo, capek pulang kantor jalanan macet eh ada orang munse. Deym), ada yang body guede tapi nggak mau geser atau inisiatif bayar dua orang, ada juga berbagai tukang jualan yang baru ngambil stok barang.

Kemarin, gue bareng sama tukang buah yang bikin gue salut dan terharu sama sikapnya...


Jadi Si Abang Buah ini (mari kita singkat jadi Si AB) gue ada beberapa kali bareng sama dia di angkot. Dia selalu bawa sekitar 2 karung buah. Iya, 2 karung guede yang katanya kira-kira isinya 1 karung itu sekitar 20kg. Si AB selalu duduk di kursi tambahan berdua sama karung-karungnya. Jadi doi bayar dua.

Tadi, dia duduk di posisi yang sama.

Ada seorang ibu yang duduk di depannya nanya, “Apaan ini bang?”, basa basi kali ye. Si AB, yang usianya sekitar 30-an akhir bilang, dia bawa buah. Baru aja ngambil stok dari Pasar Kramat Jati. Fyi, Pasar Kramat Jati memang sering jadi pusat pengambilan barang para pedagang eceran. Dulu waktu nyokap tinggal di Condet, kalo gue nemenin ke pasar udah kaya masuk ke H&M, bawaannya mau beli semua! Gimana nggak, ikan dan makanan lautnya segar-segar banget, belum lagi ayam, sayuran, buah, iiiih....!!!

Ok, fokus, Lit.

Lalu Si AB nawarin ke ibu tadi, “Ini ada salak bu. Salak Pondoh. Manis banget! Mau cobain?”. Si AB tiba-tiba bergegas buka 1 karung kecil yang dia pangku. (ho oh, udah bawa 2 karung yang total beratnya sekitar 40kg, masih juga dia bawa karung kecil. Pegimana ngangkutnya cobak?).

Si Ibu menolak, nggak enak. Si AB kemudian ngupas salaknya, terus nyodorin ke Si Ibu, “Ambil aja nggak apa-apa bu, udah saya bukain lho..”. Si Ibu ngambil setengah, kemudian sisanya dia  tawarin ke penumpang bapak-bapak di depannya. 
tuh si bapak yang di ujung, maap ye ga jelas soalnya eike di pojok terus gelap pulak :D


“Berapa nih, bang?”, kata Si Ibu.
“Berapa ya? Ya udah, 10 ribu 15 biji dah”, katanya.

Sontak beberapa penumpang (termasuk gue!) langsung histeris #lebay “SAYA MAU BANG!”. Iya, gue langsung bungkus salak. Terus singkat cerita, Si AB buka karung yang lain yang berisi jeruk, dia jual 5 biji 10 ribu. Gue beli juga dongs! Dikasih sama dia 12 biji  20 ribu, sementara salaknya dikasih 17 biji dengan harga 10 ribu.

Setelah dagangannya laku (tapi teteub menyisakan sekian puluh kilogram juga sih, cyin), Si AB lagi-lagi buka salak dan jeruknya terus bagiin ke penumpang yang pada diem aja dan ke pak sopir. Awalnya pada nolak, terutama yang penumpang, tapi Si AB bilang, “Saya ikhlas kok, bener deh” :’)

Duh, gue terharu deh. Spontan (nggak pake uhuy) gue bilang ke dia, “Makasih ya Bang, semoga lancar jualannya..”. Penumpang lain pada nyaut rame-rame, “AMIIIIN”. Gue berasa kaya ustazah..

Pas turun dari K58, gue naik ojek. Terus biase deh, sok akrab ngobrol sama abangnya. Gue cerita tas gue berat gara-gara beli buah. Eh ternyata Si Abang Ojek (mari kita singkat lagi jadi Si AO) kenal sama Si AB.

“Si Arab ya? (ternyata panggilan Si AB itu Arab) Yang tadi turun banget mbak? Dia dagangannya bagus-bagus tuh, mbak! Dia tuh jualannya di bus-bus, jadi dari Jatibening ikut sampe Cikampek, ntar balik lagi. Begitu aja. Kalo dagangannya masih ada, anak-anak di pangkalan (ojek) sering dibagiin dagangannya juga. Kadang-kadang kalo pada beli, sama dia dilebihin 2-3 biji. Kalo kita nolak, dia marah. Katanya, kita sama-sama usaha, sama-sama susah, saya bisanya bikin seneng orang (dengan cara) begini doang”

Dengerin cerita Si AO gue makin terharu.

Hari gini bok, biasanya kita kalau ketemu orang baik itu malah jadi curiga kan, bukan seneng? Mungkin karena memang orang baik udah jarang? Atau kita aja yang kadar kebaikan di hatinya semakin berkurang, sehingga memandang orang lain juga sama seperti kita?

Semoga masih banyak orang yang dianggap hidupnya di jalanan tapi hatinya baik seperti Si AB. Mudah-mudahan rejekinya lancar, ya, Bang.

*Btw, pagi gue kemarin juga udah diawali dengan ketemu orang baik, sih. Gue kelupaan nggak ambil duit sebelum naik omprengan, duit di dompet tinggal 5rebu! Akhirnya colek mbak yang duduk di kursi sebelah minjem ongkos :D

Gue beruntung karena sebelah gue orang baik, mbak sebelah gue yang apes pagi-pagi udah dipalak suruh ngongkosin orang *salim sama Mbak Sella, segera saya gantiin duitnya yaaa..*

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

17 comments:

  1. Semoga bang Arab laku laris manis jualannya. Terharu bacanya Mba Lita..

    ReplyDelete
  2. mbaaak, iya banget deh, hari gini kita kalau ketemu orang baik bawaannya malah curiga :(
    padahal gak boleh kan ya :(

    mudah-mudahan rejekinya bang arab berkah dagangannya laris manis. amiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan beneeer, iya ya, mungkin karena orang baik udah makin jarang? :(

      amin, semoga ya..

      Delete
  3. karena orang baik itu langka.. jadi setiap ada yg mau berbuat baik beneran, kita jadi sering berburuk sangka ya.. semoga di abang laris manis jualanannya dan kemuliaan dia bikin orang seneng bisa terus terlaksana :)

    ReplyDelete
  4. Ahhhh mba Litaaaaa.. Gw terharu sangat. Gw sering bgt ktm org2 ky abang buah ini lho. Biasanya gw beli aja wlopun gw ga pengen bgt :)

    ReplyDelete
  5. saya bisanya bikin seneng orang (dengan cara) begini doang

    >> tfs ya mbak lita :)

    ReplyDelete
  6. aaaaaaa terharu :') naik angkutan memang bikin bersyukur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak ceritanya ya.. Bisa bersyukur, kadang bikin emosi, campur2 lah, hihihi

      Delete
  7. Mba Litaa, terharu banget bacanya :') subhanallah ya, pembelajaran bisa dateng dari mana aja *berkaca-kaca*

    ReplyDelete
  8. Angkot 58 (khususnya yg dr PGC ) – rata-rata yg naik sewanya sewa langganan semua..
    Sering kali sesama sewa ada yg udah saling kenal, dan FYI supir2 58, HAFAL sama semua sewanya, mana sewa yg cantik, mana sewa yg baik, mana sewa yg klo bayar kurang 500, ato kurang 1000 :D .. mereka jg hafal mana sewa yg rajin kerja, mana yg pulangnya selalu malem..

    Dan rata-rata klo sewa2 yg bawa dagangan pasti kenal ama supir2nya..

    Dan ini krn saya dekat dgn supir2 58 yg PGC saya mau kasih tau , mereka tuh tanpa kalian tau mereka sangat memperhatikan sewa2 langganannya..
    Suatu hari, saya lg duduk2 ngpbrol dipangkalan 58 ( dibelakang angkot , biasakan ada tempat kosong, yg skrg udah diisi sama mobil pemadam kebakaran ) - waktu itu udah jam 9 malam..
    Saya duduk sama mereka, mereka tuh hafal mana sewa yg biasa naik, si supir A bilang ama yg lain, “eh itu td yg cwe di kerja PGC kyknya blm keluar, tungguin dulu* , dihari yg lain, biasa ada pak Haji jg rutin naik, kalo belum pulang, pasti supir2 tanya, itu bapak haji udh pulang belum... dan mereka tahu kalian turun dimananya mereka hafal, dan ada yg pulang malem ibu2, kadang sampai ditungguin ampe jam 10 , klo gk muncul baru angkotnya jalan ..

    Nah tapi ini cerita mirisnya.. ( CURHATAN para supir )

    kejadian 1.
    Sering kali ada sewa *rata-rata* ibu2, kalo bayar pake uang gede2 mulu 50.000an, nah sering kali si supir kehabisan uang kembalian..
    Kenapa sih, mrk kalo naek angkot gk sedia uang kecil, mana klo si supir ngomong baek2 bilang, “bu ada uang kecil aja gak?” – eh si ibu malah jawab lebih galak: “ Gak ada! “ ....saya heran, udh tau naik angkutan umum, angkot pula, kenapa gk sedia uang2 keciil.. nah alhasil sering kali, bahkan berkali-kali si supir MASIH MENJAWAB dgn nada santai: yud bu, bawa aja uangnya gak usah bayar” .. ini kejadian saya liat sendiri, pas selalu kejadiannya dgn supir yg merangkap udh kyk keluarga saya, - nih supir angkot dgn plat nomor B 1469 ZY , paling seriiiiiiiiiiiiiiiiing ngalamin kejadian kyk gini..

    Kejadian 2.
    Banyak penumpang klo bayar angkot, sering kurang2, kurang 500 / 1000. Sekarang coba pikir klo dlm sehari penumpang dgn kelakuan kyk gitu 60% dr jumlah sewa sehari, udh rugi berapa si supir.. sedangkan lihat beban mereka itu berat, klo supir batangan mereka pusing pikir harus setoran ke boss minimal itu setoran 160.000 / hari .. klo si bosss harus mikir setoran cicilan mobil ke Bank tiap bulan.. belum urusan keluarganya.. nah , dlm pemikiran saya apa sih susahnya klo kita misalnya bayar lebihin 500 aja, kan itu ringanin mereka, dan tahukah bahwa supir2 tuh klo dilebhini 1000 aja mereka udah seneng banget.. dan lebihin 1000 gak akan buat kita jadi miskin jg kan :) .. klo gk mau lebihin, minimal bayar yang BENER gitu.. :)

    Kan apa yg kita tabur, itu yang kita tuai :) .. jadi mari banyak2 berbuat baik, dan bikin senang orang dgn cara yg benar, dia hepiiii kita jg hepiiii ..
    Si tukang buah ini, ngomong2 emang udah eksis.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah, pengguna 58! Toss! Iya, aku juga suka curi dengar bisik2 antara sopir, haha. Seru ya, bisa tau dari sudut pandang yg berbeda gitu :)

      Delete