Menabung 20 Ribuan



Ada yang pernah dengar menabung 20 ribuan nggak? Ini udah cukup lama sih ya, gue sempat coba beberapa bulan silam tapi nggak berhasil. Haha! Karena nggak nemu botol air mineral, jadi simpennya di pouch kecil aja. Alhasil sering kepake buat naik ojek :D

Kemudian Ibu Meyer @IraIndah cerita bahwa dia nabung 20 ribuan di botol air mineral, dan berhasil ngumpulin sampe 4 jutaan kalo nggak salah inget! Gila kan?
Setelah lebaran, gue mulai rutin dan disiplin ngumpulin 20 ribuan. Hasilnya? Amazing kak! Sampe hari ini udah ada hampir 2 juta!


Jadi pasca lebaran itu gue dapet arisan juga, terus dikasihnya cash kan, dan banyak lembaran 20 ribuannya. Nah, gue pikir, kenapa nggak mulai lagi dari awal ngumpulin 20 ribuan? Sejak itu mulai deh gue pisahin lembaran 20 ribuan yang gue dapet entah dari kembalian angkot, taksi, tol, dan sebagainya. Harusnya kan disimpen di botol air mineral, tapi karena gue males dan sayang ngelipet-lipet duit lembaran itu, akhirnya gue simpen di amplop bekas angpao lebarannya Langit. Hehe.

Ga kerasa banget, tiap hari bisa menghasilkan minimal 2 lembar 20 ribuan. Memang sih, konsekuensinya duit gue berasa cepet habis, secara kalo per 2 hari narik duit di ATM, terus setengahnya berupa lembaran 20 ribuan (setelah dibelanjain), kan jadi cepet habisnya ya?
Tapi kalo nggak gitu, gue nggak nabung kan?

Pertengahan Agustus kemarin, kebetulan lagi banyak banget pengeluaran dan banyak yang harus dibeli. Salah satunya kulkas. Haha. Riset harga kulkas, yang paling murah itu sekitar 1,8 yang kecil. Berarti kan gue harus ada uang setidaknya 2 juta. Iseng lah gue hitung isi amplop 20 ribuan itu, ternyata ada 1,6! Hahay! Alhamdulillah ya, nambah dikit buat beli kulkasnya :D

Oiya, peraturan dalam menabung 20 ribuan ini salah satu yang gue inget adalah harus dapet. Maksudnya bukan yang sengaja narik dari ATM lembaran 20 ribuan (yang mana sekarang udah jarang juga sih nemu ATM yang duitnya lembaran 20 ribuan).  Gue sering juga sih akhirnya kalo minta kembalian, mas/ mbaknya lagi miliih-milih lembar uang, “Mas yang 20 ribuan aja nggak apa-apa kok”, hehe.

Ada yang udah pernah ngejalanin sistem ini? Atau mau coba mungkin?

Setelah pembelian kulkas, gue akan mulai lagi nih. Tujuannya adalah titipan Langit, minta beliin Lego! -__-

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

17 comments:

  1. 2,5 tahun yang lalu aku sama suamiku memulai nabung 20ribuan dan hasilnya setahun lalu pas lahiran anak kedua, bayar rumah sakitnya pake duit tabungan itu hehehe....sekarang uang tabungan 20rbannya direncanakan buat liburan, doakan semoga berhasil!!!

    ReplyDelete
  2. maaaaau.. aku mau nyobain jugaaaaa. doakan semoga istiqomah ya mbak hahahaha.

    ReplyDelete
  3. mau dicobain deh Mbak Litaaa..semoga berhasil dan istiqomah XD

    ReplyDelete
  4. Saya pernahnya nyoba pake sistem kelipatan Mbak Lita. jadi dimulai dari 500 perak waktu itu... Besoknya harus kelipatan yang kemarin sampe saya ngerasa gak sanggup lagi trus diulang lagi. Hihihi.. Mayan banyak sih waktu itu kekumpulnya jugak. Lupa tapi berapanya. Huehehehe..
    Kalo 20 ribuan gini belom pernah. Ngebayangin seru keknya nyariin dua puluh rebuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sistem kelipatan aku mah takut lupa angka seharusnya. Kalo ini lebih mudah terus berasa jadi kaya zaman koleksi prangko, tiap nemu 20 ribu bahagia banget! Haha

      Delete
  5. Ide yang bagus, Mbak
    Pengen coba ah. 20rb kalo dikumpulin banyak juga yaaaa.

    ReplyDelete
  6. Aku juga udah mulai mb lita, ada di kantor celengannya. Gatau udah berapa, hasilnya mau beli tas baru :D

    ReplyDelete
  7. Aku juga udah mulai mb lita, ada di kantor celengannya. Gatau udah berapa, hasilnya mau beli tas baru :D

    ReplyDelete
  8. pernah nyoba nabung 20rb dan hasilnya lumayan...hahaha...hampir 400rb trus kepake karna pindah kantor malah buka tabungan. skrg dah punya anak kayaknya mau nabung 10rb aja deh, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. nggak apa, berapapun yang ditabungin, yang penting NIAAAT! Semangat kakaaak..

      Delete
  9. Pernah nyoba, tapi sampe hari ke 5 gatel pake duitnya, masih kurang kenceng nih niatnya hahaha.. Sekarang dari nominal kecil dulu aja, 5ribuan, belajar disiplin dulu huahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. taro duitnya di tempat yang susah dibongkar. Misalnya dibekuin di freezer bareng batu es gitu? :)) Semangaaaaat!

      Delete