Watch Your Eyes!



Gue pake kacamata sejak SMP kelas 2. Dulu pas SD gue udah bilang sama bokap nyokap bahwa gue nggak jelas ngeliat ke papan tulis. Padahal gue termasuk murid yang tinggi, jadi terpaksa duduk di belakang. Kata bokap/ nyokap “emang kamu kira pake kacamata itu enak? Nggak enak lho”. jadi mungkin mereka kira gue mengada-ada hanya pengen gaya. 

Pas SMP, gue semakin menderita. Penglihatan nggak jelas, lagi-lagi duduk di belakang. Sampai akhirnya pas kelas 2 bokap nyokap ajak gue periksa mata. Hasilnya, minus 2,5. Lesson learned: dengarkan apa yang anak katakan :)

Sejak itu, minus di mata gue terus bertambah dan kacamata jadi pendamping setia.
Pas gue kerja, gue mulai kenal yang namanya contact lens. Merasa pengen tampil beda, gue pun mulai rutin pake contact lens. Walaupun awalnya seram, memasukkan sesuatu ke mata, tapi ternyata nggak seseram yang dibayangin.

Contact lens kebawa tidur? Pernah. Secara gue sering ngedit sampai dinihari.
Iritasi mata? Pernah banget.
Contact lens nyelip di balik kelopak mata? Pernah.
Contact lens copot sebelah pas lagi nyetir? Pernah.

Nah, yang terakhir ini ngeri banget: contact lens ngegores retina mata x_x
Ini kejadian sekitar 3 tahun yang lalu pas gue udah full time di mommiesdaily.com. suatu hari mata gue meraaah banget yang kanan. Karena gue pikir iritasi, ya gue tetesin obat mata aja. Kelar deh, merahnya. Itu biasanya. Tapi kali ini, mata gue masih tetap merah. Akhirnya gue lepas contact lens dan pakai kacamata ke kantor. Berhubung kacamata ini Cuma dipake di rumah, jadi emang udah nggak kece. Terus rasanya di mata yang kanan nggak fokus banget.

“Oh, salah kacamatanya kali nih” batin gue, secara biasanya emang hanya dipake di rumah kali ini dipake untuk melototin laptop berjam-jam.

Akhirnya gue ke Optik Melawai untuk beli kacamata baru. Tapi kudu dites dong, ya. Sapa tau minus nambah atau apa gitu. Seperti layaknya optik, periksa mata pake yang mesin-mesin itu dong. Pas mbaknya tes mata kanan gue, gue juga ngerasain, kok itu gambar ga fokus-fokus ya? Akhirnya doi pindah ke mata kiri, langsung fokus. Pindah mata kanan lagi, tetap ga fokus juga. Lalu dia pake metode manual, yang kacamata besi lalu lensanya diganti-ganti itu lho. nggak berhasil juga nemuin minus di mata gue.

“Mbak, mendingan ke dokter mata aja deh, saya nggak berani. Ini kok yang kanan nggak nemu fokusnya, ya”

#jreng

Gue takut banget. Secara pekerjaan gue menulis bok,mata itu penting banget. Dan mata itu organ hidup, kan. Kalo gigi yang kenapa-napa bisa disambung atau diapain gitu. Lah kalo mata? Aduuuh, gue takuuut.

Akhirnya gue ke dokter mata di Jakarta Eye Center, Menteng. Antre cukup lama. Mana yang antre juga kayanya serem-serem penyakitnya. Gue yang malam sebelumnya browsing tentang gejala ini paranoid abis! Kalo gue nanti kudu operasi mata gimana? Kalo operasi nggak berhasil gimana? Daaan seterusnya. Asli, parno! Secara ya, mata kan organ hidup di tubuh kita x_x

Lalu tiba giliran gue. Jadi sebelum ketemu dokter, ada 2-3 kali tes yang dilakukan sama asisten dokter (?). Hasilnya sama semua, mata kanan nggak nemu fokus. Gue sibuk aja nanya-nanya sama si mbak yang periksa. Dia bilang, “nanti dokter yang ngejelasin”. Hayah, tambah parno.

Sama dokter gue diperiksa lagi, sama nggak fokus juga. Akhirnya disorot dengan seksama mata kanan gue. Katanya “Retinamu tergores nih, kadar airnya juga dikit banget. Pake contact lens ya?”.
Huhuhu..

Jadi, sebelumnya itu gue selalu make contact lens merek A. Lalu tiba-tiba merek A nggak ditemukan di pasaran, katanya mau discontinue. Gue nyoba merek-merek lain dan yang terakhir itu merek B. Menurut Bu Dokter, sepertinya kadar air di contact lens tersebut nggak cocok sama kondisi mata gue yang cenderung kering karena udah bertahun-tahun pake contact lens. Akhirnya gue dikasih salep yang HARUS DIOLES DI RETINA *bergidik bayanginnya* dan tetes mata yang katanya itu adalah “air mata buatan” untuk melembapkan mata gue lagi.

Setelah itu, gue udah nggak berani lagi make contact lens dan mulai menggila beli kacamata. Haha! selalu ada alasan untuk belanja, bukan..?!

HOHOHO...


nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

6 comments:

  1. Eym. Emang kita harus selalu melihat dari sisi positip, Lit. yang penting mah gaya nya aja gimana kan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah alhamdulillah ya ndah, emang harus positip jd orang ;)

      Delete
  2. gw pun sampe sekarang masih tidak menemukan kenyaman pake contact lens.. tetep cinta kacamata :D

    btw kejadian pas lo sd persis banget sama gw, ga dipercaya ketika ngmg penglihatan ngga enak, smp pd akhirnya gw ngotot nonton tipi deket bgt krn ga bisa baca text nya.. baru deh di periksa dan bener aja udh minus 3 :(

    pelajaran banget tuh.. untuk selalu percaya sama keluhan anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah.. Tos atuh, cerita kita sama ya mak!
      Iya, pelajaran banget untuk mendengarkan anak:)

      Delete
  3. Sama juga, dari SD aku mulai gak jelas liat tulisan di papan tulis. Pas minta kacamata dikirain gaya2an. Pas SMP berlanjut, trus bokap ngajak aku periksa ke optik gara2 liat aku pas mau naik angkot di pinggir jalan dengan memicingkan mata biar keliatan no. angkotnya. Pas diperiksa, minus 4 sama 5. Sampe tukang optiknya shocked. Hahaha... Makanya harus dengerin keluhan anak ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaaa.. ternyata banyak ya, yang pengalamannya sama. Bener, pelajaran banget buat kita supaya lebih mendengarkan :)

      Delete