Voucher Taksi

Gue kenal sama voucher taksi pas magang di tabloid hiburan sekitar tahun 2002 *bok, lama ya*. Gue rasa banyak juga lah yang akrab sama voucher ini. Biasanya kantor-kantor besar pake sistem voucher untuk memudahkan transportasi karyawan yang berhubungan dengan kerjaan.

Kalo pas di TV, ph dan agency kebetulan nggak sering make voucher, karena gue tim produksi jadi driver selalu siap menanti. Secara ya, syuting itu perabotannya banyak.

Sejauh ini, kayanya gue nggak pernah menyalahgunakan voucher, sih. Menurut gue lho ya. Wong kalo miting sekalian berangkat atau pulang kantor aja gue tetap pilih naik bus Trans Galaxy atau omprengan. Palingan, misal nih miting atau event di kuningan atau GI, ya gue naik angkutan umum dulu sampe  semanggi, abis itu baru lanjut naksi. Kadang kalo pulang miting atau acara kemalaman aja atau nggak ada angkutan baru deh pake taksi.

Rugi? Ga tau juga ya, dari sudut pandang mana lihatnya.

Ada beberapa cerita tentang voucher taksi yang pernah gue dengar dari pak sopir nih, mudah-mudahan inget semua..


Yang pertama tentang karyawan baru pakai voucher taksi.
Jadi ceritanya si bapak sopir daper tamu, argonya 47ribu sekian. Pas si tamu nyerahin voucher, ternyata angka di voucher persis sama dengan yang ada di argo.
"Bukannya saya nggak bersyukur bu, tapi biasanya kan orang dibuletin jadi 50ribu lah minimal, lha ini kok impas banget, hahaha.. Baru nemu nih saya!", kata pak sopir sambil ketawa.

Iya, kalo gue pribadi selalu melakukan pembulatan ke atas (ya masa ke bawah, sopirnya nombok dong) saat bayar taksi. Baik pake voucher atau tunai. Secara ya, gue sering ngobrol sama mereka dan dikit-dikit tau deh pendapatan mereka. Ngasih tips 5-10 ribu masih oke lah, itung-itung bagi rejeki.

Cerita satu lagi yang menurut gue parah adalah si tamu minjem duit sopir dengan dalih nanti akan dimasukan ke voucher.

Jadi si tamu minta berhenti di sebuah resto, pak sopir juga diajak. Setelah makan, si tamu bilang, "Pak, pake uang bapak dulu ya nanti saya masukin ke voucher". Pak sopir terpana, "Kok bisa..?".

Menurut gue ini parah sih. Yang umunnya dilakukan masukin ke voucher adalah uang tol dan parkir, kan? Karena memang sudah termasuk biaya perjalanan, menurut gue. Lha kalo sampe makan juga masuk ke voucher, kok nggak mau rugi bin ajimumpung amat yaaaaa?

Padahal menurut salah satu sopir, pool biasanya akan bertanya jika angka yang tertera di voucher bedanya jauh dengan yang terekam di argo. Selain itu, kalau di voucher angkanya di atas 250/300ribu, pool juga akan bertanya ke sopir. Nah, apa nggak kasian sama sopirnya? Yah tentu nggak semua sopir baik, ya. Tapi mari kita berhusnudzan lah sama mereka. Jangan sampe bikin hidup orang lain susah, itu aja intinya.

Ada yang punya cerita lain tentang voucher taksi?

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

2 comments:

  1. Katrok banget gw berarti Mba, baru pernah megang voucher taksi beberapa bulan lau hahahahaha :)))))

    Pernah denger cerita sih, jd si voucher kosong di jual ke supir taksinya, misalnya gw punya pocer nih ya Mba, nominal gw kosongin, trus si supir beli deh pocer itu.

    Di cerita yg gw denger, penumpang jual pocernya 150rb rupiah. Ya mungkin si supir bisa dong isi nominal di pocer tersebut 200rb, misalnya. Jadi dese untung 50rb, kali loh yaaa. Ceritanya cuma berhenti di : dia jual pocer 150ribu thok soale :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah jadi inget fen,kemarin sepupu cerita juga bahwa temannya ada yang jual voucher taksi 100ribu. Kalo dipikir kok ya gitu amat yak orang, hahaha..

      Delete