Dedikasi Lewat Tumpeng



Minggu lalu, di sekolah Langit ada Hero's Day. Seperti biasa, kalo di sekolahnya itu yang akan terjadi perayaan alias aneka lomba dkk besar-besaran bukanlah 17-an, Kartinian atau lainnya, melainkan Hari Pahlawan.

Alasannya kenapa? Lah itu saya kaga tau.

Tolong jangan disontek ini hasil karya ibu-ibu modal nekat
Anyway, diadakanlah aneka lomba termasuk untuk orang tua. Tahun ini salah satunya adalah menghias tumpeng. Kemudian ditunjuklah ibu-ibu yang katanya jarang nongol di sekolah untuk partisipasi. Protes ah, masa gue jarang nongol? Wong tiap pagi nganterin kok *ngambek*. Tapi demi persatuan dan kesatuan, gue mau aja mewakili kelas bersama 2 mama keren lainnya (kalimat bersayap, berarti mengakui diri sendiri keren).


Beruntung satu tim sama Mbak Gem dan Kakak Ira. Mbak Gem gape banget masak, ternyata astagaaah! Mbak Gem masak SEMUA lauk buat tumpeng all by herself. Sementara Kakak Ira, jangan ditanya, dia mamazilla nan kompetitip. Sampe beli serutan buat sayur supaya jadi kembang dan H- sekian lomba, latihan mulu bikin hiasan tumpeng. Warbiyasak!

Sementara gue? Nge-charge batere kamera aja, beli printilan buat hiasan, dan brief Marti buat bikin nasi dan urap 😀

Sok kerja, padahal cuma naroin sambel doang :D
Berhubung ketiganya ibu bekerja, jadi kami memang minim persiapan. Kordinasi hanya sebatas watsap grup, H-1 masih pada sibuk sama kerjaan masing-masing (Kakak Ira malah ke luar kota baru landing tengah malam), jadi kami bisa hadir on time (lomba tumpeng jam 9 pagi, stand by di sekolah jam 7 karena ada pembukaan acara) saja rasanya udah alhamdulillah banget.

Lumayan kan, gue ada gunanya? *motret*

Tapi ya, dari dedikasi kami di lomba tumpeng, gue jadi tau beberapa tips and trick seputar tumpeng:

  • hiasan tumpeng dari cabai, ketimun, dkk itu kalo dibuat sehari sebelumnya harus direndam di air es supaya tetap segar.
  • tumpeng dialasi pake styrofoam kemudian baru daun pisang supaya nasi dan lauk pauk dkk nggak ambles keliatan tinggi. 
  • peterseli itu cakep banget buat hiasan tumpeng ala-ala tanaman rambat dan buat pagar di pinggirnya karena anyaman kacang panjang itu SUSAH.
  • lauk yang bermanfaat digunakan sebagai hiasan itu telor puyuh/ telor biasa dan perkedel.  
  • nasi tumpeng kuning itu mainstream, kemarin tim kami sendiri yang pake nasi putih. Tapi nasi putihnya dibumbui, jadi gurih dan menuai pujian. Siapa dulu yang punya ide.. walaupun ga bikin tapi setidaknya dipuji, haha. Menang ga? Nggak tau. Haha.
  • daripada jumlah jenis lauk, mending fokus sama color coordination biar tampak kece waktu difoto.

Ceile alhamdulillah ya jadi tau cara hias tumpeng itu gimana. Setidaknya jadi bekal kalau di masa depan nanti Langit yang bakal ikutan lomba tumpeng, emaknya ada pengalaman.Ini berkaca dari pengalaman kemarin, kok rasanya ibu-ibu kita (gue dan Ira) tau aja gitu hal-hal yang terkait dengan dunia pertumpengan. Makanya gue jadi khawatir kan, ntar gimana masa depan Langit kalau masalah tumpeng aja gue kudu googling -__-

Semoga nanti pas kalian jadi ibu-ibu, lombanya food styling buat Instagram aja ya, nak :D

Pelajaran yang bisa gue petik dari ikutan Lomba Menghias Tumpeng kemarin adalah,

"Sesungguhnya berbahaya sekali mengadakan lomba yang melibatkan para ibu di sekolah. Karena dari sanalah bibit nyinyir berasal"
*mindik-mindik*

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

4 comments:

  1. jamur2annya lucu amat itu, pake tomat dikasih totolan mayo bukan sih mba lit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. telor puyuh, dikasih setengahnya tomat ceri lalu ditotolin mayo :D

      Delete
  2. Dikantor gue pernah bikin lomba tumpeng hari kartini dimana pesertanya bapak-bapak dan ternyata...KOMPETITIF JUGA *kejengkang*
    Ada yang minta bikinin anyaman kacang panjang sama ukiran burung bangau dari bengkoang sama istrinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. (( UKIRAN BANGAU ))

      Ini bikin kembang cabe sama tanam rambat di tumpeng aja rasanya udah keren bangaaaaay :)))

      Delete