Pernah Muda..

Berasa udah tuwir amatan gue bikin judul kaya gini. Asalnya sih, cuma pengen bilang, bahwasanya dulu pernah muda dan bandel. Lah, bandel kok bangga? Yah, mendingan gue bilang pernah bandel daripada BELUM bandel (ingat, belum berarti akan. Sukur-sukur sih, kalo nggak akan).
Masa kenakalan gue bermula saat gue kerja. Eh, nggak deh, SMA. Eh, bukan-bukan, SMP juga pernah ikut tawuran. Sstt, jangan ketawa! Alay bener, ya, gue? :))
Serius, pernah tawuran sama anak SMP sebelah. Cewe-cewe semua yang tawuran. Tapi anak sekolah sebelah curang, ajak cowo-cowo juga, tawurannya jangan bayangin kaya anak jaman sekarang yang bawa-bawa parang, ye, serem gela! Jaman gue SMP (berarti sekitar 1994, yasalam, tua amat), berantemnya cat fight-lah. Jambak-jambakan, tendang-tendangan. Besoknya dipanggil ke kantor kepala sekolah, kelas gue dari paling ujung terus ngelewatin semua kelas 2 SMP dan kelas-kelas 3 :)) abis itu dihukum dengan dijemur ala ikan asin di lapangan.
Kalo SMA nakalnya apa, ya? Ummm, standar lah, gencetin adik kelas yang songong dikit, selepet :)) tapi gue jarang turun tangan langsung. Seringnya cuma jadi "tuh ada anak kelas anu, tadi pake ini-ini.." Terus kenakalan standar lainnya, semacam ga pake sepatu yang diharuskan.
Kebetulan sekolah gue strict banget urusan sepatu, kudu item semua. Gue telanjur beli Adidas, ga mau dong, pake sepatu seragam sekolah sejuta umat. Sekali kena, suruh nyeker seharian. Teteub ga mau ganti sepatu, itu garis putih 3 biji gue warnain pake spidol item (kekeuh banget, ya?), menang dong, gue. Ehhhh.. UJAN dong dorongdong dong! Luntur warnanya, kena lagi dah suruh nyeker, sepatu digantung di leher plus dapat surat teguran ga boleh pake sepatu itu lagi.
Akhirnya gue mau pake sepatu seragaman, tapi sepatunya gue namain pake tip ex 'LITA'. Pas ketangkep sama guru, gue bilangnya, "kalo sholat sepatu saya suka ketukar". Nah, kali ini menang, walaupun harus nanggung risiko dipanggilin sama mulai dari anak sekolah sebelah, kenek metromini, dsb dst, karena pada tau nama gue 'LITA' :))
Next!
Coba-coba merokok. Eh ketauan nyokap. Nyokap cuma bilang, "kalo mau ngerokok, terserah, tapi nanti, kalau udah punya uang sendiri". Cara ini somehow berhasil. Pas kuliah, gue nyentuh rokok samsek. Nah, pas semester 3-4 gue udah kerja, jadiiiiii...punya duit sendiri, dong? Bebas merdeka!
Kenakalan lainnya, mah, standar anak muda lah. Dimulai saat kerja, sering balik malam, bahkan sering ga balik. Ya sudah, kenalan deh, dengan aneka kenakalan. Tapi alhamdulillah, ga pernah diluar batas.
Kasihan nyokap? Ummm, gue sih malah berterimakasih sama nyokap+bokap yang udah kasih gue kepercayaan. Melihat dan mengingat kenakalan kecil-kecil yang gue lakukan, gue sadar, bahwa gue tipenya nggak bisa digurui, diceramahi, diatur ini itu. Tipe gue belajar dari pengalaman. Udah ngerasain sesuatu, dan ga enak, ya ga gue ulangin. Mungkin bokap nyokap tau akan hal itu, ya. Atau mungkin juga mereka gambling menggunakan cara ini ke gue. Apapun itu, gue malah alhamdulillah banget udah pernah ngerasain yang nakal-nakal dalam hidup. Jadi ngeliat orang-orang seusia gue yang baru melakukan hal-hal begitu, gue bisa bilang, "been there, done that" (somse).
Kalo ngeliat orang yang seumur hidup ga bandel gimana? Yah, antara bersyukur, mungkin jalan hidupnya emang kudu lempeng, tapi juga kasihan sih. Hihi. Hidupnya nggak berwarna, menurut gueee... Iri karena hidup mereka lempeng? Nggak lah yau, gue bahagia bener bisa nyicipin aneka kenakalan khas remaja :))
Seorang temen pernah ngomong sama gue, "wah, Langit bakal lo protect dong, secara emak bapaknya bandel".
Jawab gue, "Langit boleh bandel, asalkan jangan melebihi kebandelan gue ditambah bapaknya" :D
Bagi gue, kebandelan yang pernah gue atau Igun lakukan malah bikin kami jadi nggak menye-menye dan cukup berani berdiri diatas pendapat kami sendiri. Insyaallah, Langit mewarisi hal yang satu itu. Amin.


sent from my Telkomsel Rockin'Berry®

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

No comments:

Post a Comment