Penyakit Perempuan


Perempuan itu somehow dekat sekali sama penyakit. Mulai dari penyakit yang berkaitan sama fisik sampai hati. Eaaa..

Ada penyakit yang entah kenapa dengan mudah menyerang perempuan, yaitu ISK alias Infeksi Saluran Kemih atau anyang-anyangan. Kenapa dekat sama perempuan?

Tak lain dan tak bukan adalah karena saluran pipis kita yang jaraknya pendek sama bagian luar. Eaa.. Apa sih bahasa gue? Ya gitu, jadi perempuan emang rentan sama penyakit ini deh intinya.

Gue sendiri pernah kena anyang-anyangan. Sakitnya minta ampun! Ya nggak sakit sih, lebih ke ngilu. Gimana nggak, lo kepengin pipis tapi pas pipis itu salurannya kena infeksi. Yang kena ISK malah pipisnya bisa ngeluarin darah segala.. Pffttt.. Bayanginnya aja ngilu.



Dan menurut penelitian, mereka yang udah pernah kena anyang-anyangan bisa banget kena anyang-anyangan lagi. Huhuhu..

Untuk mencegah anyang-anyangan terulang, gue berusaha mencaritau apa penyebabnya dan introspeksi diri..

Menjaga kebersihan organ intim

Kalo gue tilik lagi, pas gue kena anyang-anyangan itu pas kami baru balik dari road trip ke Bengkulu. Namanyapun road trip ya, jadi kami sering berhenti di mana-mana entah itu buat makan, salat atau sekedar buang air besar atau kecil. Nah, curiganya adalah jadi kurang bersih, entah kondisi toiletnya ataupun air yang dipakai. Walaupun udah pake tisu or whatever, namanya di perjalanan kan kondisinya nggak sehigienis saat di rumah.

Sejak itu, gue selalu menjaga supaya kondisi organ intim lebih bersih. Sering mengganti pakaian dalam, menjaga supaya kondisi organ intim nggak lembap dan satu lagi, kalau pipis di toilet umum, sebelum BAK atau BAB sebaiknya di-flush dulu toiletnya, kalo toiletnya yang duduk, dilap dulu. Kita kan nggak tau apakah ada bakteri yang nempel di toilet itu atau ngga.

Jangan menahan Pipis

Jadi, proses Buang Air Kecil (BAK) itu sebenarnya selain mengeluarkan cairan sisa yang tidak digunakan oleh tubuh lewat saluran kemih juga sekaligus ‘membersihkan’ saluran kemih dari  kotoran. Kebayang nggak kalau kita tahan pipis? Berarti bakteri tertahan di sana dan malah bisa menimbulkan infeksi.

Makanya, kalau mau pipis jangan ditahan-tahan ya. Ada seorang sahabat yang mengaku sering terkena anyang-anyangan karena jarak tempuh rumah ke kantornya luar biasa jauh dan jalur macet. Alhasil dia sering banget nahan pipis selama perjalanan. Masih inget kan kalau sekali kena ISK, kita lebih rentan untuk kena lagi?

Mengantisipasi anyang-anyangan dengan cara alami

Jangan malas minum air putih, ini yang pasti. Dengan banyak minum air putih, kita akan sering pipis sih memang. Tapi hal ini justru membantu mendorong bakteri untuk keluar dari saluran kemih.
Selanjutnya, yang saat ini lagi gue coba adalah mengonsumsi cranberry. Susah sih emang nyari buah Cranberry. Belakangan gue baru tau ada multivitamin yang isinya ekstrak cranberry keluaran PT Combiphar, yaitu Prive Uricran. Prive Uricran yang isinya adalah ekstrak cranberry ini memang diciptakan khusus untuk memelihara kesehatan saluran kemih dan mencegah serta mengatasi anyang-anyangan.

Si Prive Uricran ini dibuat dari ekstrak cranberry. Nah, seperti halnya buibu masa kini, semuanya serba di-browsing,  gue udah browse dulu dong keuntungan cranberry ini buat apa aja sih?
Ternyata memang di berbagai penelitian mengatakan bahwa cranberry ini bagus untuk kesehatan saluran kemih. Ini yang gue kutip dari livestrong.com


Cranberry juice is very effective at preventing UTIs. Cranberries contain antibacterial compounds known as tannins. Tannins prevent bacteria from sticking to the walls of the bladder and the kidneys. For an infection to grow and thrive, infectious microbes must be able to latch on to the walls of the organs. This sets the stage for infection. Through its antibacterial properties, the beneficial compounds in cranberry juice flush bacteria out with the urine.

Lebih jauh lagi, kandungan acid yang ada di cranberry berguna untuk kesehatan ginjal.


Cranberries contain quinic acid, an acidic compound that is not broken down in the body but excreted (unchanged, not broken down) in the urine. Quinic acid increases the acidity of the urine slightly. Even though it only causes a slight increase in urine acidity, this is sufficient to prevent the formation of insoluble stones (made when calcium and phosphate ions join). In people who have suffered from recurrent kidney stones, cranberry juice may decrease the amount of ionized calcium (in the urine) by more than 50 percent. This is very important in prevention because approximately 75 percent of kidney stones are made up of calcium salts, according to D.R. Guay, author of "Cranberry and Urinary Tract Infections" published in "Drugs" in 2009.


Tersedia dalam bentuk tablet dan sachet untuk diminum dengan air dingin buat yang nggak suka minum vitamin dalam bentuk obat. Prive Uricran ini bisa diminum setiap hari untuk antisipasi terjadinya ISK atau anyang-anyangan. Info produknya bisa dilihat di situs mereka http://www.mypriveworld.com/

Setelah anyang-anyangan kan gue jadi tersugesti untuk sering BAK ya, alhasil yang ada sering rasa pengin pipis tapi ternyata sedikit. Kaya anyang-anyangan gitu, apalagi kalau lagi banyak pikiran. Nah, beberapa hari belakangan ini gue coba konsumsi si Prive Uricran, hasilnya lumayan. BAK jadi lebih teratur nggak hanya sekedar ‘nengokin’ toilet doang. Hahaha.

Ada yang pernah kena ISK atau sering anyang-anyangan? Coba share kiat dong, siapa tau ada yang kelewat dan belum gue lakukan tapi efektif!

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

15 comments:

  1. iyaaa anyang-anyangan ngga enak banget. katanya anyang2an bisa karena minum es yang udah cair? mitos bukan, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mitos kayanya mah Fen, tapi nggak bangeeeet lah ya penyakit ini -__-

      Delete
  2. barusaaann kemarin saya anyang-anyangen. Baru tau kalo ternyata ada obatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Iya mbaaak, si Prive Uricran ini ternyata bukan hanya buat mengantisipasi anyang2an tapi bisa mengatasi anyang2an juga. Canggih!

      Delete
    3. Misi Mbak, si Prive Uricran bisa di minum walaupun nggak lagi anyang anyangan ? jadi bisa buat pencegahan , gitu ?

      Delete
  3. barusannnn sembuh nih gue nenggg, berawal dari anyang2 an, lalu dibiarin tapi kok nambah , diminumin obat yang dijual bebas di apotek, ngaruh bentar, lantas balik lagi dg rasa makin dashyat plus terakhir2 kyk ada flek gt d underwear .. karena udh ga tahan banget ( baca : ga bisa tidur semaleman - dan literally mewekkkk) - besok ke dokter, cek urin - positif ISK , kasih antibiotik - baru deh perlahan2 ilang *sigh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue waktu kena ISK juga gitu Deee... Omaygaaaat sakitnya ga seberapa, tapi ngilunya itu lhoooo

      Delete
  4. Thanks ya Lita, finally aku coba Uricran ini.. Dan lunayan ngaruh kalo di aku. Sekitar 2 hari ilang anyang2anku.. Nice try

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oyaaa? Waah, magic! Makasih testimoninya mbak :)

      Delete
  5. Saya pernah kena ISK berkali-kali. Awalnya pas baru nikah, mpe pas BAK berdarah. Sakitnya naudzubillah :(
    Sembuhnya setelah ke dokter.

    Trus bulan depannya kambuh lagi, ke dokter lagi.

    Bulan ketiga aman...

    Bulan keempat nikah kambuh lagi, kali ini ngga ke dokter. Sembuh sendiri setelah banyak minum.

    Bulan kelima nikah, kambuh lagi. Ke dokter deh. Cuman saya sengaja ngga minum obat karena kok feeling udah 'isi'. Qadarullah, ternyata bener..

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Beberapa waktu lalu, saya sakit anyang-anyangan karena kurang minum. Rasanya benar-benar tersiksa. Ke toilet beberapa kali, buang air kecil seperti tidak pernah tuntas. Sampai ingin menangis rasanya.

    Dari browsing di google, saya memperoleh info tentang cara mengatasi anyang-anyangan. Saya mulai dengan banyak minum air putih tapi anyang-anyangan masih belum hilang.

    Saya mencoba pijat refleksi untuk menyembuhkan anyang-anyangan. Pemijatan dilakukan pada telapak kaki, untuk gambar detailnya bisa dilihat di wanita-aktif.blogspot.com.

    Kalau sudah melakukan pemijatan dan masih belum juga hilang, biasa saya langsung periksa dokter.

    Ternyata sekarang ada solusi terbaik untuk anyang-anyangan. Ada produk baru keluaran Combiphar. Untuk ulasannya bisa dilihat di wanita-aktif.blogspot.com.

    Dengan Prive Uri-Cran, selamat tinggal anyang-anyangan!

    ReplyDelete