Jangan Janji Kalau Nggak Bisa Menepati



Judulnya panjang dan cukup menggambarkan isi dari blogpost ini ya? Haha.

Di antara beribu 'dosa' orang ke gue, satu yang masuk dalam daftar paling gue benci adalah mengingkari janji. Bukan, gue bukan orang yang selalu menepati janji juga sih. Beberapa kali gue pernah lah nggak menepati janji yang telanjur gue ucapkan.



Gue ini pribadinya termasuk golongan orang yang selalu berusaha menyenangkan orang lain. Walaupun gue tau nggak semua orang bisa menerima kelakuan gue dengan positif. Tapi itu lain cerita sih.

Intinya, salah satu cara gue membuat senang orang lain adalah dengan menepati janji yang udah gue ucapkan ke orang tersebut.
 
Contoh yang paling gue ingat, geng #FDNalumni mau bachelorette party Vanya. Tanggal udah di-book dari jauh-jauh hari, tau-tau di hari H gue ambruk. Asli sakit seada-adanya wong suara gue sampe abis. Tapi atas nama memegang janji, gue tetap datang. Eh ini bukan pamrih atau apa ya. Murni emang gue pegang janji yang udah disepakati.

Di lain waktu gue ada deadline kerjaan yang udah gue sanggupi maka gue bakal feel worst kalo nggak bisa memenuhi janji deadline tersebut. Well, ini mah emang tanggung jawab kerja juga sih.

Atau kalo sama Langit deh, gue berusaha menepati janji kalo emang udah janji. Kalaupun terpaksa batal, di lain waktu pasti akan gue penuhi janji gue SEBELUM dia menagih janji. Memegang janji, menurut gue hal yang penting buat orang tua. Bukan masalah jadi orang tua yang sempurna atau apa ya. Tapi kita semua sebelum dewasa gini kan dulu juga jadi anak-anak. Pernah ngerasain dong, dijanjiin kemudian janjinya 'dilupain' sama orang tua kita karena dianggap "ah-nggak-bakal-inget-namanya-juga-anak-anak", padahal kita inget banget sampe saat ini. Gimana rasanya? pedih, kak! Walaupun mungkin remeh, sebangsa "Kalau besok malam ini tidurnya nggak ngompol, besok boleh makan es krim". Taunya besoknya ga dibeliin es krim. Sedih kan? 

Nah, hal yang seperti ini kali ya yang bikin gue berusaha sekeras tenaga untuk tidak mengingkari janji. Makanya sering terkesan rempong dengan bolak balik nanya sama lawan yang dijanjiin "besok jadi nggak", "rencananya gimana", dsb dst, dkk. Tapi itu lebih karena gue harus menyusun apa saja yang harus dilakukan di hari janjian supaya nggak yang tiba-tiba membatalkan janji.

Nggak tau, lempeng aja kali ya orangnya? Janji ya ditepati. Semacam lapar, ya makan. Ngantuk, ya tidur :D

Gue sering merasa, kok diri gue payah banget sih? Kenapa gue nggak bisa merasa cuek aja kalo nggak nepatin janji? Kenapa gue nggak bisa kaya orang-orang yang bisa aja nggak merasa ada apa-apa kalo janji yang udah dia ucapkan nggak ditepati?


Mungkin karena gue orangnya asik aja, termasuk jarang komplen dan dianggap pemaaf, nggak jarang gue jadi korban ingkar janji. Di luar sih asik aja, tapi kalo dibawa perasaan alias baper, gue suka mikir kok bodoh banget sih rasanya?
 
Ya gue nggak marah sih, karena kadang hal yang dijanjikan emang terasa nggak penting. Tapi buat gue, bukan masalah penting nggak pentingnya, tapi lebih ke janji yang udah diucapkan.
 
Rasanya pengin bilang, makanya kalo ragu mendingan nggak usah  janji. bilang aja BHAY, biar nggak manis di awal kaya minum teh manis yang belum diaduk.

Haha.


Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

6 comments:

  1. Aha! Jadi Aquarius gitu toh, Mbak. Pantesan cowokku paling inget janji dan gak suka kalo sampe batal. Beda sama aku yang bisa fleksibel dan cenderung pelupa. Hihihihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya bukan karena inget sama janji, tapi lebih karena udah janji ya harus ditepati. Hahaha... salam buat pacar yaaa

      Delete
  2. Salam kenal... toss dulu.. urusan janji aku juga termasuk yang "ribet" terutama sama anak... ga tau juga mungkin karena sesama Aquarius atau memang karena bikin dosa ketika tidak memenuhi janji. So, kl di aku, antisipasinya adalah dengan membuat janji yang insyaAllah bisa ditepati

    ReplyDelete
  3. Saya... sayaaa... saya aquarius :D

    ReplyDelete