Staycation: Aston Marina Ancol

Long weekend beberapa pekan lalu, gue udah niat; kalo suami nggak ke mana-mana, gue nggak ke mana-mana dan Langit nggak ke mana-mana (yah bocahnya mah pasti ngikut orangtua bukan?), mau jalan-jalan!



Tapi seperti biasa dong, long weekend kan, ya.  Pembicaraan gue dan suami:
Gue: Bandung aja deh, kalo gitu
Suami: Pasti macet di sananya
Gue: Ya udah Puncak.. *mulai hopeless*
Suami: Yah, sama aja..
Gue: Bogor?
Suami: Macet juga, banyak angkot..”
Gue: Ya kalo ke mana-mana jauh, ke Horison Metropolitan Mal aja dah! *KZL*

Akhirnya diputuskan juga kami pergi ke…


Ancol!

Haha, jadul ya, tujuannya? Tapi siapa tau bisa dijadiin referensi buat yang mau menghabiskan long weekend tapi nggak jauh-jauh.

Pertimbangan pertama memilih Ancol ya pasti karena jarak nggak jauh, masih dalam kota. Selain itu juga, mikirnya nggak susah cari hiburan. Tinggal ajak main ke pantai aja, kelar. Kalo ke Dufan tinggal jalan (Tapi niatnya langsung ciut gara-gara lihat harga tiketnya yang nggak masuk akal, menurut gue).

Setelah cari-cari, akhirnya menjatuhkan pilihan di Aston Marina Ancol. Alasan pertama memilih ini selain jarak adalah bentuknya yang apartemen. Gue sama suami memang bukan tipe yang memilih business hotel kalau ke mana-mana. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah karena suami merokok, nah tipe apartemen kan ada balkonnya. Jadi dia pun nggak bête kalo pengin merokok nggak harus turun sekian lantai dulu. Dan dia nggak mungkin merokok di dalam kamar karena ada Langit.

Alasannya nggak oke sih, ya, karena masalah merokok. In our defense, lebih baik begini jadi semuanya happy, nggak ada bête-betean gitu.

Selain itu biasanya memang gue prefer yang ada ruangan lain selain kamar, bukan karena apa-apa, kalo ada dapur kan bisa masak sendiri (macam gue doyan masak?), lalu juga ruangan yang lebih banyak nggak ngebosenin buat kami. Bisa santai depan TV atau kruntelan di kasur, atau juga lihat pemandangan dari balkon. Lagian jika ingin berkegiatan ‘dewasa’ (haha) nggak di atas satu kasur sama anak :p

Menurut gue Aston Marina ini:

Crowded!
Jadwal check in kan jam 3 sore, gue sengaja datang dari jam 2. Nggak early check in sih, at least ngurus segala sesuatu dulu gitu maksudnya. Pas sampai sana, di depan lobby itu udah kaya pasar! Asli penuhnyaaaaaa minta ampun! Nggak bisa langsung check in, jadi tetap jam 3 mereka baru buka buat konsumen yang mau check in.

Gue nggak paham seribet apa proses check in, tapi ada kali 20 menit gue ngurusin check in. Padahal gue udah melakukan proses pembayaran via Agoda, lho.

Pengalaman sebelumnya di tempat lain, paling lama 10 menitan udah kelar.

Fasilitas di dalam kamar lumayan lengkap.
Kalo amenities kamar mandi sih, standar lah ya. kamar mandinya lumayan lengkap ada bath tub segala. Dapur juga lengkap mulai dari kompor, pemanas air, microwave, gelas, piring, penggorengan, dan sebagainya okelah.

Sayangnya nggak ada sabut cuci piring, jadi piring bekas makan gue cucinya pake sabun mandi *naluri mbak-mbak, bawaannya bebersih*


Fasilitas hotel?
Kolam renang sih pasti ada, ya. Lumayan lah buat cibang cibung anak-anak pasti demen. Kolam renangnya kenapa dingin banget ya di sana? Anginnya kuenceng! Langit yang biasanya betah aja, nggak sampe sejam mau diajak udahan.

Playground gue nggak nemu, sih. Terus restoran juga ada di bawah dan di lantai berapa gitu restoran/ café bagus yang ala-ala rooftop (apa emang di rooftop ya?).

gambar dari sini

Tapi kami nggak makan di restorannya dong, karena… bawa makan! Hahah! Gila, #IbuBijak banget nggak sih? Nggak sih, alasannya karena hari itu mbak di rumah masaknya lagi enak. Jadi suami bilang, bawa aja makanannya, hehe. Selain itu kami ke Ancol anyway, jadi makan di sana.

Lift-nya kurang sesuai sama jumlah kamar. Untuk hotel/ apartemen sebesar ini, lift-nya susah banget. Alhasil naik turun ke kamar jadi malas karena nunggu lift-nya lama banget!

Kebersihannya?
Lumayan lah. Walaupun di beberapa review di Agoda ada yang bilang kamarnya kena bocor atau apalah, mungkin kami beruntung dapet kamar yang lumayan bersih dan nggak kenapa-kenapa. Oh, tapi di sekitar kolam renang masa nggak nemu tempat sampah!

Kiat kalau mau nginep di sini:

Sabar pas proses check in dan check out. Hotel ini crowded karena memang tower-nya banyak banget alhasil orang-orang tumplek di lobby pas melakukan proses ini.

Nggak usah ribet bawa jajanan. Karena apartemen, segala jenis jajanan banyak banget di ruko bawah. Alfa atau Indomaret doang sih gampil, chinese food aja banyak! Oh bahkan tempat refleksi juga ada.

Apa lagi ya?

Ooow ini deh, perkiraan gue salah. Karena gue nggak ngeh di mana lokasi Aston Marina, gue pikir dia masih masuk area Taman Impian Jaya Ancol, taunya nggak. Alhasil pas ke Ancol kena bayar lagi, dan kudu naik mobil. Kalo jalan lumayan juga ke area pantainya.

So, mau nginep sini lagi apa nggak?

Kemungkinan besar nggak, kalau kepepet haus rasa nginep di hotel ya boleh juga lah. Lumayan daripada lumanyun :p

Eh lagian pas udah check in gue browsing tentang tempat ini kan, ternyata pernah ada pembunuhan di sini *merinding*



Lita Iqtianti

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

10 comments:

  1. *brb ikutan googling*
    aku penasaran sbnernya nginep di condotel (bener ga sih namanya mbak?) macem gini. dan rata2 kalo di Jkt kebanyakan di Jakarta Utara sana ya mbaak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya? Aku malah nggak ngeh, haha! Tapi lumayan deh tempat ini sebenarnya :)

      Delete
  2. kok horor yah baca ceritanya hahahah
    pas ke ancol kita nginep di mercure dan kebetulan dapat kamar yang baru bakan bagian lama jadi lumayan puas deh sama kamarnya dan fasilitasnya. kolam renangnya juga enak ada seluncuran anak2 seneng banget main di kolamnya ga diajak ke pantai pun mereka seneng main di kolam renangnya.

    Kalau menurut gw sih kalau mau main2 di ancol mending nginep di mercure atau discovery deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mercure udah pernah sih, lumayan banget sebenernya, kamarnya luas..
      Pas tgl itu dicovery penuh, jadi ya sudaaah nyobain hal baru :D

      Delete
  3. Aston Marina ini kan di luarnya ancol toh? Yang sebelum pintu masuk? Gue sih kurang napsu liat bangunannya di tepian jalan tol hahahaha. Soal hotel-hotel di dalam ancol juga belum ada yang mumpuni nih, plus ancolnya sendiri pantainya....ya gitu deh hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes betul, dia kan emang basic-nya apartemen Le, jadi kurang appealing lah sebagai hotel :p

      Habis kalo rindu mantai yang paling deket ya Ancol, biar kata bayar dan pantainya juga so-so

      Delete
  4. Huaaaaa. Kok pernah ada pembunuhan di sana. Kok saya jadi kepikiran pengen liburan nginep di hotel di Jakarta gitu ya. Kan suka ada promo diskon kalo weekend tuh Mbak malahan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. sering banget! Cuma kadang nih dasar ibu-ibu, kalo di Jakarta doang apalagi yang pusat kota, mikirnya "ih mending duit nginepnya dipake buat belanja" :))

      Delete
  5. kalau ada dapur bisa ngirit mbak hahaha aku itu sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah iya emang, itu aku tulis juga di atas :D

      Delete