ASI vs Sufor: Never ending stories :)

Di twitter lagi rame2 ngomongin asi vs sufor.
Eh bentar, sebelumnya dijelasin dulu deh duduk permasalahannya. Jd ada artis, sebut saja dia mawar *ceile, Lampu Merah bener*. Sang artis ini kemudian menjadi bintang iklan sebuah produk susu lanjutan, bukan formula ya. Catet nih, susu formula itu buat anak dibawah 6 bulan, sementara lanjutan buat selebihnya. In this case, 1 th ke atas.

Lah, gara2 ini rame dah.
Di satu sisi, gw mah udah paling setuju bahwa ASI adalah yang terbaik. Ga perlu bayar, ringkes, dst dsb bahkan sampe 2 th juga lebih ringkes.
Note, disini gw ga bicarain buat anak 6 bulan pertama ya, ibu2 yg asinya ga keluar gimana, yg udh nangis darah gimana, perjuangan nyetok asi gimana, itu lain cerita. konteksnya kan iklan susu lanjutan, bukan formula.

Yang gw tau ya si artis cukup cerdas kok, dia ga mungkin ngambil sebuah tawaran tanpa melihat efeknya apa. Pasti ada pertimbangannya. Dia pasti sudah tau bahwa sufor dilarang beriklan, nah karena produk yg dia iklankan susu lanjutan makanya dia mau ngambil (kali ye, sotoy aje gue) walaupun efeknya panjang jg, krn si produsen ini pny produk sufor juga jd seolah2 si artis mengiklankan semua rangkaian produk susunya.

Menurut hemat gw, ditengah2 kesensitifan masalah sufor vs asi terutama bagi kalangan ibu, emang harus hati2 sih ngambil promo/ pemasang iklan tertentu (terutama buat media parenting, artis yang dikenal sbg ibu2 cerdas, dst).
Contoh kecil di Mommies Daily, kita nggak terima pemasang iklan produk susu. Kenapa? Walaupun para editornya nggak mengharamkan susu formula ( kita para ibu, tau banget perjuangan ngasih ASI seperti apa. Editor kita ada yg eping krn ga bs nyusuin langsung, ada yg selama 7 thn menyusui ga brenti2 dr anak pertama berentet ke anak ketiga, ada yg akhirnya campur, dst) jd kita dari berbagai latar belakang ga mewakili 1 kalangan tertentu aja. Nah, duo owner-nya, Hani dan Affi memutuskan untuk tidak menerima produk susu. Bahkan yg cuma kampanye sayembaranya doang pun, tidak *wink*
Berat? Iyalaaah, apalagi sudah rahasia umum ya bahwa produsen susu duitnya banyak :D nah buat media tentu ini makanan empuk dong. Tapi alhamdulillah, kami komit dengan apa yg diputuskan. Buat apa? Trust dari pembaca.

Kalo ngomongin asi vs sufor, sampe 365 hari ke depan ga bakal ada abisnya. Percaya deh!
ASI itu pasti yang terbaik. Tapi kalo si orangtua terpaksa memberikan penggantinya, pasti ada alasan dibalik semua itu :)

*ditulis di tengah2 kemacetan sambil duduk manis di omprengan
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

6 comments:

  1. NAH! sehati bener dah. gue jg 'geli'nya disitu. kalok elu udah ngambil/melakukan sesuatu yg gak mainstream, lah ngapa muring2 klo dikecam?
    gue ga peduli jualan susunya, ude banyak lagian yg jualan pun. tapi muring2nya itu yg lucu. harusnya dia udah tau/minimal menduga klo bakal begini.
    tapi timbang balik maki2 mendingan dia jelasin latar belakang pilihan dia, jelasin apa yg diiklankan (bukan susu utk masa ASI yg mana disarankan smp 2th. kan iklannya anaknya dah toddy tuh), trus udah. diemin aja. percuma pun diladenin.

    ReplyDelete
  2. Eh bukannya kemaren dia sempet twit yg lebih 'masuk akal' ya penjelasan gitu, tapi mungkin karena masih banyak aja yg 'cerca' jadi kesel sendiri kali ye..

    ReplyDelete
  3. Ciyeh ciyeehh tumben tulisannya bener *bales dendam komen Ita di blog saya*

    Hihihihi..

    Tapi setuju koq, kalo udah ambil satu keputusan yang ditengarai bisa memancing kontroversi, ya kita kudunya udah harus menyiapkan diri menghadapi itu semua. Kasih penjelasan yang logis, atau justru gak usah jelasin samsek. Pasang kuping tebal aja, rebes dah. We can never please everyone, right? :)

    ReplyDelete
  4. Eh btw lupa nambahin. Ih koq kasitau sih kalo MD tolak iklan susu? Ntar tambah ada yang nyolot sama MD lhoooo.. ;)

    ReplyDelete
  5. eh jadi maksudnya selama ini tulisannya ga bener gituh *kacak pinggang*

    pasti banyak lah yang nyolot nantinya, tapi kan sebelum publish udh dipikirin dulu baik buruknya :D

    ReplyDelete
  6. betul sekali, sebetulnya ok aja kalau artis tersebut iklan susu lanjutan... sayangnya adalah "pesan" yang disampaikan adalah susu lanjutan bisa membuat dia jadi "percaya diri" --- ibu mana yang tidak ingin yang paling baik untuk anaknya... saya rasa pesan ini sangat menyesatkan...

    Apa ada fakta ilmiah mengenai susu S*M bisa membuat percaya diri?
    sangat disayangkan :)

    ReplyDelete