Baking Soda Untuk Jerawat



Gue ini mungkin sombong, suka sesumbar bahwa kulit gue jarang banget bermasalah sama jerawat. Tapi emang bener sih, Alhamdulillah jaraaang jerawatan. Walau nggak bisa bilang juga bahwa kulit gue ini serba kinclong dan sehat.

Heladalah, seminggu kemarin gue dianugerahi sebuah jerawat yang cukup besar dan menetap di posisi yang cukup mencolok: di atas bibir.

Ini aslinya gede banget!

Sempat becanda-becanda, kalo pas tanggal gajian, jerawat gue bakal hilang. Eh, nggak hilang juga -__-


Long weekend kemarin, gue mulai intens merawat jerawat ini. Awalnya gue pakein obat jerawatnya Sari Ayu yang konon tokcer. Semalaman pake, besok paginya jerawat ini bukannya mongering dan hilang malahan kaya bengkak dan putih gitu (you know, macam jerawat yang tinggal meletus gitu deh).

Lalu gue padukan sama Erha Acne Treatment. Tak kunjung kempis, malahan mengeras dan kering. Oke deh!

Kemudian gue inget, kenapa nggak coba pakai baking soda?

gambar dari sini

Caranya hanya campur baking soda dan air sampai berbentuk pasta, lalu oleskan di jerawat diamkan selama 15 menitan. Setelah itu basuh dengan air.

VOILA!

Langsung nggak bengkak lho! Tapi memang masih ada bekasnya :(

Kok bisa secepat itu baking soda membasmi jerawat?
  • Baking soda memiliki sifat amphoteric yang artinya bisa bertindak sebagai acid atau base sehingga bisa menetralkan pH kulit. pH yang nggak seimbang, rentan mengundang bakteri atau dalam beberapa kasus, jadi jerawat.
  •  Baking soda membantu mengeringkan kulit, menghilangkan minyak berlebih yang bisa menyebabkan clogged pore atau jerawat. Baking soda mengandung antiseptic dan anti inflammation sehingga bisa mengecilkan ukuran jerawat.
Selain membantu menyembuhkan jerawat, baking soda juga bisa digunakan untuk exfoliator, pembersih dan masker. Gue pernah beberapa kali pake baking soda untuk exfoliator, emang beneran cepet sih bersihin blackhead atau komedo. Yaaaa… buat bersihin karatan aja bisa, apalagi sekedar blackhead! Haha.

Nah, berkaitan dengan di atas, buat yang punya kulit sensitif, sebaiknya hati-hati kalo mau coba pakai baking soda. Soalnya emang bikin kering, sih. Kalo gue kan, walau udah 35 tapi produksi minyaknya masih aktif. Hehe. Kalau mau coba pakai baking soda sebagai cleanser,masker, or whatever, sebaiknya nggak lebih dari 2 minggu sekali. Soalnya kalo keseringan malah bisa merusak pH balance, yang ada bikin kulit break out dan berjerawat.

Oiya, emang masih banyak sih kontroversi seputar penggunaan baking soda ini. Makanya kalo gue sih, sebaiknya dites dulu sedikit untuk tau cocok apa nggak. Kalaupun cocok, bukan berarti semena-mena bisa pake setiap hari. Ada baiknya kalo kita tau kondisi kulit kita lebih dulu sebelum mencoba sesuatu.

Ada yang pernah cobain pake baking soda buat perawatan kulit?

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

10 comments:

  1. Pas banget soalnya lagi jerawatan tiba-tiba.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillaahhh ketemu postingan ini. sama banget mbak, selama ini sering sesumbar ga pernah jerawatan. Eeehh beberapa hari terakhir bermunculan. Udah coba macem-macem cara tapi tetep aja, sembuh satu, muncul baru, sembuh satu, muncul baru. Gitu terus :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, lesson learned: jangan sombooong :D

      Delete
  3. mbak, baking soda sama baking powder sama enggak ya? aku minta dibeliin baking soda sama ibu, kok dibeliinnya baking powder -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku juga bingung! Maap ga bantu ya.. Hihihi..

      Tapi mending cari yang baking soda deh, baking powder ntar kulit kita ngembang kaya adonan, gimana *ga tau deh bener apa ga, secara ga bisa masak* :)))

      Delete
    2. Baking soda itu sama aja soda kue ka

      Delete
  4. Jerawatan di usia 35? Sama. Aq dulu sombong muka oily tapi gak jerawatan. Tapi begitu abis ultah ke 35 mukaku jadi kayak langit malam nan cerah penuh bintang bertaburan n bikin aq kalap beli yg juta2 tapi gak ada hasil. Trus aq double clensing pake oil lanjut cuci pake madu+oat, hasilnya lumayan meski saat dtg tamu dianya datang juga, yah lumayanlah cuma 4-5biji. Ini mau juga nyoba ah pake soda kue kayak kamu. Dibikin pasta trus ditotolin ke jerawatnya. Kira2 kempes gak ya? Udh kayak bisul2 nih.

    ReplyDelete