Baper



Kata Baper ini sejujurnya gue baru tau artinya setahunan belakangan ini. Baper emang lagi ngetren!


Intinya mah, cencitip. Apa-apa dibawa ke perasaan. Nah, ikutan ngomong baper emang keren, tapi kalo ikutan bapernya?
Namanya manusia ya kadang-kadang perasaan kita nggak stabil. Ada yang dari sononya pembawaan sensitif, ada yang karena situasi kondisi, ada juga yang ignorant.

Yang lucu adalah kalau baper dikaitkan sama sosial media. Namapun pergeseran zaman, pertemanan jadi terasa lebih praktis lewat socmed. Saling follow, bisa dianggap teman. Mem-follow akun socmed seseorang emang kadang bikin kita (terkesan) tau segalanya tentang orang tersebut. Dia lagi marah, sedih, pake baju apa, or worst, lagi berantem sama pasangannya.

Kadang nih, ada postingan teman yang kita rasa buat kita. Padahal (belum tentu) bukan. Eh, maksudnya belum tentu buat kita. Lah, follower doi ada berapa? Siapa tau ditujukan ke teman kantornya. Sapa tau ditujukan buat mbak di rumah. Siapa tau ditujukan buat kerjaan. Apalagi kalo kalimat yang diposting itu bersayap. Mengawang. Ga jelas. Kalaupun jelas, emang udah pasti buat situ?

Gue pribadi pernah sih baper sama postingan seorang teman. Soalnya emang to the point (walaupun ga mention) dan kejadiannya persis sama. Sekali lagi, namapun baper. Haha.
Tapi nggak gue panjangin. Dipikir-pikir, masalah hidup (di dunia nyata) udah berat cin. Masa iya, dunia maya, yang udah jelas namanya maya alias tak nyata, mau dibawa perasan amat?
Life goes on with or without social media.

Kemarin gue sempat upload ini di IG.

captionnya ada beberapa yang sampe minta izin repost :))

Eh banyak yang nyaut. Haha. Berarti bener kan, mungkin ada orang di luar sana yang baper dengan postingan kita. Mungkin ada orang yang akan menggunjingkan apa yang kita upload di socmed. Mungkin ada yang hanya sekadar kepo. Terus mau dipikirin?

Kalo ilustrasinya gini, gimana?


Taken from my sister's FB
Baper ga lo, lo pusing sama masalah lo, lalu lo upload ke socmed. Eh Alih-alih mendapatkan support, malah cuma dijadiin tontonan. Kan baper kaaak :))

Intinya, kalimat think before you tweet (or publish on socmed) benar adanya. Di talkshow AIMI kemarin ada yang nanya sama gue gimana kalo dicap narsis or whatsoever dengan eksistensi di dunia maya?

Jawabnya, ya nggak usah upload.
Tapi pengin? Ya upload.
Tapi ntar diomongin? Ya nggak usah upload.
Tapi pengin? Ya upload.
Terus aja sampe lebaran kuda. Haha.

Balik lagi ke diri kita masing-masing lah. Apa yang kita upload di socmed, nggak bisa ditarik lagi. Ada tombol delete sih, tapi kadang kalah cepet sama tombol screenshot. Haha.

Karena kalo mikirin perasaan orang mulu, perasaan kita siapa yang mikirin kak? After all, we can't please everyone. Rite?

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

12 comments:

  1. Hahaa... suka sama captionnya mbak :D
    Ijin ngutip juga ya. hihi

    ReplyDelete
  2. aku jugaa ijin ngutip yang quote qhisanak ya mba litaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh quote akuh, qhisanak mah yang motretin :))

      Delete
    2. ooh iyaa... gak ngeh itu depannya ada icon kameran. hihi...

      Delete
  3. haha postingannya kerennn nih mbak lita

    ReplyDelete
  4. Kita juga punya perasaan ya kak.
    Rempong klo ngurusin yg baper2 wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya kita jadi yg 3 orang menggunjingkan hahahahaa

      Delete
  5. gak usah upload, ya upload, gak usah upload, ya upload ... wkwkkwkw bikin saya ngakak jadinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa.. Lah iya emang gitu kan? :)))

      Delete