We Never Know..



What's behind the closed door. 



Di era socmed kaya sekarang ini, Z bisa dengan mudah melihat kehidupan orang lain. Bukan hanya kesehariannya aja, tapi bisa sampe apa bedak yang dia pake, sepatu kesayangan anaknya, makanan favorit suami, sampe sprei yang dipakai di kamar tidurnya.

Ya, sampe segitunya.

Makanya nggak heran kalau gue suka bilang bahwa socmed itu bak pisau bermata dua. Alih-alih mau menggunakan bagian yang satu buat ngiris, yang atas malah mengiris tangan kita. Alih-alih mau sharing, disangkainnya pamer. Haha. Ya, memang kadang sharing sama pamer bedanya tipis sih, setipis kuit bawang!


Gue, sama dengan kalian semua (ngajak-ngajak nih), suka stalking. Stalking socmed siapa aja. Mulai dari yang nggak kenal sama sekali kemudian jadi berasa akrab karena tau kehidupannya lewat socmed, sampe yang tau kehidupan aslinya gimana tapi menampilkan sisi yang berbeda dari kehidupannya.

Dari sini, kadang gue (dan elo semua, iya ini ngajak-ngajak) kadang mengambil kesimpulan atas seseorang. Kadang memutuskan untuk menyukai seseorang itu atau tidak.

Padahal kata pepatah kan don't judge by it's cover. Kalau dulu cover kita adalah penampilan fisik, maka sekarang cover kita adalah apa yang kita tampilkan di dunia maya.

Ada yang di dunia maya citra yang ditampilkan serba glamor, printilan yang dia pake serba bermerek desainer, tapi aslinya biasa banget. Maksudnya, down to earth aja gitu, makan di warteg juga mau.

Ada juga yang menampilkan citra pake barang bermerek buat anaknya, gendongan yang harganya jutaan rupiah, benda anak terkini punya, survei sekolah anak selalu yang kelas atas atau yang UP-nya bisa buat DP rumah. Padahal aslinya emang biasa aja. Ternyata barang yang dimiliki sewa, lungsuran atau pinjaman.

Apa contoh pertama lebih baik dari yang ke dua? Yah, itu mah terserah Anda. Sah-sah aja kok menurut gue, kita mau menampilkan citra seperti apa di socmed.


Persis seperti artikel mrsalwaysright tentang pernikahan realistis, kita kadang memimpikan kehidupan pernikahan (eh nggak cuma pernikahan ding) orang lain. Yang serba romantis, bahagia, kocak, dsb, padahal kita nggak tau apa yang terjadi di balik pintu rumahnya. Apakah seindah yang ditampilkan di socmed? Apakah perjalananAshanty menghadapi Loli dan Jiel semudah dan semesra yang ditampilkan di socmed? (duile teteub lho Ashanty, haha)

So my friend, wise man says, rumput tetangga selalu tampak lebih hijau daripada rumput di rumah kita. Dan gue percaya si orang bijak itu (yang entah kenapa man bukan woman) pasti pernah mengalami hal serupa sehingga dia bisa mengeluarkan pepatah yang mendarah daging itu. Ya ga?

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

19 comments:

  1. Habis baca postnya trus metenungkan gambarnya kok rasanya makjlebjleb ya Mbak?

    ReplyDelete
  2. Iyaaa... Kesimpulannya, jangan iri sama kehidupan orang lain yaaa.. :D

    ReplyDelete
  3. Apa yang terlihat belum tentu seperti apa adanya di belakang itu ya Lit.. :)

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. kesimpulannya, nikmati dan syukuri kehidupan kita :)

    ReplyDelete
  6. hai mbak lita..salam kenal..

    makasih banget banget buat postingan ini..duh nyes banget deh rasanya!secara aku lagi dalam masa gampang baper nih liat pasangan-pasangan romantis di timeline sosmed aku..haha

    jadi mari sekarang banyakin bersyukur kalo gitu ya *okesip*

    ReplyDelete
  7. Akoooh... Akoooh iri sama kamu..
    Kenapa kamu segitu2 aja badannya sedangkan akoh makin membulat sekarang #ehgimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ga tau ya perjuangankoh badannya segini-segini ajah? #drama

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. Akooh juga iri sama kalian berdua...boong banget udah punya anak..mana mama bagian gelambirnya. GAK ADA!! Aku irrriiiiiii

      Delete
    4. Lho, mau liat banget? Aurat kak! :))

      Delete
  8. Akoooh... Akoooh iri sama kamu..
    Kenapa kamu segitu2 aja badannya sedangkan akoh makin membulat sekarang #ehgimana
    ========================================================================
    naaah gw sama nih kaya rini... iri sama badan kmuu :D

    tapi emang deh harus banyak2 mensyukuri apa yang sudah ada di berikan Allah sama kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Kamu hebaat mak, sepedaan mulu!

      Iyaa, betul harus banyak bersukur banget.. :)

      Delete
  9. Bagi stalkingan dong...masak @hotguysreading melulu #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adaaa hotdadgroceries kalo ga salah tuh! Hahaha...

      Delete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete