Pengguna Ojek Pasti Tau!



Jauh sebelum ojek online ngehits, gue udah naik ojek. Bahkan waktu ngantor di Kemang, guelangganan ojek. Iya, dari Bekasi- Kemang, pulang pergi naik ojek. Nggak pegel? Ya pegel, cuma demi kelancaran perjalanan, gue pilih ngojek aja. Karena nggak berani bawa motor sendiri, terlalu malas nyetir mobil sendiri, terlalu gerah naik angkot, ga kuat bayar kalo naik taksi. Hehe.
 
 Kalaupun akhirnya berhenti langganan, lebih karena tukang ojeknya yang nggak tahan bok. Mereka yang pegel ternyata. Haha. 

Berdasarkan pengalaman gue sebagai certified ojek consumer, gue pun merangkau berbagai hal yang mungkin pernah dan hanya dialami oleh para penunggang ojek.

Helm kekecilan berarti migrain datang. Ya kalo naik ojeknya less then 5k sih ga berasa ya, helm kecil. Tapi kalo 20km macam gue, gimane? Hal yang pertama ini esensial banget buat gue. Secara ya, gue ini berkepala besar (lirerally), pake helm Gojek yang size L aja gue masih engap. Well, ini mungkin gue aja yang bermasalah ya?

Pake masker atau buff dan jaket! Sedekat-dekatnya jarak naik ojek, gue selalu pake masker dan jaket. Dulu sih suka bodo amat. Tapi makin ke sini, polusi kan hebat banget ya. Kasihan pernafasan gue kalo diekspos oleh berbagai asap knalpot di perjalanan. Kalau jaket, selain karena angin (gue ini gampil banget masuk angin. Iya deh, nggak ada penyakit yang namanya masuk angin, tapi you know what i mean lah ya. Jarak 2 km ga pake jaket naik ojek aja, gue bisa dengan mudah greges masuk angin. Mungkin karena badan ini tulang doang ya. Alasan selanjutnya gue pake jaket tak lain tak bukan adalah gue sebel kalo baju gue bau asap. Apalagi kalo hari itu bakal ada miting atau ketemu orang. Nggak banget deh.

Jangan pake rok kalo mau nyaman. Pake rok berarti, duduk miring. Ya kalo cuma dari Ambas ke Mega Kuningan sih ga apa duduk miring. Kalo 20km? Udahlah pegel karena jarak, duduk miring pulak!
 
Trik gue kalo pake rok adalah pake legging lagi di dalamnya. Jadi bisa duduk nyaman deh. Oiya, pake celana berpipa lebar juga nyebelin. Pernah dong, pipa celana gue masuk ke dalam rantai ojek. Selain bete karena celana jadi rusak, ini juga bahaya. Inget kan pernah ada berita seorang ibu yang meninggal karena roknya masuk ke dalam rantai motor lalu dia kepental jatuh? Better safe than sorry.

Nggak usah dandan deh. Daripada makeup lo ketiup angin atau luntur lagi gegara keringetan? Kalo gue, dari rumah hanya pake sunblock dan alis (wajib!), sisanya lanjut di kantor aja. Itu juga kalo inget. Hehe. 


 
Jangan juga pake lipstik deh. Ya tau sih, sekarang lippen lagi hits. Dan banyak banget yang klaim lipstiknya kissproof. Tapi masker-proof ga? Gahaha.. Kan nyebelin tuh kalo lipstik lo nempel di masker lalu maskernya geser-geser. Yang ada belepotan deh tuh lipstik. Ya nggak sih?

Taro tas di tengah, antara lo sama abangnya. Alasan pertama hal ini dilakukan adalah untuk meminimalisir penjambretan tas. Udah banyak lho kasus tas dijambret di atas motor. Kalo cuma tasnya doang yang keambil sih ya kesel doang, tapi kalo sama kitanya jatoh juga? Mitamiiit... Selain itu juga meminimalisir tas lecet karena kesenggol stang motor lain. Tau sendiri kan pengendara motor zaman sekarang agresifnya kaya jomblo tahunan lagi PDKT.
 
Alasan yang nggak kalah penting adalah supaya kalo ngerem mendadak badan kita nggak langsung nempel ke abangnya. Bukan muhrim kak *benerin kerudung*

Double cleansing. Iyak, kalo naik ojek kudu rajin bersihin muka. Secara debu, keringat, polusi nempel semua kaya prangko! Kalo ga rajin bersihin muka, kelar deh. Jerawatan iya, muka kusam apalagi. Idiw, nggak banget. Harus tetap kinclong dong walo naik ojek hahaha!

Kacamata item. Bukan buat gaya, selama ada sinar matahari, sebaiknya pake deh. Selain buat menghalau debu, juga supaya mata ga mengerenyitkan dahi. Kalo sering-sering dikerutkan dahinya, berpotensi wrinkles lho. Hahaha.
 
Hal yang sama dengan: jangan lupa pake sunblock! Naik motor, walau pake jaket, helm, buff/ masker, tetap aja potensi terpapar sinar matahari besar. Nah untuk meminimalisir risiko kena penyakit kulit akibat sinar matahari, wajib deh pake sunblock.

Ini sih berdasarkan pengalaman ya. Kalau kalian percaya sama Mbak Certified Ojek Consumer alias saya, maka ikutilah saran saya. Kalo nggak, ya tanggung sendiri akibatnya!
 
Ada yang mau nambahin?

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

12 comments:

  1. jaman kerja juga aku milih ojeg apalagi kalau udah macet

    ReplyDelete
  2. Kacamata item juga menhindari katarak di usia lanjut ntar mak.

    Btw lippen masker-proof gw udah nemu donk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia! Serem ya book..

      Btw apa tuh lippen masker-proof? Bisikin dooong

      Delete
  3. Kacamata item juga menhindari katarak di usia lanjut ntar mak.

    Btw lippen masker-proof gw udah nemu donk....

    ReplyDelete
  4. Nambahin dikit, sesama Ojekers...
    1.Jaketnya kalo bisa yang semi semi waterproof gitu... Jadi kalo ujan rintik doang.. masih gapapa di teroboss..

    2.Bawa kantong plastik, kalo pas ujan badaii si sepatu mending di masukin ke plastik. Soalnya pernah kejadian beberapa kali karena sering di ujan-banjir-keringin-ujan lagi, sepatunya cepet rusak :'( Hiks
    *)trus ujan ujan, bare feet (alias ciakah) aja gitu gw pede... -> ini mah gw ajah..

    HEHEHEHE..




    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor 1 aku setujuuu! Selain waterproof di musim hujan gini pilih yg lapisannya double juga, biar tetap hangat kalau habis kehujanan :)
      Nomor dua oke jug tuh! Sekalian sedia sendal jepit kali gaaa, masa bare foot, ntar kalo kena knalpot atau kaki harus turun ke jalan aspal biar ga langsung kaki banget kali ya. Eh lebih mantab kalo bawa boots karet yg buat motoran sih. Lebih aman!

      Delete
  5. ojek is my choice of transport, bahkan dari surabaya ke malang :)
    https://nggelambyar.wordpress.com/2015/11/15/her-koen-ndek-internet-kon/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaas Surabaya ke Malang itu ojegnya ga sakit pinggang? Hahha.. Thumbs up!

      Delete
  6. Mantep mbak tipsnya. Sama aku juga gak bisa gak pake jaket. Bisa masuk angin.

    Sekarang kemana-mana enakan naik motor. Cepet sampe:D

    ReplyDelete
  7. dan jangan lupa makan dulu mbak :D bisa masuk angin, secara 20km yaa...mayaaan...

    ReplyDelete