berbaik sangka

,
suatu saat gw masuk ke lingkungan baru, dan udah diwanti-wanti nih sama sejuta kawan bahwa si A orangnya begini, begitu.. tapi dasarnya gw orang yang baik hati lagipula polos ya *uhuk* jadi ya selama didepan gue dia baik2 saja, gw anggap baik.
nggak berapa lama gw ngerasain kok ni orang sering banget ngomongin si B ke gw, tapi depan si B baik. terus ngomongin si C saat lagi sama si B, gitu2 deh. sempet kepikiran, wah bukan berarti dia ga pernah ngomongin gw dibelakang gw dong? tapi teteub si lita yang baik hati ini *huek* beramah tamah dan baik2 saja.
sampe pada kejadian yang sejujurnya gw juga udh lupa, tapi lumayan nyebelin. kalo nggak salah dia ngadu domba gw sama seorang sahabat yang gw kenal sejak SMA. nggak mempan cyin... yang ada malah gw drama2an sama sahabat gw depan orang2 biar dsangkain adu dombanya dia berhasil :D

gw sering banget di warning (warung kuning bebek itu, enak banget! -fokus woy!) sama orang2 mengenai orang yang baru dikenal. nggak usah jauh2. waktu kuliah, hampir semua temen mulai dari sahabat, seangkatan, seklub fotografi sampe beberapa senior yang deket itu ngasih tau bahwa si pria yang lagi PDKT sama gw itu nggak bener, oportunis, dst dsb. tapi gw berbaik sangka aja sama dia, alesan gw i wanna know him by my own judgement.
eh jadi deh pacaran, selama pacaran nggak sedikit hal2 yg bikin gw nyadar "oh ini toh kenapa si senior dulu blg begitu" atau "tuh kan bener, dia orgnya begitu". yah singkat cerita sih, sampe 4 tahun gw berbaik sangka sama dia, ternyata emang busuk :D

pernah juga punya feeling ga bagus sama seseorang. tapi karena ga kenal deket2 banget, jadi ya gw simpen aja sendiri. apalagi gw lihat orang2 sekitar gw juga baik2 aja kok sama dia. ya udah, gw anggap itu emang hanya perasaan gw aja. sampe beberapa tahun kemudian, baru ketahuan deh dia melakukan sesuatu yang menurut gw nggak fair aja untuk banyak orang (kalo diceritain detail nanti ketebak ah --> sok misterius)

atau banyak orang yg seriiing banget ngajakin gosipan ttg 1 orang. gw yg ga deket2 banget dan ga merasa punya masalah apa2, cuek aja. masih berbaik hati, berusaha mencari2 alasan kenapa org itu melakukan hal2 yg akhirnya jadi gosip2 itu dalam hati. intinya sih gw berbaik sangka aja dulu. sampe akhirnya mulai menemukan keanehan2 terhadap dirinya, daaaann.. sampe kejadian yang makin sadar oke, dia emang aneh ternyata"

tapi gw ga nyesel sih kenapa harus berbaik sangka terhadap seseorang yg ujungnya malah nyebelin itu. malah gw banyak ambil pelajaran dari situ, bagaimana menghadapi orang lain dan biasanya sih sekalian uji kesabaran (uji nyali kalee..)
yang pernah gw baca nih, berbaik sangka itu manfaatnya banyak. tapi yang paling kena sih, bisa membuat kita menerima keberhasilan orang lain saat kita belum bisa mencapainya.
Nah, kalo udah gitu kan hidup lebih tenang cyin, nggak sirik sama orang lain, nggak misuh2 sama kondisi diri sendiri (ya kalo nggak suka sama keadaan diri sendiri, usaha dong cyin!) dan bikin legowo kali ya :)

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

2 comments:

  1. heloww mommy lita...ijin nge link blog-nya yah di blog aku...fyi. we follow each other twitter #penting :)), btw berbaik sangka sama saya aja ya ya hihihihi....

    ReplyDelete
  2. Haaai... kami @indri19 ya? Silakan...
    gw berbaik sangka sama semua org kok, hihihi...

    ReplyDelete