Belanja Bulanan Perlu Strategi



Perempuan itu pasti akrab dengan yang namanya belanja bulanan. Belanja bulanan, menurut gue emang nggak cuma identik sama ibu-ibu doang. Tapi yang masih single juga mengalami deh. Apalagi anak kost, pasti punya jadwal belanja bulanan juga.

Kalau dulu, gue random aja belanja bulanan di manapun. Makin ke sini, makin jagoan dong mengamati perbedaan harga dan kualitas barang antara 1 supermarket dengan yang lain. Percaya nggak percaya, belanja dengan daftar kebutuhan yang sama di supermarket yang satu dengan yang lain itu bedanya bisa sampe 300 ribuan, lho! Lumayan banget kan?


 Di bawah ini gue bahas beberapa supermarket favorit gue, ya!

Tiptop

Ini udah ada sejak jaman gue kecil. Harganya yang kompetitif emang udah terkenal sejak dahulu kala. Sayangnya, Tiptop belum banyak cabangnya nggak seperti grup-grup besar lain. Ada 3 lokasi Tiptop yang gue tahu, yaitu di Pondok Bambu, Pondok Gede dan Rawamangun. Belanja di sini dan di supermarket besar yang inisial C atau G, bedanya bisa di atas 300 ribu!

Gambar dari sini
Sayangnya, selain belum terlalu banyak cabang, Tiptop juga relatif lebih kecil tempatnya sehingga kalau akhir bulan, makjaaannnn, penuhnya kaya besok mau tutup!

Naga

Untuk urusan harga dan cabang, mirip-mirip sama Tiptop. Harga bersaing dan cabangnya belum banyak. Gue hanya tahu 3 lokasi Naga, di Pekayon, Kranji, dan Pangkalan Jati Kalimalang. 

Gambar dari sini
Naga dan Tiptop ini 2 supermarket andalan gue untuk belanja barang-barang bulanan kaya sabun batang, deterjen, sabun cuci piring, cairan pembersih lantai, pewangi pakaian, dkk. Keduanya jual ayam/ ikan/ daging, sayur, buah juga sih. Tapi gue kurang sreg aja.

Lotte Mart

Di Lotte Mart, gue paling hobi belanja buah, sayur dan aneka promo :D

Jadi gaes, Lotte Mart ini menurut gue salah satu supermarket yang QC-nya bagus. Kenapa? Karena, produk buah dan sayur mereka, kalo tampilannya doang yang nggak bagus, pasti mereka diskon. Jadi kaya misalnya pisang yang udah mateng banget kan biasanya jarang yang mau beli, ya. Kalaupun beli biasanya buat dibikin kue, bukan dimakan langsung. Nah, di Lotte ini, dijual dengan harga diskon. Atau apel/ buah lainnya, yang agak ada cacat sedikit di kulit, itu mereka juga dengan harga diskon. Buat gue yang keluarganya pemakan buah ini, tentu aja, Lotte jadi surga. Karena gue bisa beli semua buah, di rumah gue pasti cepat habis. Dan kalau nggak habis, ya tinggal dijus. Sayur dan bumbu dapur seperti cabe, bawang, tomat, paprika, dkk juga begitu.

Nggak jarang gue beli mangga 6 biji yang diskon 70% dari harga 50 ribuan, atau peach [kan ini buah mahal banget ya] dikemas dalam 1 pack isi 4 biji, dari harga 140ribu, diskon 50%. LUMAYAN KAN? Atau cabe 1 pack gede seharga 22ribu, buy 1 get 1, dan seterusnya.

Selain itu, aneka promonya Lotte juga lumayan banget. Terakhir kemarin gue beli 1 beras 5kg, 2 minyak goreng 2lt merek bagus, 1 gula pasir merek bagus juga, dan 1 kotak teh hanya 100 ribu rupiah. Iksis deh!

Gambar dari sini
Tahu Lotte suka diskonan buah dan sayur itu gara-gara dulu waktu di Female Daily kan dekat sama Codefin, di sana buka Lotte. Jadilah langganan, sampe mbak-mbaknya hapal dan kasih tahu jadwal jam berapa barang-barang diskonannya dikeluarin :D

Alhamdulillah sekarang dekat kantor, ada Lotte juga. Jadi perkara diskonan, aku juara :D

Farmer’s Market

Nah, kalau yang ini jadi kesukaan pas buka di Galaxy. Gue sih nggak belanja bulanan di sini, ya. Mahal! Tapi Farmer’s ini jadi langganan buat beli produk ayam, ikan, daging-dagingan. Menurut gue, produknya mereka fresh dan bagus-bagus. 

Gambar dari sini
Selain itu nih, Farmer’s juga punya produk yang udah siap makan kaya Gurame Goreng, Ayam Bakar, dkk. Harganya? MURAH! Moso, Gurame Goreng kering 1 paket sama sambal dan lalapan, dibandrol 25ribu saja? Terus ayam bakar juga 26 ribu. Lumayan banget kan, kalau males masak tapi ada acara di rumah? Tinggal lari ke GGP alias Grand Galaxy Park bentar, beli ayam bakarnya berapa porsi, kelar deh :D

Lulu Hypermarket

Nah, kalau yang satu ini, gue demen belanjain produk-produk buatan dapur mereka. Produk pastry mereka ini mulai donat, baguette, sampe camilan Arab/ India/ Jepang itu ada! Btw, Cheese Baguette-nya itu wajib banget dibeli. Segede tongkat kasti, harganya nggak sampe 20 ribu! Selain itu yang jadi andalan adalah aneka chiffon cake-nya yang murah meriah tapi enak banget. Cheese Cake-nya jadi andalan kalo di rumah lagi ada acara. Haha. 

Gambar dari sini
Belum lagi yang restorannya itu Nasi Briyaninya enak banget. Ada kebab, chicken tikka, dkk. Nggak hanya itu, mereka juga nyedian aneka pizza yang bisa kita panggang sendiri di rumah [toppingnya udah ada], aneka salad, aneka saus salad bikini sendiri, hummus, garlic sauce, aduh banyak deh produk-produk lucu yang bisa dirancang buat makan sehat. Hahaha! Wong di sini infused water aja dijual kok.

Selain jajanannya yang lucu-lucu, buah-buahan di Lulu juga bagus-bagus banget, menurut gue. Dan sering diskon [OH APA LAGI? SECARA SAYA #IBUBIJAK]. Tapi seriusan, gue ini cukup boros dalam belanja buah, secara ya bok, di sini 1 biji melon bisa habis dalam waktu 2 hari -__- dan itu melon doang, belum semangka, jeruk, mangga, salak, anggur, apel, pear……. Bangkrut kan, kaaaak…

Ya, jadi gue kalo belanja bulanan memang bakal berapa tahap sih. Belanja bulanan yang buat keperluan rumah itu sebulan sekali either di Naga atau Tiptop. Lalu secara partial akan belanja produk segar di Lotte/ Lulu/ Farmer’s, biasanya bisa 2 minggu sekali, dirotasi aja itu antara 3 supermarketnya. Kemudian ada juga belanja harian di tukang sayur yang lewat untuk masak hariannya.

Complicated ya buibu, kehidupan kita? Urusan belanja aja pake strategi, karena kalo enggak, duit belanja kita boncos. Ntar skincare idaman nggak kebeli, dong :D

Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

14 comments:

  1. tiptop di mana2 sm ya, mbak. problemnya: kasirnya ngantri! haha, tp kalo nggak gitu bukan tiptop namanya. kalo naga ada juga di ciracas, tp area parkirnya ngenes. tp 2 swalayan ini top banget emang murahnya. Tfs mbakLit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah makanya Tiptop sama Naga ngetopnya di kalangan tertentu, yaitu #ibubijak macam kita gini yang mau susah-susah asal dapet harga murah. Hahaha!

      Delete
  2. Aku juga milih-milih mbak kalo mau belanja bulanan. Biasanya sih di diamond. Tapi cuma buat belanja produk2 non daging gitu. Kalo daging sama sayur aku tetep ke pasar biar fresh dan murah. Lulu nih aku pengen cobain. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, Diamond apa lagi tuh?
      Aku yang mau dimasak harian itu baru beli ke tukang sayur lewat. Lagi nggak sempat mau ke pasar niiih.. Hayp ke Lulu, cus!

      Delete
  3. Ku juga tiap belanja bulanan di tiptop, oke bgt deh harganya, apalagi klo lagi promo, makin muraahh... Sampe barang yg sebenernya ga penting bisa kebeli karena masi sisa dr budget ��, ehh ini mah ga jadi hemat dan bijak ya klo impulsive hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting kepake apa yang dibeli, hahaha! Tiptop juara yaaaaa :)

      Delete
  4. Hahahahah reviewnya sekitaran Bekasi banget ya Ka. Kalo gue biasanya ke Superindo Jatibening, tinggal jalan kaki dari rumah trus suami jemput belanjaan pake motor. Superindo yang gue suka juga Jatibening doang soalnya yang lain agak-agak berantakan tatanan produknya :( .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga #AnakBekasi #GarisKeras :)))

      Aku ke Superindo kalo kepepet ada yang kurang beli/ apa, secara sekolah Langit seberangan sama Superindo, jadi lebih gampang aksesnya :D

      Delete
  5. deket rumah ada lotte cuma kok kayak gak bagus" ya buat buah & sayur"nya (Lotte Proyek)...paling antara superindo, giant & Carefour aja deh) penasaran lain kali mau coba ke lulu/tiptop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lotte Proyek tuh yang Lotte Whole Mart Bekasi bukan, sih? Aku sejauh ini baru belanjanya di Lotte Kuncit, Bintaro sama Kemang, selalu bagus-bagus aja dapet sayur/ buahnya. Cobain Lulu kalo mau sayur/ buahnya bagus, Tiptop juara murahnya :)

      Delete
  6. setujuuu soal pilihan belanja bulanan lo.. tiptop khusus sabun and the genk trus lottemart khusus makanan dan promo.. farmer emang okeeh banget soal ayam dkk tapi ya itu harga yg lainnya melambung..

    gw sih emg lgi suka lottemart banget..apalagi yg di gancit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hidup #IbuBijak! Hahaha, iya kaaan kalo nggak pake strategi gini, bisa rugi bandar :))))

      Delete
  7. Kalau saya sekarang malah udah jarang belanja bulanan groceries (sabun mandi, deterjen, softener, sabun cuci piring, shampoo, minyak goreng). Belanja sabun2an gitu ngeliat promo JSM (Jumat Sabtu Minggu) supermarket dan minimarket. Misal di Superindo weekend ini lg ada promo Molto yg 1,8 L harga normal 55rb jadi 39900 langsung beli 4 pouch, minyak goreng Sunco harga promo jadi 22900 langsung beli 2. Ntar misal minggu depan di Alfamart sabun cuci piring Mama Lemon promo jadi 9900 dari harga normal 14rb langsung beli 4 pouch. Minggu ini ada promo beli Koko Krunch yg wadah mangkok plastik beli 3 gratis 1 langsung beli banyak :D Kalau pas mudik ke Bandung pas ada promoan Lottemart supermarket yg 100rb dapet beras, minyak dll saya juga suka beli krn di Cikarang gak ada Lottemart supermarket. Tiptop di Cikarang nggak ada. Naga ada tapi lumayan jauh dari rumah. Kalau belanja sayur, bumbu2, ayam, ikan, daging, buah lebih prefer ke pasar atau tukang sayur keliling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, melototin promo setiap mampir ke supermarket terdekat juga udah sering kujalani, lho. Kebetulan dekat kantor ada Hero, nah Hero ini kan juga produknya bagus-bagus, ya. Kalo ada prmo-promo pun harga ternyata bersaing, pasti kubeli :)))) -intinya mah diskon!

      Di Hero juga belakangan ini buah-sayur suka promo setengah harga kalau kiranya sudah terlalu matang. Dan paling juara sih karena Jus Mama Roz suka diskon 50% di Hero :)))

      Delete