Berkerudung, Keramasnya Kapan, ya?

Kemarin di Instagram Stories gue sempat cerita tentang perawatan rambut buat yang pakai kerudung. Ternyata eh, ternyata, banyak yang ikutan mengeluh karena masalah rambut pada perempuan yang berkerudung nggak kalah banyak dibanding mereka yang nggak pakai kerudung.


Lah, bukannya enak, nggak ada keluhan bad hair day?

sebagian curhatan di IG stories kemarin

Iya, sih. Cuma kan ya, secara rambut ditutup terus, pasti kondisi kepala jadi lebih lembap sehingga rentan ketombe. Pertanyaan yang kerap muncul bagi diri kami sendiri yang berkerudung adalah:
KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK KERAMAS?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita paparkan dulu situasinya. Bagi ibu-ibu yang kerja atau anaknya udah sekolah, pasti paham banget keribetan di pagi hari, ya?

Nah, opsi pertama dari pertanyaan di atas adalah keramas setiap pagi agar kepala tetap bersih [dan kepala bersih secara fisik ini sangat berpengaruh pada kewarasan, lho!] kemudian menggunakan hair dryer sebelum ditutup dengan kerudung. Ya kali dah, basah-basah ditutup kerudung? Bisa masuk angin, migrain, rambut bauuuk!

Pakai hair dryer tiap hari ternyata menimbulkan masalah yang lain lagi: rambut kering, mudah patah, kusam.

Kalo gue nih, kebetulan, beberapa tahun belakangan ini gue cukup concern sama urusan rambut. Pakai conditioner, hair oil, hair mask, dan hair vitamin masuk ke dalam rutinitas. Apalagi, rambut itu sama kaya kulit. Makin tua makin berkurang kelembapan alaminya. Kalo kering, selain patah juga rontok. Makin tua (uhuk), rontok rambut gue cukup parah. Watir botak, akutu. Biarpun pake kerudung kan rambut tetap mahkotanya perempuan, yes.

Hair vitamin yang lagi jadi andalan gue adalah Ellips Hair Vitamin with Pro Keratine Complex. Ini ngebantu banget sama kondisi rambut gue yang kebetulan memang kering, dari sononya juga, sih.



Selain berbahan aktif keratin, Pro Keratin Complex-nya Ellips ini juga dilengkapi Pro Vitamin B5 dan multi vitamin lainnya dengan klaim “Ellips seri vitamin rambut dengan Pro Keratin Complex ini bisa bikin rambut 2x lebih sehat dan 2x lebih lembut.”

Review setelah menggunakan Ellips Hair Vitamin with Pro Keratine Complex sih, ya iya banget. Karena rambut gue tipe kering, setelah pake Ellips jadi berasa lebih ‘berisi’, agak jinak, nggak terbang-terbang alias megar ala rambut singa.


Ellips ada 3 varian yaitu SMOOTH & SILKY yang warna kuning, ini sering gue pakein ke Langit karena rambutnya sering kusut. Kemudian ada varian warna hitam (SILKY BLACK) untuk tujuan rambut tampak hitam dan berkilau, dan yang varian warna pink (HAIR REPAIR) yang untuk rambut rusak dan kering agar lebih ternutrisi.

Kemasannya juga berbentuk butiran/ blister kecil-kecil, jadi kalo dibawa traveling ringkas banget. Percayalah, pernah bawa hair oil pas traveling kemudian tumpah yang ada perabotan lenong gue berminyak semua. Selain bentuknya yang praktis, gue suka banget sama wanginya.


Alasan lain memilih Ellips? Murah bok! 1 kaplet isi 6 cuma 11 ribu. Sementara yang dalam botol sekitar 80 ribuan. Mudah didapat di mana-mana. Nggak perlu jastip!

Pilihan lain kalo lo malas proses keramas pagi dan. Hair dryer adalah keramas malam sepulangnya dari kantor. Gue masih sering melakukan ini, sih. Cuma risiko masuk angin aja yang bikin malas. Lagian selesai keramas juga pasti hair dryer-an, mana enak lah tidur dengan rambut masih basah?

sahabat akrabku sehari-hari di urusan rambut

Opsi lain adalah keramas di akhir pekan doang. Ini sih gue ogah banget. Iya sih nggak ribet, iya sih nggak masuk angin. Tapi risiko rambut bau, lepek, berminyak, dan ketombean sehingga rontok makin parah malah makin terbuka lebar. Mana tahan lah nggak keramas 5 hari padahal sehari-hari kan aktivitas kita pasti berkeringat. Lo bayangin, itu kan sama aja nggak cuci muka atau mandi 5 hari. Gatalnya kaya apa cobak? Ketombeannya kaya apa, coba? Eeew, nggak banget!

Ada beberapa sisterku di instastories yang bilang masalah rambutnya cukup aman dengan creambath. Sejujurnya, sejak punya anak gue jaraaaaaang banget creambath! Dan, setelah berapa tahun nggak creambath, akhirnya minggu lalu gue creambath lagi. Rasanya, ketika mbak salon mulai memijat kepala itu, batinku berbisik...


nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

No comments:

Post a Comment