Easy Recipe: Pie Susu Teflon



Beberapa waktu belakangan ini, resep Pie Susu yang dibikin pakai Teflon berseliweran di timeline gue. Sebagai orang yang nggak bisa masak, gue ngelihatnya kok kayanya gampil banget sih? Fyi, gue lumayan sering browsing resep lho. Dengan catatan, harus gampil, nggak pakai takaran yang presisi seperti kaya bikin cake atau kue kering di mana kalau salah jumlah telor atau kocokan atau takaran tepung dkk bisa  bantat (secara gue nggak bisa ngikutin resep bok), dan bahannya harus mudah didapat (gue nggak bisa bedain kegunaan tepung, ragam keju, dan sebagainya).

Nah, pas lihat si Pie Susu Teflon ini, kok gampil (lagian juga #kekinian gitu). Akhirnya weekend kemarin bikin, dan ALHAMDULILLAH sukses!


Resepnya gue nyontek dari @mrsresna tapi tentunya gue modifikasi secara nggak punya timbangan. Hoho.


Ini dia resepnya!

Bahan crust alias bagian bawahnya
2 cup terigu (kalo di resep Resna 250 gram) gue pake Cakra Kembar yang bisa bikin roti
1 butir telor
½ cup mentega (di resep 50 gram), lelehkan

Bahan filling
2 cup susu cair
3 sachet susu kental manis
3 sendok gula pasir
3 kuning telor
3 sdm maizena

Cara bikin crust:
Campur semua bahan sampai rata.
Ratakan di Teflon . Gue pake Teflon yang diameter 5cm (kalo nggak salah) pokoknya Teflon yang kecil biasanya buat bikin pancake.

Cara membuat filling:
Campur susu kental manis dan gula, sisihkan.
Larutkan maizena dengan susu, lalu campur ke susu kental manis yang tadi.
Masukkan 3 kuning telor, aduk rata.
Tuangkan adonan filling ke adonan crust yang udah ada di Teflon.
Ini awalnya gue bingung, kok cair banget? Takut gagal! Tapi ternyata, setelah dimasak, fillingnya jadi memadat dan cantik gitu warnanya!
Masak menggunakan api kecil, jangan lupa ditutup ya!

Berapa lama masaknya?
Kalo pake Teflon besar, sekitar 40 menitan. Nah berhubung Teflon kecil, jadi paling hanya 10 menitan aja. Kemarin, dengan resep di atas, gue jadi sekitar 4 buah pie susu.

Rasanya?
Alhamdulillah enak! *sujud syukur*

Durasi masak: 40 menit udah dari preparation sampai matang.
Tingkat kesulitan: level SD lah.

Dengan berhasilnya gue bikin ini, tingkat kepercayaan diri meningkat dan jadi pengin coba fillingnya diganti sama apel supaya jadi apple pie atau filling lain seperti keju, cokelat, dan sebagainya *mulai belagu*

Selamat mencoba!

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

6 comments:

  1. saya nyari2 resep pie susu teflon kemarin, mbak... tapi akhirnya batal eksekusi :D

    ReplyDelete
  2. wah lagi tren banget ya bikin pie susu teflon,aku jadi pingin ikutan mbak. lagi males banget bikin kue :)

    ReplyDelete
  3. Bikin ngiler ya mbak.... jadi pengen buat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikiiiin... Laporan yaaa kalo udah, hahaha

      Delete