by the way anyway busway...

Yak, apalagi kalo bukan ngomongin tentang busway :D
Tulisan gw bakalan berantakan nih, karena nulisnya sambil loncat2 (eh bukan loncat2, literally loh :)) tapi sambil ngerjain yg lain)
Banyak banget yg menghujat transportasi massal yang satu ini. Ada yg bilang egois lah, karena dapet jalur sendiri (apakabar kereta api?), ada yg bilang Jakarta belum cocok punya transportasi macam ini, mungkin dilihat dari sisi menurunkan penumpang yg 'ga biasa' yaitu sebelah kanan jalan dan DI HALTE.
Oh yes, di Jakarta sih yang namanya halte ya bukan buat nungguin kendaraan umum. Halte buat ngetem angkot/ bus. Halte buat pedagang kaki lima gelar lapak. Halte buat kios2 rokok. Halte buat, pacaran? :))
Mungkin nggak semuanya ya, tapi kebanyakan sih demikian. Yah at least berdasarkan pengalaman pribadi gw yang pernah berkantor di wilayah cempaka mas sehingga harus nunggu bus di perempatan coca cola nan legendaris dengan kapak merahnya :))
Di depan cempaka mas itu halte panjaaaaang... baguuuuusss.... tapi gw mah nunggu bus ya ga di halte (kecuali kalo ujan ye, numpang neduh). Secara didepan halte itu bejejer dengan manis metromini2 plus sopir dan kenek yg pada leha2 di haltenya. Lah, kalo eike nunggu bus disitu, tar disangkain kenek lagi *cabut jenggot pake gopekan*

Ada lagi nih kalo tante gw males naik busway alasannya, males bener ke haltenya jalannya jauh bener :)) Nah ini lagi nih, kebiasaan org Jakarta kali ya, kalo angkot bisa berhenti depan rumah mah boleh juga tuh! Dulu naik bus, kalo diturunin sama sopirnya pas di halte padahal tempat yg dimaksud jaraknya 200 meteran, pasti ngomel2 :))
Nah, kalo busway kan melatih kedisiplinan juga. Orang2 bulay juga di negeri asalnya banyak yg pada jalan kaki kok menuju ke stasiun MRT kek atau bus. Kaga ada cerita bisa berentiin bus ditengah jalan (atau bahkan jalan tol seperti di sini, hihihi)
Kan lumayan bok, sekalian olahraga :D

Dibalik segala positifnya si busway, ada juga sih yg disayangkan. Misalnya, jumlah armada terbatas untuk jam2 tertentu 1 bus trans jakarta buset dah penuhnya macam ikan pepes! Oh well, sebenernya kalo gw liat di pelem/ berita2 sih, di luar negeri sono (jepun lah ya yg sering gw liat) namanya mass transportation yah memang demikian adanya. apalagi kalo pas busy hour alias jam berangkat/ pulang kerja.
Sempet dikeluhkan adanya tindak pelecehan seksual di dalam bus trans jakarta. Akhirnya dipisahin lah ANTREAN-nya. Ho oh, antreannya aja bukan bus-nya. Cakep dah :))
Kalo di KRL ada gerbong khusus perempuan (walo katanya lebih ganas2 persaingan mendapatkan kursinya ya), coba di bus trans jakarta ada juga ya?


Akhir kata *duile, pidato bu* gw mah demen ya sama busway. Malah omong2 kosong sama suami dulu "aturan bener nih semua jakarta pakenya busway, tapi angkutan umumnya di jalur yg sama dihapus pasti ga macet"
Eladalah, kejadian! Pas waktu koridor 9 diresmiin beberapa angkutan umum yg jalurnya bersinggungan dihapuskan atau ganti trayek. Etapi macet mah teteub :D

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

2 comments:

  1. Ihihihi kocak banget sih postingannya Lit..nggak nahan untuk nggak ngakak pas baca nyabutin jenggot pake gopekan itu..ck ck. Gimana sih pencitraannya jelek banget...kamu kan tokoh mommy parenting :p

    ReplyDelete
  2. Hahahaha, gw kan ga mikir tulisan ini ada yg baca han :)) eh sekalinya ada yg baca, eloooo... hihiihihi. Abis ini pencitraan lagi deh! posting apa ya? resep masakan? milestone anak? :p

    ReplyDelete